Uncategorized

Gen Y : Generasi Muda yang Menginspirasi

Saya ingin sedikit menceritakan sebuah kisah dari kuliah Kapita Selekta Teknik Industri sekitar 3 pekan yang lalu. Pada waktu itu materi dibawakan oleh Pak Vincent, dari IBM. Dalam kuliah Kapita Selekta itu beliau bertanya kepada saya dan teman-teman, “oke di sini yang setelah lulus kuliah ingin menjadi profesional atau eksekutif muda, angkat tangannya.”

Tiga perempat kelas pun kemudian mengacungkan tangannya. Memang rata-rata teman saya ingin menjadi eksekutif muda di perusahaan ternama. Termasuk saya ingin memperoleh pengalaman menjadi seorang consultant di perusahaan multinasional.

Kemudian beliau bertanya lagi, “oke sekarang dari seorang fresh graduate, tahun berapa Anda akan menjadi manajer atau mungkin menjadi seorang BOD (board of Directors)?”

Sekelas hening. Tidak ada satu pun yang mengacungkan tangannya.

Paradigma Lama: Sukses Harus Menunggu Tua

Sewaktu mendapatkan pertanyaan itu, saya tertegun. Iya juga ya, pada tahun berapa saya menjadi seorang manajer? Kemudian setelah beberapa lama ada teman saya yang mengacung, “saya menjadi manajer di usia 32 tahun Pak”. Jawaban tersebut semakin menarik karena Pak Vincent kemudian menjawab, “Di perusahaan saya, tidak jarang seorang manajer dijabat oleh eksekutif muda di bawah 30 tahun. Bahkan masih berkisar 25-27 tahun.”

Gen Y : Generasi Muda yang Menginspirasi

Saya hanya meminjam istilah Gen Y untuk mereka yang lahir di rentang 1980 – 2000 awal. Masih kata Pak Vincent, “di era saat ini Anda tidak perlu menunggu tua untuk bisa sukses. Anda adalah Gen Y, generasi muda yang menginspirasi. Tidak perlu menunggu usia menjadi tua, selama Anda siap bekerja keras, cerdas, dan ikhlas dalam kehidupan.”

Saya kemudian berpikir, benar juga. Sekarang sudah tidak zaman lagi hanya yang tua yang sukses. Bahkan masih muda pun sudah bisa melakukan pencapaian-pencapaian yang lebih besar dan hebat dari yang tua. Silakan lihat pendiri Facebook dan Google yang ternyata masih muda-muda. Di Indonesia Anda bisa melihat sahabat saya, Hamzah Izzulhaq yang memiliki perusahaan sofabed ternama di usia yang masih 19 tahun. Bisa juga Anda melihat dari kisah Dewa Eka Prayoga yang sukses dalam bisnis dan menjadi jutawan di usia 21 tahun.

Ternyata sukses tidak harus lagi menunggu tua.

Zaman terus berkembang dan berkembang. Segala modal untuk tumbuh dan meretas kesuksesan sudah bisa diperoleh dengan mudahnya. Ingin sekolah gratis? Kesempatan terbuka lebar. Butuh informasi? Ada. Butuh teknologi? Ada. Butuh buku? Ada. Butuh pembimbing atau mentor? Bisa. Ingin berpendapat? Tidak ada larangan (yang tentu saja tidak melanggar norma). Hanya masalah siap atau tidak untuk menjadi orang yang sukses

Jadi, bersyukurlah bagi Anda yang termasuk dalam Gen Y. Saatnya yang muda yang menginspirasi. Kalau kesuksesan bisa dijemput lebih cepat, kenapa kita harus menunda untuk mendapatkannya?

Maka prihatin sekali melihat adik-adik kita di SMA yang tidak memanfaatkan kesempatan ini dan menggunakan waktu untuk kegiatan kontraproduktif, seperti tawuran, drugs, dan hal negatif lainnya. Padahal kalau mau ditelusuri, Gen Y memiliki peran besar untuk sukses ditambah dengan sedikit kreativitas dan pemanfaatan fasilitas yang ada saat ini.

Anda Gen Y? Bagaimana menurut Anda? Siapkah untuk sukses di usia muda? Apa yang akan Anda lakukan setelah ini?

Jika masih bermasalah dalam produktivitas dan ingin mengadakan seminar SimplyProductive silakan email ke contact@arryrahmawan.net

Ingin berkomunikasi lebih lanjut dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

 

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!