Uncategorized

Good Twitter Habits

Catatan Kepala: Teknologi diciptakan dengan tujuan awal untuk mempermudah dan menyederhanakan pekerjaan manusia. Teknologi hanyalah alat, manusia yang menentukan apakah penggunaannya baik atau tidak.

Setelah saya menulis artikel dengan judul Tweetmu, Citramu, Karaktermu di blog ini, langsung banyak banget yang kemudian sms, BBM, atau nge-PM saya yang merasa terbuka dan ‘tertampar’ sedikit oleh artikel saya itu. Banyak yang kemudian bertanya, lantas bagaimana agar kita bisa memanfaatkan Twitter dan menumbuhkan kebiasaan-kebiasaan yang baik dalam menggunakan Twitter?

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dicoba untuk menumbuhkan Good Twitter Habits, di antaranya adalah:

1. Follow Orang-Orang Sukses dan Berpengaruh
Lihat siapa saja orang-orang yang kita follow? Apakah orang yang kita follow memberikan manfaat atau justru hanya membuat mata kita merasa pedas saat membaca timeline? Beberapa yang saya rekomendasikan antara lain adalah @AniesBaswedan, @jamilazzaini, dan @Rene_CC. Tweet mereka inspiratif, edukatif, dan mencerahkan. ^-^

2. Manfaatkan Bio Profile dengan Baik
Twitter memberikan kesempatan untuk kita mempublikasikan biografi singkat sebanyak 160 karakter. Manfaatkan itu. Banyak orang yang kemudian menjadi follower kita karena kita menuliskan sesuatu yang berdampak dan berpengaruh di Bio singkat kita itu. Padahal, darisitulah biasanya seseorang ingin mengetahui siapa diri kita.

3. Biasakan Memberikan Kicauan yang Bermanfaat
Intinya satu: berikan manfaat sebanyak mungkin dari Tweet yang kita sebar. Kita bisa menilai kok, sebelum submit Tweet apakah memang tweet kita memberi manfaat atau justru akan memberikan dampak buruk dan kontroversial untuk diri kita sendiri? Jika memang kita tidak bisa memberikan manfaat, setidaknya kita bisa berpikir setidaknya tidak membuang “sampah” sembarangan.

4. Hindari Twitter Conflict
Ini seringkali kejadian banyak orang yang kemudian menjadi sorotan hanya karena berantem di Twitter! Please deh, Twitter itu cuma muat 140 karakter. Pastinya meluapkan kemarahan dan berkonflik di Twitter hanya akan menjadi konsumsi publik dan bisa ditafsirkan bermacam-macam. Jadi kalau ada gelagat konflik di Twitter, stop nge-tweet, hubungi orangnya, selesaikan secara offline.

5. Manfaatkan Direct Messages
Orang seringkali lupa  bahwa mereka memiliki fitur Direct Message di Twitter mereka untuk membicarakan hal-hal pribadi dan bukan untuk dikonsumsi publik. Sebagai contoh, ‘pacaran’ di timeline adalah salah satu hal yang paling sering terjadi. Please, yang begitu-gitu ga usah diumbar. Oke?

Itu dulu 5 tips untuk menumbuhkan Good Twitter Habits. Mungkin sahabat pembaca ada yang memiliki tips lain? Yuk, tidak perlu segan untuk berbagi. Ditunggu ya komentarnya. 🙂

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan Destyanto

Arry Rahmawan adalah seorang yang memiliki cita - cita sebagai guru bagi pemimpin masa depan Indonesia. Saat ini berkarya sebagai dosen di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia yang sedang melaksanakan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda.

Selain beraktivitas sebagai pengajar tetap di UI dan peneliti di TU Delft, Arry juga mengisi hari-harinya dengan menjadi narasumber di berbagai instansi pemerintah, BUMN, swasta, lembaga pendidikan, serta lembaga non-profit terkait seputar pengembangan diri dan tulisan - tulisan yang ada di blog ini.

Untuk menghubunginya, silakan kontak melalui direct message LinkedIn atau Instagram

Tinggalkan Komentar