Uncategorized

Hal Baru yang Ingin Saya Terapkan dalam Resolusi 2015

Written by Arry Rahmawan

Segala puji bagi Allah SWT yang masih memberikan saya kesempatan untuk berjumpa dengan tahun baru, tahun 2015! Yeaaaaaay! Sebagai bentuk syukur, tentu saya tidak mau menyia-nyiakan kesempatan yang telah diberikan dan saya berkomitmen untuk membuat tahun saya di 2015 ini menjadi lebih enjoy, happy, dan fulfill! 

Salah satu hal yang bikin saya enjoy adalah mencoba hal – hal baru dan melakukan banyak hal sesuai dengan passion yang saya miliki. Maka, di tahun 2015 ini saya mencoba untuk melakukan beberapa hal yang baru dalam penyusunannya sehingga hidup saya (mudah – mudahan) akan jadi lebih menarik. Hehehe..

Salah satu hal baru yang ingin saya coba adalah saya akan membuat resolusi 2015 saya menjadi 3 bagian:

  • Habits (kebiasaan), yaitu hal – hal rutin yang ingin saya terapkan dalam kehidupan saya.
  • Dreams (impian), yaitu hal – hal yang ingin saya capai berdasarkan impian yang ingin saya penuhi
  • Passion (kategori baru nih), yaitu hal – hal yang ingin saya capai karena saya suka dan cinta dalam melakukannya.

Berikut ini adalah resolusi – resolusi 2015 yang ingin saya capai berdasarkan kategori – kategori tadi,

RESOLUSI HABITS

Dengan mengucap bismillah, berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang ingin saya tanamkan di tahun ini. Beberapa diantaranya adalah kebiasaan yang saya tulis di resolusi tahun 2014,

  • Membaca minimal 1 buku setiap pekan, adalah kebiasaan baru yang ingin saya tanamkan. Setiap 1 pekan sekali minimal saya membeli satu buah buku untuk kemudian saya lahap habis. Bagaimana saya menentukan komposisi buku untuk dibaca? Berikut ini adalah caranya.
  • Membiasakan Shalat tepat Waktu, adalah kebiasaan baru yang ingin saya tanamkan. Ayah saya pernah berpesan sebelum saya nanti menjadi seorang suami dan seorang ayah, “Salah satu cara untuk melihat seseorang sudah siap memimpin keluarga adalah ketika dia sudah mampu memimpin dirinya sendiri. Salah satu cara melihatnya adalah dengan mengetahui apakah dia shalat tepat waktu atau tidak.”
  • Keteraturan Jam Tidur, adalah kebiasaan lama yang ingin saya tanamkan namun belum tercapai hingga saat ini. Saya menargetkan tidur sehat (5 – 6 jam), mulai dari pukul 22.00 – 04.00. Dengan pola tidur seperti itu saya bisa melakukan shalat tahajud dan shalat subuh berjamaah di masjid.
  • One Day Setengah Juz, adalah kebiasaan bulat yang ingin saya tanamkan di tahun ini. Saya mematok setengah karena melihat itu menjadi target yang lebih realistis. Dalam membaca Quran, saya adalah penganut, “kualitas lebih penting dari kuantitas.” Saya ingin walaupun membaca setengah juz tapi saya juga bisa memahami arti dari apa yang saya baca dan menanamkannya dalam kehidupan setiap hari.

RESOLUSI DREAMS

Berikut adalah beberapa impian yang ingin saya capai di tahun 2015,

  • Menikah dengan Bidadari. 3 tahun lalu saya bertemu dengan @nurimannisa, dan saat itu saya tidak terpikir bahwa kelak dia akan menjadi istri saya. Setahun terakhir, perannya sangat besar dalam membantu, membangun, dan mendukung visi – misi saya. Hingga cinta itu tumbuh, dan insyaAllah saya akan menikahinya pada tanggal 28 Maret 2015. Mohon doa agar dilancarkan. Persiapan sudah 90% 🙂
  • Membuat Portal Pelita Cinta, adalah impian setelah kami berdua menikah untuk membuat sebuah portal online dengan mengisi berbagai macam tips dan inspirasi bagaimana menjalani hubungan pernikahan bahkan hingga nanti tips dan trik parenting.
  • Mendapatkan Beasiswa, karena insyaAllah pada tahun 2016 saya akan berangkat untuk kuliah kembali di luar negeri. Saya berencana untuk mengambil studi tentang Intellectual Capital Management di Calmers School of Entrepreneurship, Swedia.
  • Membeli rumah di Depok. Salah satu impian saya tahun ini adalah dapat membeli rumah yang dekat dengan tempat kerja saya, yaitu di daerah Depok. Walaupun sudah ada rumah di Bogor, namun semoga tahun ini bisa bertambah 1 rumah lagi.

RESOLUSI PASSION

Saya suka melakukan banyak hal, namun sedikit yang bisa saya bilang adalah passion saya. Menurut saya pribadi, passion adalah sebuah hal yang tidak hanya kita suka atau cintai, tapi juga memberikan makna dalam kehidupan serta membuat kita merasa berdaya. Passion saya sendiri saat ini adalah people development, yang saya tuangkan dalam bentuk bisnis, buku, pelatihan, atau seminar – seminar.

  • Menerbitkan 2 buku best seller di bidang pengembangan diri, seperti menemukan passion dan mungkin passionpreneurship. Kemungkinan besar buku yang diterbitkan adalah hasil kolaborasi saya dengan mentee mentoring penulisan saya, @biyFebby. Kapan terbitnya? Doakan saja pertengahan bulan dan akhir bulan sudah bisa terbit.
  • Young Trainer Academy berada di 7 Kota. Ini adalah sebuah target prestisius tapi juga sangat realistis. Dalam waktu kurang dari 1 tahun, saat ini YTA sudah dilaksanakan di 3 kota (Jakarta, Jogjakarta, dan Bogor). Tahun ini rencananya akan dibuka di kota lain seperti Semarang, Bekasi, dan 2 kota lagi? Kita tunggu saja.
  • Meluncurkan CerdasMulia Bright Star Academy. CerdasMulia Bright Star Academy adalah sebuah akademi khusus untuk menginternalisasikan nilai CerdasMulia. Orang yang CerdasMulia memiliki 3 “I” yang tinggi – Iman, Ilmu, dan Impact. Harapannya di masa yang akan datang akademi ini bisa sukses seperti Young Trainer Academy.

Yuk, kita sama – sama mendoakan semoga apa yang kita capai dan impikan bersama bisa terwujud. Bagi kamu yang punya resolusi 2015 dan ingin berbagi, silakan isikan di kotak komentar di bawah. InsyaAllah akan saya doakan juga semoga apa yang diinginkan bisa tercapai. Amiin…

Salam CerdasMulia! 🙂

 

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen tetap di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia. Selain beraktivitas sebagai pengajar dan peneliti, Arry juga senang membagikan tips dan informasi seputar akademik, kewirausahaan, dan pengembangan diri melalui blog nya di arryrahmawan.net.

Arry berpengalaman sebagai narasumber di berbagai macam instansi pemerintah, kementerian, BUMN, dan institusi pendidikan. Apabila berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)gmail.com.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!