Tips Akademik

Cara Sederhana Mewujudkan Hidup yang Bertumbuh

Written by Arry Rahmawan

2 tahun yang lalu, saya pernah menuliskan artikel dengan judul “Hadiah Terindah Dalam Hidup”. Sebuah tulisan yang menceritakan di mana saya mendapatkan sebuah hadiah yang begitu indah, dan saya syukuri hingga sekarang. Dalam tulisan tersebut saya bercerita bahwa sewaktu masih mahasiswa dulu, saya pernah mengalami apa yang dinamakan tension pneumothorax. Intinya, waktu itu saya sempat sulit bernapas, dan jika bernapas rasanya sakit sekali. Pernah dalam sekali waktu, saya sampai menahan napas saya selama nyaris dua menit karena nyeri jika menghirup udara.

Dalam masa – masa pemulihan di rumah sakit, saya merenung. Ternyata, beda hidup dan mati manusia itu sangat tipis, yaitu napas yang masih berhembus atau tidak. Masih teringat di pikiran saya, ketika periksa ke dokter setelah rontgen, dokter bilang ke saya bahwa jika terlambat sedikit saja, maka hidup saya bisa berakhir dengan ‘gawat’.

Bagaimana jika saat itu, Allah memutuskan untuk memanggil saya pulang?

Sudahkah saya menyiapkan bekal yang cukup untuk menghadap kepadaNya? Sungguh, saya tidak bisa membayangkan saat Allah memanggil saya pulang, ternyata saya tidak menyiapkan bekal apapun dalam hidup saya.

Itulah mengapa saya menyebut hadiah tersebut adalah hadiah terindah, karena momen itu adalah salah satu hal yang membuat hidup saya berubah. Saya menjadi seorang yang jauh lebih bersyukur dan juga memastikan bahwa hidup saya bertumbuh serta bermanfaat untuk mengumpulkan bekal pulang nanti.

Sejak saat itu, saya menetapkan ada 3 hal utama yang harus tumbuh dalam hidup saya setiap harinya,

  1. Bertumbuh dalam ibadah dan rasa syukur kepada Allah SWT
  2. Bertumbuh dalam ilmu & pengalaman
  3. Bertumbuh dalam karya

Bertumbuh dalam ibadah dan syukur, berarti memastikan bahwa setiap harinya kita memiliki semangat dan antusiasme hidup yang semakin membaik. Kita menjadi orang yang benar – benar hidup, karena berupaya menjadikan kehidupan ini sarana ibadah kepada Allah. Semakin hari, hubungan kita dengan Allah SWT semakin kuat, dengan cara bukan hanya memenuhi ibadah wajib, tetapi juga memperkaya dengan ibadah – ibadah sunnah.

Bagi yang sudah shalat 5 waktu, itu sangat bagus. Buat yang laki – laki, pastikan tumbuh menjadi shalat berjamaah di masjid. Setelah itu tumbuh lagi dengan menambah shalat dhuha, lalu tumbuh lagi dengan shalat tahajud. Semakin bertumbuh ibadah, semakin tumbuh rasa syukur dan rasa tentram dalam menjalani kehidupan kita.

Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan berzikir (mengingat) Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram” (Qs. ar-Ra’du: 28).

Bertumbuh dalam ilmu dan pengalaman, berarti memastikan bahwa ada ilmu baru yang kita pelajari saat itu. Namun tidak hanya berhenti sampai hanya belajar, namun juga mengamalkan atau mempraktikkan sebisa mungkin apa yang telah kita pelajari. Kita bisa belajar dari buku, seminar, training, kursus, online course, kuliah, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk selalu menambah pengalaman dengan mengamalkan ilmu yang kita pelajari itu.

Saya bersama istri menciptakan budaya belajar dan membaca yang sangat besar di rumah. Berikut ini adalah ‘penampakan’ sebagian kecil buku kami yang tidak kebagian tempat / rak buku.

IMG_20160218_070423

Bertumbuh dalam karya, berarti memastikan bahwa kita menciptakan sesuatu yang bisa menghasilkan kebermanfaatan untuk orang lain. Untuk bertumbuh dalam karya, hal pertama yang bisa kita lakukan adalah menemukan di mana passion serta bidang yang ingin kita tekuni. Saya sebagai seorang yang sangat senang untuk ‘mengembangkan manusia’ memutuskan untuk tekun sebagai dosen dan trainer. Maka saya harus memastikan karya – karya saya bertumbuh, seperti misalnya menulis buku baru, menulis artikel di blog, menulis buku ajar, mengembangkan modul kuliah serta training, membuat online courseserta masih banyak lagi yang lainnya.

Tips untuk Membuat Hidup Kita Bertumbuh

Adakah tips untuk membuat hidup kita terus bertumbuh dari hari ke hari? Kalau saya biasa melakukan dua hal yang sederhana.

Pertama, di pagi hari merencanakan apa yang mau dilakukan. Kedua, di malam hari mengevaluasi hari tersebut terkait apa yang sudah saya capai dan apa yang bisa diperbaiki. Hanya dua itu saja, namun hasilnya sangat luar biasa.

Untuk merencanakan, saya biasa menggunakan kertas seperti berikut ini,

Productivity List Arry Rahmawan

 

Di kertas tersebut, saya menuliskan apa yang ingin saya lakukan terkait proyek yang sedang saya lakukan agar berprogress. Saya juga menuliskan daftar orang yang harus saya hubungi serta daftar prioritas yang harus segera saya selesaikan di hari tersebut.

Untuk evaluasi harian, saya menyiapkan sebuah buku khusus untuk evaluasi diri. Saya membeli notes yang cukup untuk mengevaluasi hari selama 1 tahun. Berikut ini adalah evaluasi yang saya lakukan,

Evaluasi Harian Arry Rahmawan

Poin – poin evaluasi yang ada mencakup : apa yang sudah saya raih di hari itu dan perbaikan apa yang perlu saya lakukan agar hari esok menjadi lebih baik lagi.

Kedua hal sederhana itu, mampu membantu saya untuk hidup bertumbuh dari hari ke hari.

Bagaimana dengan Anda? Sudahkah hidup Anda selalu bertumbuh? Atau jangan – jangan, selama bertahun – tahun hidup hanya stuck di tempat?

Saya tunggu tips dan trik dari Anda untuk mewujudkan hidup bertumbuh melalui kotak komentar di bawah 🙂

Hiduplah dengan penuh syukur, bertumbuh, dan berdampak.

Salam,
Arry Rahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen Kewirausahaan dan Manajemen Teknologi (Technology Entrepreneurship & Management) di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Selain menjadi dosen, Arry juga merupakan trainer Business Model Canvas dan Business Model Innovation di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis, Universitas Indonesia. Arry juga aktif membagikan ilmu dan inspirasi di berbagai kampus, perusahaan, dan juga beberapa kementerian di Indonesia tentang inovasi dan kewirausahaan teknologi.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)eng.ui.ac.id

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!