Uncategorized

Hidup di Tepian Kehidupan

Sebenarnya saya sudah lama ingin cerita tentang hal ini, tetapi baru ingat saat saya sedang ada dalam perjalanan ke Jogja beberapa waktu lalu lewat jalur pantura. Saat itu saya melewati daerah Tegal dan berhenti di sebuah SPBU yang masuk dalam rekor MURI. Sahabat yang sering melintasi jalur Pantura pasti sudah familiar dengan SPBU ini.

SPBU ini fenomenal karena tercatat sebagai penyedia fasilitas toilet terbanyak dan terbersih. Tersedia 15 kamar mandi / toilet wanita, 12 kamar mandi / toilet pria, dan 40 urinoir pria. Banyak bukan? Dan memang ternyata di dalamnya bersih. Penasaran siapa yang punya, saya pun mengetahui bahwa SPBU ini didirikan oleh Ny. Shinta Irawati di usianya yang ke-80. Pada Tahun 2004 Museum Rekor Indonesia mencatat Nenek Sintha sebagai pengusaha tertua di Indonesia yg berhasil merintis bisnis SPBU.

Saya kemudian tercenung. Luar biasa sekali nenek Shinta ini. Bayangkan, di usianya yang ke-80 beliau masih bisa berpikir untuk merintis bisnis dan mencatatkan sejarah yang belum pernah ada sebelumnya. Ini adalah sebuah konsep yang menyertakan 3 prinsip sekaligus: first, best, different di mana itu adalah 3 prinsip bisnis yang jika diterapkan maka akan membuat usaha kita laris manis.

Kalau dipikir-pikir, usia nenek Shinta adalah usia yang sudah berada dalam ‘tepian kehidupan’, atau usia senja. Di sisi lain, berapa banyak orang di usia muda (jangankan 60 ke atas, 20an pun banyak) yang seringkali mengeluh tidak bisa ini dan itu karena sering sakit, tidak fit, tidak punya tenaga dan kemamuan, serta keterampilan lainnya. Tidak hanya sampai di situ, bahkan ada yang saat didera masalah berpikir bahwa mereka akan “dihabisi” oleh masalah-masalah yang menghadangnya. Apakah memang seperti itu? Waktu memang pasti akan menggiring kita menjadi tua dan lemah, tetapi menjalankan waktu yang ada tergantung dari keputusan yang kita ambil.

Apakah memang kita sudah merasa tidak benar-benar mampu menyelesaikan masalah yang sedang kita hadapi? Apakah memang kita benar-benar merasa sudah “habis”? Di sisi lain ternyata banyak orang-orang tua yang sudah renta tetapi masih memiliki semangat anak muda dalam memecahkan masalah. Duuh, malu banget deh rasanya kalau masih mengeluh tidak bisa ini dan tidak bisa itu. Kalah deh sama nenek Shinta. Hehe..

Masih perlu contoh lain? Banyak. Banyak siswa yang merasa otaknya sudah tumpul dalam menerima pelajaran, banyak mahasiswa yang merasa kuliahnya selama ini sia-sia karena tidak sesuai minatnya, banyak karyawan yang merasa bosan dengan pekerjaannya, banyak pengusaha yang merasa hancur karena bisnisnya bangkrut. Secara usia memang muda, tetapi secara spirit sudah tua renta.

Belajar dari nenek Shinta, yang walaupun sudah hidup di Tepian Kehidupan, beliau masih memiliki semangat membara untuk terus berkarya seperti anak muda. Jangan sampai kita-kita yang muda ini, yang perjalanannya masih panjang, selalu merasa ada di tepian kehidupan. Umur boleh jadi akan selalu menggiring kita ke tepian, tetapi aksi nyata kitalah yang menentukan berapa besar manfaat yang sudah kita tinggalkan untuk hidup kita.

Be Strong, bro! Hehe..

Bagaimana pendapat Anda?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen pengantar kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia. Selain itu, Arry juga merupakan staf ahli di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia sejak 2015 - 2019. Per akhir tahun 2019, Arry melanjutkan studi doktoral di Delft University of Technology (TU Delft), Belanda. Disela-sela kesibukannya sebagai peneliti, Arry juga memanfaatkan waktunya untuk menimba ilmu kewirausahaan dari Delft Centre for Entrepeneurship, inkubator kewirausahaan TU Delft.

Arry berpengalaman sebagai narasumber di berbagai macam instansi pemerintah, kementerian, BUMN, dan institusi pendidikan. Apabila berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)gmail.com.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!