Uncategorized

How To Leap Your Leadership Capacity

Pengalaman saya saat menjadi pemimpin secara langsung, pengamat, maupun dari hasil studi beragam buku-buku kepemimpinan, dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan merupakan pengaruh. Semakin kuat tingkat pengaruhnya, akan semakin banyak pula pengikutnya dan di saat itu pula dapat dikatakan kapasitas kepemimpinannya semakin tinggi. Maka dari itu, setiap orang sebenarnya merupakan pemimpin. Karena, setiap orang bisa mempengaruhi (minimal) dirinya sendiri, sehingga bisa disebut juga itulah tingkat kepemimpinan yang paling rendah.

Membicarakan pengaruh, ada 3 kunci utama bagaimana kita mengakselerasi tingkat atau level kepemimpinan kita yang berlaku secara universal. Di manapun dan kapanpun. 3 kunci ini disebut juga dengan kunci 3A, sebuah kunci untuk menjawab pertanyaan how to leap your leadership.

APPEARANCE

Banyak orang mengatakan bahwa penampilan bukan segalanya. Tetapi percaya atau tidak, segalanya dinilai dari sebuah penampilan. Bahkan orang bisa jadi akan seenaknya nge judge hanya dari penilaian pada pandangan pertama! Penampilan bagi seorang pemimpin memiliki kontribusi untuk meningkatkan kapasitas kepemimpinannya, walaupun bukan yang paling besar. Penampilan akan mempengaruhi karisma seseorang di mata orang yang dipimpinnya. Mulai dari cara berpakaian, cara berbicara, pemilihan kalimat yang matang, inisiatif yang kuat, dan sebagainya merupakan contoh bagaimana menjaga penampilan sebagai seorang pemimpin. Sebuah karisma, dapat dengan mudah mempengaruhi pengikut untuk melakukan apa yang pemimpin arahkan.

ACHIEVEMENT

Seorang pemimpin yang ingin meningkatkan kapasitas kepemimpinannya, setidaknya ‘membuktikan’ bahwa capaian yang dimiliki di atas rata-rata dari orang yang dipimpinnya. Jika tolak ukur dari kepemimpinan adalah pengaruh, maka semakin banyak capaian-capaian atau prestasi yang diraih, membuat seseorang semakin dihormati dan didengar. Maka jika kita ingin memimpin orang-orang yang hebat, pastikan bahwa diri kita lebih hebat daripada orang yang kita pimpin.

ATTITUDE

Dari pendongkrak daya kepemimpinan, menurut saya inilah yang paling penting. Attitude adalah penentu dan pengakselerasi kapasitas kepemimpinan yang dahsyat. Kita bisa mencontoh ini dari orang yang paling berpengaruh nomor satu di dunia, nabi Muhammad saw. Diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad adalah seorang pemimpin yang penuh dengan nilai-nilai luhur dalam kepemimpinan, seperti kejujuran tiada tara, kasih sayang, cinta yang tulus kepada semua sahabatnya, yang menjadikan beliau adalah pemimpin yang paling berpengaruh dan paling dicintai hingga saat ini. Sebuah pola kepemimpinan yang didasarkan pada penerapa nilai-nilai luhur yang bersifat universal dan abadi membuat attitude mendapatkan porsi yang cukup besar dalam mendongkrak kepemimpinan. Kita juga dapat melihat berbagai macam contoh kepemimpinan yang tidak didasari pada attitude yang kuat menjadi rapuh dan tidak bertahan lama.

Kapasitas Kepemimpinan = (Appearance + Achievement) x Attitude

Semoga bermanfaat. Ingin berkomunikasi dengan saya? Silakan follow @ArryRahmawan. Untuk keperluan training dan seminar, silakan buka halaman Trainings and Seminars.

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!