Uncategorized

I’m Not Doing Business for Money

Written by Arry Rahmawan

Pada tanggal 13 – 14 Desember lalu, alhamdulillah telah sukses dilaksanakan pelatihan Young Trainer Academy angkatan 4 di Bogor. Pelatihan ini dihadiri oleh sekitar 50 orang pemuda yang memiliki impian untuk membuat Indonesia menjadi lebih baik. Ada yang merupakan guru sekolah, ada yang merupakan penulis muda, bahkan hingga professional trainer.

Pelatihan yang diselenggarakan selama 2 hari ini selalu menyisakan kisah – kisah yang menarik, bahkan banyak hal yang bisa dipelajari dari para pesertanya. Salah satunya adalah Mbak Clara Clarisa dari Karawang.

Saya yang pada waktu itu sedang istirahat setelah hari pertama training selesai, dihampiri oleh Mbak Clara ini. Dengan wajah tatapan yang penuh semangat, dia bercerita banyak hal yang unik, salah satunya adalah ketakutan akan ditipu ketika mengikuti YTA 4 di Bogor ini.

Mengapa? Karena pelatihan ini terlalu murah, katanya!

YTA 4 dibanderol hanya Rp500,000 per orang, dengan fasilitas pelatihan 2 hari, 4x makan dan snack, serta penginapan penuh selama 2 hari. Plus berbagai macam bonus dan keuntungan – keuntungan lainnya yang bahkan secara nilai jauh di atas Rp500,000. Dari sini, muncullah keraguan Mbak Clara apakah memang ini adalah pelatihan asli atau training abal – abal.

Kami ngobrol dengan hangat, cair, bahkan saling tertawa. Namun, saya jadi teringat dengan beberapa peserta angkatan sebelumnya yang juga mengatakan hal yang sama : pelatihan ini terlalu murah harganya! Wah? Apa iya, ya? Hehe… Mungkin itu juga yang membuat YTA mendapatkan nilai rata – rata 95 dari skala 100 berdasarkan tingkat kepuasan peserta. Alhamdulillah.

Menurut saya, baik Young Trainer Academy maupun pelatihan – pelatihan lain dari CerdasMulia sudah diperhitungkan dengan sedemikian rupa. Namun, jika dilihat dari harga yang cenderung murah, memang saya sendiri adalah seorang pebisnis yang tidak memprioritaskan uang sebagai target utama sebuah perusahaan, apalagi perusahaan pelatihan.

Why did I give you really reasonable price for premium trainings?

Because I’m Not Doing Business for Money. Ya, saya melakukan bisnis dan menjadi entrepreneur karena ingin menghasilkan dampak yang nyata di masyarakat.

Young Trainer Academy dibuat sedemikian rupa untuk menghasilkan trainer – trainer muda Indonesia yang berkualitas dan berkarakter. Maka, saya dengan tim berupaya untuk fokus sebisa mungkin membuat pelatihan berdampak yang bisa diikuti oleh semua pemuda di Indonesia. Menariknya, walaupun saya tidak menargetkan uang dan omzet, namun jujur setiap melakukan pelatihan dan closing kontrak pelatihan selalu menghasilkan keuntungan yang sangat luar biasa sehingga CerdasMulia bisa terus – menerus berkembang.

Maka, saya pribadi agak kurang sreg jika kita sebagai entrepreneur selalu ditanya, “berapa omzet yang sudah kamu hasilkan per bulan?” Why always revenue? Apakah mereka yang sudah beromzet besar pasti memberikan dampak? Belum tentu.

Mengapa kita tidak tanyakan seperti ini, “What Impact that you have contributed with your business? Dampak apa yang sudah kita hasilkan dengan bisnis yang kita miliki?

Entrepreneur adalah orang yang senantiasa berpikir dengan jalan yang berbeda. Saat orang mengukur keberhasilan entrepreneur dengan uang, omzet, atau pendapatan per bulan, yuk kita mulai bergeser dengan mengukur keberhasilan entrepreneur dengan dampak yang mereka hasilkan dalam masyarakat.

Bagaimana menurut Anda?

Bagaimana menurut Anda? Ingin berkomunikasi dengan saya?

Arry Rahmawan, ST, MT
Entrepreneur | Trainer | Writer
Twitter: @ArryRahmawan | Email: contact@arryrahmawan.net | IG: arryrahmawan | PIN: 25A97FAF
Mengundang sebagai pembicara: Hubungi Hotline CerdasMulia Training Center (0856-4087-9848)

—————-

Jika menurut Anda tulisan ini bermanfaat, maka SAYA JAMIN Anda akan mendapatkan manfaat lebih lewat Twitter dan BBM saya . Silakan Follow @ArryRahmawan atau Invite PIN BB saya di 25A97FAF.

—————-

Ribuan orang telah saya latih untuk mendapatkan hidup yang lebih baik. Kontak  CerdasMulia Training and Coaching (0856-4087-9848) sekarang juga untuk mengundang saya memberikan pelatihan di tempat Anda.

** Anda bisa mendapatkan buku Best Seller saya, STUDENTPRENEUR GUIDEBOOK dengan harga Jauh lebih Murah dan Jauh lebih Mudah. Caranya beli langsung di Google Play, atau di Toko Buku Online. Anda juga bisa mendapatkannya langsung di Toko Buku Besar terdekat di kota Anda.

—————-

Tidak ingin ketinggalan tulisan menarik d blog ini? Masukkan alamat Email Anda sekarang, GRATIS!
[yks-mailchimp-list id=”39312964e3″ submit_text=”Berlangganan”]

 

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!