Uncategorized

Kata Apa yang Mewakili Diri Anda?

Saya teringat, dulu pernah ditanya oleh seseorang, “Ry, kalau seandainya nama lo didengar orang, kata apa yang kemudian terlintas di benak orang itu ya?” Jujur pertanyaan itu adalah salah satu pertanyaan yang paling membekas dalam diri saya, bahkan sampai saat ini. Ya, pertanyaan itu sebenarnya sangat sederhana. Pertanyaan itu pada intinya bertanya kepada diri saya, kata apa yang paling tepat mewakili diri saya?

Sebagai gambaran, kalau orang teringat Taufik Hidayat, mereka akan teringat pemain bulutangkis kaliber dunia. Kalau ingat dengan Habibie, maka akan langsung teringat dengan pesawat terbang. Kalau ingat seorang Jamil Azzaini, maka akan teringat seorang Inspirator SuksesMulia. Pertanyaannya, jika orang mengingat nama Anda, Kata Apa yang mewakili diri Anda?

Kita Semua Adalah Unik

Kita semua masing-masing diciptakan unik dan istimewa. Di setiap diri kita sudah diciptakan kelebihan dan keunggulannya masing-masing. Hanya saja, sayangnya sedikit orang yang berusaha untuk mengembangkan potensinya tersebut, padahal kita semua tahu bahwa diri kita adalah unik.

Salah satu hal yang paling mendasar dan membedakan kita dengan yang lain adalah branding terhadap diri kita. Branding itu adalah pembeda kita dengan yang lainnya. Jika saat kita ditanyakan kata apa yang tepat mewakili diri kita namun justru kita tidak tahu, itu berarti kita tidak tahu apa keunikan diri kita bukan?

Atau pernahkah Anda mencoba mencari nama Anda di Google? Apa yang keluar? Seandainya seseorang mencari nama Anda di mesin pencari, apa yang akan mereka temukan? Hal apa yang Anda harapkan untuk ditemukan oleh mereka?

Saat Itu Saya Memutuskan Menjadi Seorang Inspirator

Ketika beberapa tahun lalu itu saya ditanya, “apa yang ingin orang lain ingat tentang lo?” Saya dalam hati memutuskan bahwa saya ingin diingat sebagai seorang inspirator. Ya, seorang inspirator untuk kebaikan tentunya. Seorang inspirator adalah mereka yang tidak hanya baik secara pribadi, namun juga mampu menularkan semangat dan kebaikannya kepada orang lain.

Kata itu masih saya pegang sampai sekarang. Entah menjadi seorang inspirator menulis kreatif, inspirator blogger motivasi, hingga inspirator CerdasMulia. Begitulah teman-teman saya sering menyebutnya.

Beberapa kata lain tentang saya, dapat Anda temukan di what they said.

Temukan Keunikan dan Kata Anda. Bangun Sekarang Juga

Temukan keunikan dan ‘kata’ yang mewakili Anda sekarang juga. Renungkanlah dan bertanyalah kepada diri sendiri, kita ingin dikenal sebagai apa? Kata apa yang bisa kita jadikan perwakilan diri kita yang berbeda dari yang lain? Apa keunikan kita? Apa keistimewaan kita?

Untuk membangun keunikan dan kata Anda, maka ada 3 hal yang harus Anda perhatikan. Ketiga hal tersebut adalah attitude, expertise, and contribution. Jika Anda ingin mulai membangun kata, ingin mulai membangun brand tentang diri Anda, maka bangunlah di atas 3 fondasi itu. Perkuat attitude dan karakter, bentuklah apa keahlian (expertise) Anda, dan juga berikan kontribusi sebesar-besarnya atas segala apa yang sudah Anda raih. Saya yakin, Anda akan menemukan kata yang mewakili Anda.

Jadi, apa kata yang tepat untuk mewakili diri Anda?

Ingin berkomunikasi lebih lanjut? Follow @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!