Uncategorized

Kecil Namun Konsisten

Saya selalu kangen dengan ajakan ayah saya di setiap waktu maghrib dan isya tiba, yaitu ajakan untuk ke masjid. Selalu, kalau bisa dibilang tidak ada halangan yang mendesak, ayah akan selalu mengajak anak laki-lakinya, dan tentu saja mencontohkan selama bertahun-tahun, untuk melaksanakan shalat jamaah di masjid yang memiliki ganjaran pahala 27 derajat.

Bagi saya, ayah merupakan seorang yang saya kagumi dan teladan dalam hidup saya. Mungkin, ilmu ayah tentang agama Islam tidak seberapa dibandingkan dengan ustadz dan pemuka agama lainnya. Namun, semangat untuk melaksanakan apa yang ayah ketahui, tidak ada yang bisa memadamkan. Biarpun terhitung kecil namun konsisten.

Kadang kita terus-menerus mengejar gelar agar mendapatkan predikat sebagai orang yang pintar, cerdas, dan berilmu. Namun dari ayahlah saya belajar bahwa sesungguhnya orang yang berilmu adalah mereka yang mampu mengamalkan ilmunya yang walaupun dilakukan sedikit demi sedikit namun konsisten. Inilah yang kemudian menjadikan amalan utama bagi orang-orang yang berilmu.

Berapa orang yang tahu bahwa shalat subuh di masjid adalah wajib? Berapa orang yang tahu bahwa shalat tahajud itu memiliki pahala yang sangat luar biasa besar bahkan bisa mengabulkan doa-doa orang yang melaksanakannya. Begitu pula dengan banyak ilmu yang lainnya. Pertanyaannya, berapa dari mereka yang melaksanakan pengetahuan mereka tersebut.

Memang ternyata ada perbedaan besar antara ‘tahu’ dengan ‘paham’. Banyak orang yang tahu bahwa shalat di masjid berjamaah itu memiliki ganjaran 27 derajat lebih besar. Namun, hanya sedikit dari mereka yang memahami dan bersedia melaksanakannya.

Dari sinilah kemudian saya paham mengapa amalan yang konsisten itu mampu mengalahkan amalan besar yang dilakukan sekali-sekali. Justru dengan amalan-amalan yang kecil itulah, jika dilakukan dengan konsisten dapat menggantikan amalan-amalan besar yang bisa jadi rumit dan sulit untuk melakukannya.

Jadi, amalan apa yang Anda bisa lakukan? Walaupun itu kecil, namun jika dilakukan dengan konsisten insyaAllah akan menjadi amalan unggulan Anda saat pulang ke akhirat kelak.

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan Destyanto

Arry Rahmawan adalah seorang yang memiliki cita - cita sebagai guru bagi pemimpin masa depan Indonesia. Saat ini berkarya sebagai dosen di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia yang sedang melaksanakan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda.

Selain beraktivitas sebagai pengajar tetap di UI dan peneliti di TU Delft, Arry juga mengisi hari-harinya dengan menjadi narasumber di berbagai instansi pemerintah, BUMN, swasta, lembaga pendidikan, serta lembaga non-profit terkait seputar pengembangan diri dan tulisan - tulisan yang ada di blog ini.

Untuk menghubunginya, silakan kontak melalui direct message LinkedIn atau Instagram

Tinggalkan Komentar