Uncategorized

Kekuatan dan Keindahan Sebuah Senyum

Apa kabar sahabat? Semoga selalu dalam bimbingan Allah untuk selalu menjadi pribadi CerdasMulia. Sahabat, apa yang kita rasakan saat suatu saat kita bertemu dan berpapasan dengan seseorang (apalagi yang sudah kita kenal), memasang wajah datar? Apa yang kita rasakan? Mungkin bagi mereka yang cuek, itu biasa-biasa saja, tetapi bagi mereka yang peka ada suatu rasa yang tidak enak pastinya. “Jangan-jangan dia marah ya?”

Kemudian bandingkan dengan kondisi sebaliknya. Jika suatu saat kita berpapasan dengan orang, yang bahkan kita tidak kenal sekalipun kemudian dia memberikan senyuman kepada kita, rasanya, waaah.. Gimana gitu ya? Enak. Nyaman. Bahkan kita tidak sungkan untuk memberikan senyuman juga kepada dia.

Ada lagi nih, kalau dalam kasus bisnis misalnya. Waktu itu dari staf CerdasMulia ada yang memasukkan proposal ke sekolah-sekolah, staf yang satu mendapatkan 3 deal, sementara yang satu lagi tidak mendapatkan deal sama sekali dari 5 kesempatan yang dicoba. Ternyata setelah ditelusuri, yang membedakan hanyalah kemurahan dalam memberikan senyuman. Tentu saja staf CerdasMulia yang mampu menggolkan proyek itu mendapatkan succession fee yang lumayan. Berawal dari sebuah senyuman!

“Berbagi senyuman adalah cara paling mudah untuk membahagiakan dan menghilangkan sedih orang lain.”


“Berbagi senyuman adalah salah satu cara yang terindah untuk membuat diri dan orang lain menjadi pribadi yang selalu bahagia.”


“Jika ingin mengetahui tingkat kebahagiaan seseorang, lihatlah berapa sering dia tersenyum dan berbagi senyuman kepada orang lain.”


Sahabat, tentu saja kita tidak mengetahui bagaimana situasi dan kondisi perasaan orang lain saat itu. Begitu pula kita tidak bisa berharap bahwa orang lain mengetahui apa perasaan kita. Tetapi, justru dengan senyuman itu, selain dapat memadamkan ketidaknyamanan, juga dapat membuat diri sendiri lebih merasa senang. Bayangkan ini: Siapa tahu, berawal dari sebuah senyuman (yang menurut kita mungkin tidak ada artinya), ternyata memiliki sejuta makna bagi orang lain. Sebagai pelaku bisnis, saya sering sekali melihat dampak sebuah senyuman tulus yang akhirnya mampu menciptakan sebuah kerjasama strategis dalam jangka waktu yang sangat panjang.

“Tersenyumlah dari Hati ke Hati. Senyuman palsu akan mudah terbongkar, tetapi senyum yang tulus akan memancarkan aura kebahagiaannya tersendiri.”


Maka, sahabat. Selama kita masih bisa tersenyum, berikanlah senyuman itu kepada dunia. Jangan sampai kita baru menyesalinya ketika kita sudah tidak dapat membagi senyuman kita lagi.

“Setiap 1 menit marah yang kita keluarkan, maka di situ pula kita kehilangan 60 detik untuk tersenyum.” Bukan berarti tidak boleh marah, tetapi seringkali kita lupa bahwa sebuah senyuman dapat menjadi cara marah yang paling elegan.

Semoga bermanfaat untuk sahabat semuanya. Salam CerdasMulia! 🙂

Arry Rahmawan, adalah Inspirator CerdasMulia,  Direktur Penerbit Granada, wakil ketua Center for Entrepreneurship Development and Studies Universitas Indonesia, sekaligus praktisi pengembangan SDM. Telah mengantongi ribuan jam terbang sebagai pembicara, motivator, dan konsultan khususnya untuk pelajar dan mahasiswa. Direktur Pengembangan Bisnis Permata CerdasMulia Indonesia ini dapat dihubungi via email di arry.rahmawan@gmail.com atau follow twitternya di @ArryRahmawan

Dipersilahkan untuk menyebarkan tulisan ini dalam bentuk apa pun, asalkan tetap menjaga kode etik dengan mencantumkan Arry Rahmawan sebagai penulisnya dan Blog Kak Arry sebagai sumbernya 

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan Destyanto

Arry Rahmawan adalah seorang yang memiliki cita - cita sebagai guru bagi pemimpin masa depan Indonesia. Saat ini berkarya sebagai dosen di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia yang sedang melaksanakan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda.

Selain beraktivitas sebagai pengajar tetap di UI dan peneliti di TU Delft, Arry juga mengisi hari-harinya dengan menjadi narasumber di berbagai instansi pemerintah, BUMN, swasta, lembaga pendidikan, serta lembaga non-profit terkait seputar pengembangan diri dan tulisan - tulisan yang ada di blog ini.

Untuk menghubunginya, silakan kontak melalui direct message LinkedIn atau Instagram

Tinggalkan Komentar