Uncategorized

Keyakinan tentang Rezeki

Sewaktu menyusun program untuk Komunitas TDA Kampus periode 2013 – 2015, salah satu program unggulan yang disusun adalah terkait dengan mengadakan TDA Kampus Forum selama 2 pekan sekali yang isinya membahas tentang spiritual entrepreneurship. Bagi kami, sebagai board of directors, masalah spiritual atau pemaknaan dan pemantapan niat yang benar untuk pengusaha muda adalah yang utama.

Tidak mudah memang memantapkan niat ini karena tentu akan banyak sekali hal-hal yang akan dihadapi nantinya. Kebanyakan dari kita akan dengan mudah menjawab ingin beralih menjadi pengusaha karena ingin kaya, atau minimal hidup dengan gaya hidup di atas standar orang kebanyakan. Jika sudah diniatkan seperti ini, apa kira-kira yang akan terjadi?

Saya punya banyak kenalan pengusaha muda yang ‘terlunta-lunta’ hidupnya hanya karena niatnya kurang tepat sejak awal. Pada awal memulai bisnis, yang difokuskan hanya satu: menjadi kaya, memiliki mobil mewah, dan juga rumah mewah.

Teman saya, Reza (bukan nama sebenarnya) mencoba berulang kali untuk membuka bisnis agar dapat menjadi kaya. Berbagai cara mulai dia tempuh, mulai dari menggunakan modal sendiri hingga berhutang di sana-sini. Namun sayang, ada beberapa hal yang tidak sesuai pada awalnya. Untuk meminjam di bank, dia membuat aset fiktif sebagai jaminan yang pada intinya adalah menipu pihak bank sehingga dana pinjamannya cair. Dari sini saja, terlihat betapa obsesi terhadap harta bisa membuat orang melakukan apa saja. Yang penting ada modal uang, sisanya urusan nanti.

Allah berfirman dalam QS. Al-Ankabuut:17, yang mengatakan bahwa kunci sukses mencari rezeki sebenarnya mudah sekali: carilah rezeki di sisi Allah (untuk mengabdi kepadaNya), lewat cara-cara yang dikehendakinya, kemudian beribadahlah, lalu bersyukur, karena kepadaNya lah kita akan dikendalikan. Simpel bukan? Namun berapa orang yang yakin tentang hal ini?

Kisah Reza sudah dapat ditebak. Dikejar debt collector, ditagih investor, yang bisa dia lakukan adalah kabur dan menjadi buron. Itukah yang kita cari?

Saya pun heran dengan para koruptor yang terus-menerus bertambah di televisi melalui tangkapan KPK. Segitu yang tertangkap, mungkin yang tidak tertawa-tawa. Tetapi Allah maha Melihat, bukan? Rezeki seperti itu hanya membuat tidak tenang. Sumber petaka. Rezeki yang diambil dari jalan tidak baik, mengambil hak orang lain, akan kembali pula dalam bentuk tidak baik. Apakah memang itu yang kita cari? Jika kita yakin Allah itu memiliki rezeki yang Maha Luas dan tidak terbatas, haruskah kita menempuh cara-cara yang demikian?

Cobalah jika kita menjadi pengusaha itu berdasarkan niat yang lurus sesuai dengan firmanNya. Sudahkah kita mencoba bersandar kepadaNya? Sudahkah kita mencoba untuk memperbanyak shalat dhuha ketimbang pinjaman hutang? Sudahkah kita memperbanyak shalat tahajud ketimbang terus mencari investor dengan menjanjikan keuntungan yang bisa jadi tidak bisa balik tepat waktu? Sudahkah kita memperbanyak doa dan munajat kita?

Itulah mengapa niat dalam bisnis menjadi sangat penting. Menjadi kaya tidak dilarang, bahkan dianjurkan. Tetapi untuk apa? Untuk siapa? Jika kekayaan itu untuk diri sendiri, bisa jadi banyak hal yang menghalangi keberkahannya. Namun jika untuk Allah, insyaAllah akan selalu diiringi rasa syukur karena tujuannya adalah untuk memberikan kebermanfaatan yang lebih luas.

Apa keyakinan Anda tentang rezeki? Saya hanya mencoba merenung. Betapa berawal dari sebuah niat, bisa membuat rezeki seseorang begitu berbeda.

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar bisnis dan pengembangan diri di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!