Uncategorized

Kiat Menghadapi Writer's Block

Pagi ini sewaktu saya mengecek email, ada beberapa pertanyaan dari blogger yang mengeluhkan terkena writer’s block. Writer’s block adalah sebuah istilah yang digunakan pada saat seorang penulis mengalami mampet ide dan bingung apa yang ingin ditulisnya. Saya juga pernah beberapa kali mengalami writer’s block, di mana pada waktu itu saya memang tidak tahu dan bingung apa yang harus saya tuliskan.

Bagi Anda yang memang pekerjaannya menulis atau hobi menulis, sedang diburu deadline, writer’s block tentu bisa menjadi sebuah batu sandungan yang menjengkelkan. Berikut adalah beberapa tips yang saya lakukan pada saat saya mengalami writer’s block:

Berbicara dengan Orang Baru

Menemukan orang baru untuk diajak ngobrol atau sharing seringkali memberikan hal-hal yang tidak kita duga sebelumnya untuk ditulis. Beberapa dari tulisan saya diambil dari pengalaman orang lain dan merupakan salah satu tulisan terbaik di blog ini.

Banyak Membaca

Writer’s Block bisa disebabkan karena kita kekurangan ‘bahan baku’ untuk diolah menjadi sebuah cerita yang menarik. Perbanyak kapasitas membaca diri kita, entah dengan membaca harian surat kabar, blog walking, atau buku-buku yang menarik.

Corat-Coret di Kertas Kosong

Saat mengalami Writer’s Block, sebelum saya menggunakan Galaxy Note, saya membuat coret-coretan di buku yang berisikan kertas putih kosong (blank) yang membuat saya lebih mudah mengeksplorasi ide menulis. Cara ini bekerja untuk saya karena dengan kertas kosong tidak ada batas untuk mengekspresikan apa yang ada di pikiran.

Banyak sekali potensi menulis dalam diri kita yang terbuang hanya karena kita gagal menghadapi Writer’s Block dan menyerah saat stuck tidak bisa menulis. Padahal, ilmu yang dituliskan itu jika ditulis dan dibagi kepada orang lain siapa tahu bisa bermanfaat dan menginspirasi orang untuk menjadi lebih baik. Bukankah begitu?

Selamat menulis!

Bagaimana pendapat Anda?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar tips pengembangan bisnis, karier dan pencapaian hidup di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah seorang pembelajar dan juga praktisi pendidikan. Arry merupakan dosen tetap di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Saat ini Arry sedang menjalankan tugas belajar dengan melanjutkan studi doktoral di Faculty of Technology, Policy, and Management, Technishce Universiteit Delft, Belanda.

Di sela-sela kesibukannya, Arry senang berbagi pemikiran seputar pendidikan dan pengembangan diri melalui blognya di arryrahmawan.net, Youtube Channel, dan juga sebagai trainer di CerdasMulia Institute.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!