Uncategorized

Komentar dan Tindakan Nyata

“AH! Dia sekarang menjadi sukses seperti itu karena beruntung!” Itu yang dikatakan seorang teman saat mengikuti sebuah seminar inspiratif yang menceritakan orang yang dulunya semasa kuliah hidup sangat kesulitan, sehingga dia memutuskan untuk memulai wirausaha yang membuatnya sukses di usia 26 tahun.

Setelah itu dipanggil lagi pembicara kedua, seorang ibu rumah tangga yang mampu menghasilkan omzet puluhan juta dalam sebulan sambil berhasil mengasuh anak-anaknya, teman saya berkomentar lagi “Terang saja dia berhasil pasti memiliki sokongan modal dari suaminya, sementara aku mana ada modal untuk membuka bisnis?”

Mendengar teman saya berkomentar ini, saya pun kemudian hanya geleng-geleng saja dalam hati. Memangnya apa sih yang sudah dia hasilkan sehingga hanya mengomentari orang-orang?

Menyebut orang lain bodoh, tidak membuatmu lebih pintar. 
Melabel orang lain salah, tidak membuatmu lebih benar. 
Menilai orang lain lemah, tidak membuatmu lebih kuat. 
Mengatakan orang lain ngawur tidak membuatmu lebih bijak. 
Mengomentari orang lain tidak merubah apapun darimu atau membuat dirimu lebih baik. 
Dirimu lebih baik dalam berbagai hal karena TINDAKAN nyatamu dan PEMBUKTIANMU. 
Seperti kata bijak, TINDAKAN berbunyi lebih keras dibanding omongan! 
STOP komentar dan START BERTINDAK.

Seandainya boleh memilih menjadi komentator atau pemain dalam kehidupan, manakah yang akan kita pilih? Seumur hidup, komentator hanyalah bisa berbicara, berkata, namun tidak ada tindakan nyata yang bisa dihasilkan. Justru dengan menjadi pemain lah, seseorang bisa berkembang dan terus berkembang untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Jadi, pilih mana? Menjadi tukang komentar atau orang yang langsung menggebrak dengan tindakan nyata? Keduanya adalah pilihan kita. 😉

Ingin ngobrol lebih lanjut dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen pengantar kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia. Selain itu, Arry juga merupakan staf ahli di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia sejak 2015 - 2019. Per akhir tahun 2019, Arry melanjutkan studi doktoral di Delft University of Technology (TU Delft), Belanda. Disela-sela kesibukannya sebagai peneliti, Arry juga memanfaatkan waktunya untuk menimba ilmu kewirausahaan dari Delft Centre for Entrepeneurship, inkubator kewirausahaan TU Delft.

Arry berpengalaman sebagai narasumber di berbagai macam instansi pemerintah, kementerian, BUMN, dan institusi pendidikan. Apabila berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)gmail.com.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!