Uncategorized

[Konsultasi] Tips Mendapatkan Investor untuk UKM

Written by Arry Rahmawan

“Kira – Kira bagaimana pak solusinya kalau saya ingin menarik investor tapi usaha saya belum jalan karena kendala modal?” (Dedi Rosalam)

Dalam dunia wirausaha, memang masalah modal merupakan salah satu kendala utama. Kebanyakan dari wirausaha adalah mereka membutuhkan modal agar bisa memulai bisnis mereka, namun kebanyakan dari investor tidak percaya apabila wirausahawan ingin menggunakan modal mereka karena masalah pengalaman yang belum teruji di lapangan.

Bagaimana solusinya?

Pertama, kita harus ketahui dulu bahwa apabila dilihat dari sisi modal, wirausahawan bisa memilih dua skema : pinjam uang atau menarik investor. Pinjam uang berarti kita meminjam dana dengan jumlah tertentu untuk memulai bisnis kita. Setelah itu kewajiban kita adalah melunasi pinjaman itu dengan mencicil biaya pokok plus bunga yang harus kita penuhi setiap bulan. Pinjaman uang ini umumnya bisa melalui bank atau lembaga keuangan mikro, namun syaratnya kita perlu surat – surat legalitas dan biodata yang jelas untuk mendapat dana ini.

Kemudian dengan skema investor, berbeda dengan pinjam uang. Investor adalah seorang yang menanamkan uangnya dengan harapan bisa mendapatkan bagi hasil keuntungan dengan Anda. Jika Anda untung, maka keuntungan itu dibagi kepada investor. Jika Anda rugi, maka investor juga harus siap untuk rugi.

Nah, jika Anda ingin menggaet investor untuk mendanai bisnis Anda, maka Anda harus tahu bahwa investor Anda juga ingin mendapatkan untung. Tidak ada investor yang ingin rugi. Jika ada investor yang benar – benar ingin memberi uang tanpa pamrih, biasanya disebut angel investor. Tapi, investor seperti ini pun ujung – ujungnya juga mengharapkan keuntungan.

Jadi, apa yang bisa Anda lakukan?

  • Yakinkan diri Anda dan tim Anda sendiri dulu bahwa konsep bisnis Anda itu menguntungkan dan cashflow nya akan bagus
  • Beberapa investor mungkin perlu bukti terlebih dahulu, Anda bisa bandingkan dengan bisnis lain di bidang sejenis jika Anda tidak bisa membuktikan pada diri Anda. Setidaknya Anda perlu data, baik dari penelitian atau dari pengalaman lapangan Anda. Pengalaman lapangan biasanya lebih diakui.
  • Tunjukkan bahwa diri Anda adalah seorang yang komitmen, track record baik, siap bekerja keras dan amanah terhadap uang yang diberikan dari investor
  • Cari investor yang sifatnya juga seorang pendidik atau mentor, bukan hanya mereka yang memberikan uang dan berharap pendaftaran pasif saja.
  • Buat presentasi rencana bisnis yang profesional, percaya diri, dan Anda yakin bisnis Anda akan bagus. Anda bisa melihat bagaimana membuat perencanaan bisnis di sini. Anda juga bisa melihat kesalahan – kesalahan dalam membuat perencanaan bisnis.
  • Ingatlah bahwa dengan Anda menarik investor, maka Anda bersiap untuk mempertaruhkan nama baik Anda dalam bisnis.

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan. Anda juga bisa curhat atau konsultasi langsung dengan saya melalui halaman berikut ini.

#UPDATE : Bagi Anda yang ingin mengasah ketermapilan berbicara di depan publik, jangan lupa ikuti program #YoungTrainerAcademy. Untuk informasi dan pendaftaran, silakan klik daftar.youngtraineracademy.com atau email ke contact@cerdasmulia.co.id.

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!