Uncategorized

Kreativitas yang Menghambat Pengembangan Bisnis

Written by Arry Rahmawan

Membaca judul di atas, mungkin kita bertanya-tanya bagaimana mungkin kreativitas yang justru merupakan kunci keberhasilan bisnis malah jadi penghambat? Apakah benar, ada kreativitas dalam bisnis yang menghambat?

Untuk pembaca yang ingin atau sudah memulai bisnis, tentu mengetahui bahwa kreativitas adalah kunci paling esensial untuk membuat bisnis terus berkembang. Kreativitas inilah yang membuat ide dan inovasi terus mengalir, sehingga bisnis kita bisa terus bertahan dan berkelanjutan. Sudah banyak sekali contohnya usaha yang mati karena kurang cepat menangkap perubahan dan bertindak kreatif untuk mengatasinya.

Namun, kreativitas yang menghambat pengembangan bisnis justru saya temukan akhir-akhir ini pada beberapa pebisnis pemula yang sedang saya bina.

Seperti layaknya seseorang yang sangat menggebu-gebu karena baru memulai bisnis, selalu saja ada ide kreatif yang bermunculan untuk segera dieksekusi. Beberapa binaan saya, termasuk yang seperti itu. Di awal memulai bisnis, mereka stick ke dalam satu bidang. Ternyata di beberapa bulan selanjutnya, kreativitas mereka yang menggebu-gebu membuat mereka ingin segera membuka bidang-bidang bisnis yang lain. Mereka merasa bahwa satu bidang ini sudah cukup berjalan dan kuat untuk membuka bisnis lainnya. Sepertinya mereka ingin membuat semacam blabla Group, biar kesannya bisnis menjadi besar.

Pernahkah kita seperti itu? Saya pribadi pernah mengalaminya. Pada waktu awal memulai bisnis, saya pernah mengerjakan bisnis percetakan, penerbitan buku, dan training sekaligus. Hasilnya? Benar-benar merasa kesulitan sekali.

In this point, too much creativity can be a bad thing.

Ibaratnya saya disuruh menangkap dua kelinci yang berlari di waktu yang bersamaan. Sungguh sulit.

Maka inilah pelajaran pentingnya: daripada kita tidak mendapatkan satu kelinci pun, bagaimana jika kita fokus untuk menangkap satu kelinci dulu, baru kemudian menangkap kelinci yang lain?

Ya, semudah itu menjelaskan mengapa fokus dalam bisnis itu sangat penting. Maka, bagi teman-teman, khususnya pengusaha muda, coba kita fokuskan terlebih dahulu bisnis yang saat ini sedang kita geluti. Kita rawat, kita tumbuhkan, sampai berkembang besar, baru kemudian kita buat bisnis-bisnis yang lain. Menjadi seorang pengusaha adalah proses pembelajaran, dan pembelajar yang baik adalah mereka yang bersabar dalam aktivitas belajar itu.

Bagaimana menurut Anda?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow @ArryRahmawan.

Ingin mendapatkan tips, trik, dan strategi-strategi bagaimana membangun bisnis saat masih menjadi pelajar dan mahasiswa yang tidak bisa Anda temukan di tempat lain? Temukan jawabannya di Studentpreneur Guidebook!  ”Ya, Saya tidak sabar untuk membacanya. Saya ingin memesan buku ini sekarang juga!

Anda ingin membuat event kewirausahaan dan ingin mengundang saya sebagai trainer atau speaker? Ya, saya ingin mengundang untuk membuat acara saya lebih menarik.

[at_logo_carousel id=”2379″]

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!