Uncategorized

Kumpulan Tips untuk Menambah Follower Twitter Anda

Follower Twitter bisa jadi merupakan tolak ukur tingkat popularitas Anda, baik di dunia maya maupun dunia nyata. Semua orang ingin sekali memiliki follower yang banyak. Saya sering sekali mendapatkan permintaan untuk melakukan folback atau follow balik. Ingin memiliki banyak follower memang tidak dilarang, tetapi jangan sampai kita lupa esensi untuk memiliki akun Twitter itu sendiri.

Tulisan kali ini merupakan kumpulan tips dan trik bagaimana Anda menambah follower Twitter. Memiliki follower yang banyak sudah tentu dapat meningkatkan tingkat trust seseorang kepada Anda. Lantas bagaimana cara menambahnya?

Dalam tulisan ini, saya lebih menekankan kepada Anda untuk menambah follower secara alami atau organik. Jangan termakan dengan tips-tips cara cepat dan mudah untuk menambah follower karena biasanya akan menimbulkan efek samping bagi akun Anda.

Beberapa tips secara alami yang bisa digunakan untuk menambah follower Twitter,

  1. Follow orang-orang yang Anda kenal, mention, beri sapaan, dan meminta follow balik. Tidak perlu ragu, cukup bilang, ‘agar mudah jika mau melakukan DM’
  2. Jalin hubungan dengan selebriti Twitter, minta tolong kepada mereka untuk mempromote akun Anda, salah satu caranya bisa dengan melemparkan kultwit bermanfaat ke Timeline.
  3. Gunakan layanan Chirpstory saat kultwit, agar orang bisa dengan mudah mengenali dan follow akun Twitter Anda.
  4. Update Twitter secara rutin, balas sapaan orang yang mention Anda. Saran saya, berikan materi/tweet yang bermanfaat dan itu sesuai dengan expertise Anda.
  5. Integrasikan dengan akun social media yang lain, seperti Facebook, blog, Google+, LinkedIn, yang jika Anda ngetweet, bisa terposting juga di beberapa socmed yang lain (secara selektif). Hal ini akan meningkatkan awareness teman Anda bahwa Anda aktif di social media.
  6. Jika Anda ingin follower bertambah, maka mulai saat ini Anda ngetweet untuk follower, bukan untuk memuaskan diri sendiri. Pasang sudut pandang kira-kira topik tweet apa yang dibutuhkan oleh follower Anda. Perbanyak tweet yang bersifat sharing, bukan pelampiasan emosi personal.
  7. Manfaatkan header dan profpic Twitter untuk dibuat semenarik dan seinformatif mungkin. Pasang wajah asli Anda.
  8. Menggunakan username Twitter yang menarik, dan tersegmentasi, terutama jika memang akun itu dikhususkan untuk memberikan informasi tertentu. Misalnya: @AreaWANITA, @Kata2Mutiara, dan lain sebagainya.
  9. Manfaatkan bio Twitter Anda. Bio Twitter walaupun singkat tetapi bisa berdampak luar biasa jika menggunakannya dengan baik. Deskripsikan dengan baik siapa diri Anda, kalau perlu sebut guru/mentor Anda yang sudah dikenal oleh publik. Jangan sia-siakan bio Anda dengan hanya menulis sebuah kata: dreamer, atau crazy students. Siapa orang yang mau follow mahasiswa gila? Kecuali jika Anda sudah punya nama… 🙂
  10. Promosikan akun orang lain yang bermanfaat atau RT kultwit. Cara ini pernah saya lakukan dan ternyata berhasil. Dulu saya setiap Jumat mempromosikan akun-akun menarik yang ternyata orang tertarik untuk nge follow akun saya.
  11. Buat sebuah kuis atau sayembara. Misalkan membuat teka-teki yang jawabannya harus disampaikan melalui DM. Ini cukup ngaruh ternyata, dan karena menjawabnya harus lewat DM, mau ga mau yang ikut kuis harus follow akun kita.
  12. Cantumkan akun Twitter Anda di kartunama, blog, dan setiap slide presentasi yang Anda bawakan (di blog ini, setiap akhir tulisan selalu saya mencantumkan username Twitter saya)

Kalau Anda perhatikan, cara-cara organik di atas adalah benar-benar cara yang butuh proses dan perjuangan untuk Anda tempuh. Namun saya berani jamin bahwa cara-cara yang dianjurkan seperti di ataslah yang menyebabkan pertemanan dan hubungan berlangsung lebih lama. Semakin banyak pertemanan yang Anda lakukan, seharusnya semakin banyak juga follower Anda, kecuali jika memang Anda seorang artis atau public figure. Memiliki akun Twitter bukan hanya masalah follower, tetapi juga masalah interaksi sosial yang sebenarnya.

Nah, selain cara organik, ada juga cara-cara cepat yang benar-benar express untuk menambah follower akun Anda. Beberapa di antaranya dengan masuk ke situs berikut,

1. Newfollow
2. followback
3. hitfollow
4. letgetmorefollow
5. plusfollower

Atau Anda bisa juga membeli follower. Saat ini banyak sekali orang yang berjualan follower di Twitter, mulai dari harga Rp100.000/1000 follower hingga Rp1.000.000/10.000 follower. Tetapi saya tidak menyarankan cara-cara cepat ini, karena dapat mengancam keamanan Twitter Anda, seperti misalkan password yang tersadap, rawan dibajak, tiba-tiba akun Anda otomatis nge follow orang lain, dan yang lebih prihatin tiba-tiba akun Anda diblok oleh Twitter.

Jadi, bagaimana menurut Anda? Pentingkah menambah follower Twitter untuk akun Anda? Bagaimana cara yang efektif untuk menambahnya?

Ingin berkomunikasi lebih lanjut dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen pengantar kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia. Selain itu, Arry juga merupakan staf ahli di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia sejak 2015 - 2019. Per akhir tahun 2019, Arry melanjutkan studi doktoral di Delft University of Technology (TU Delft), Belanda. Disela-sela kesibukannya sebagai peneliti, Arry juga memanfaatkan waktunya untuk menimba ilmu kewirausahaan dari Delft Centre for Entrepeneurship, inkubator kewirausahaan TU Delft.

Arry berpengalaman sebagai narasumber di berbagai macam instansi pemerintah, kementerian, BUMN, dan institusi pendidikan. Apabila berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)gmail.com.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

1 Comment

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!