Uncategorized

Leader's Guide to Storytelling

Pada tanggal 2 Mei kemarin saya berkesempatan untuk berbagi di System Engineering, Modeling, and Simulation (SEMS) Lab Universitas Indonesia tentang pentingnya keterampilan storytelling bagi seorang pemimpin untuk meningkatkan kapasitas diri menjadi seorang yang berpengaruh dan mampu menggerakkan banyak orang. Tulisan kali ini berdasarkan ringkasan dari buku Leader’s Guide to Storytelling tulisan Stephen Dennings.

Terlampir juga slide yang saya upload di slideshare yang semoga bisa bermanfaat untuk rekan-rekan pembaca sekalian.

Welcome to Storytelling Era

Sebagai seorang pengamat brand, saya baru saja memahami perlunya seorang marketers untuk bisa menguasai teknik storytelling untuk membuat sebuah brand menjadi lebih hidup dan jujur. Sekarang, ternyata keterampilan itu juga perlu diketahui dan diaplikasikan oleh pemimpin karena seringkali kepemimpinan saat ini menggunakan cara-cara lama untuk membawa organisasi menuju capaiannya.

Tugas inti seorang pemimpin adalah mempengaruhi (task of persuasion) dan menyampaikan cerita dapat menjadi sebuah cara  untuk bisa membuat persoalan rumit menjadi sederhana, serta membuat orang lebih tergerak secara sukarela untuk mencapai tujuan yang pemimpin inginkan. Selain itu dengan bercerita, kita jadi membuat suatu hal lebih mudah untuk diingat dan dipahami.

Sebagai contoh, mungkin ada beberapa dari kita yang menerapkan cara lama, seperti, “Pokoknya saya mau ini selesai besok dan kalau tidak kamu dipecat!”. Pendekatan ini bukan tidak mungkin akan menimbulkan tekanan dan kesalahan. Kalau sudah seperti ini, biasanya pemimpin akan menyalahkan, “Goblok kamu!”

Cara memimpin memang berbeda-beda. Storytelling pun menurut saya pas diterapkan pada saat-saat tertentu saja. Seperti misalnya pada suatu kesempatan saya ingin agar muncul suatu kebiasaan menulis di setiap trainer CerdasMulia. Di sana, saya akan memulai dengan cerita,

“Bayangkan teman-teman sekalian, jika nanti suatu saat ada seorang siswa yang merasa frustrasi akan pelajaran yang dia hadapi. Bahkan saat dinyatakan tidak lulus UN dia ingin bunuh diri. Namun suatu ketika temannya  memberikan selembar kertas berisi tulisan, dan ternyata setelah membaca tulisan tersebut anak itu tersenyum bahkan menjadi bersemangat kembali. Ternyata tulisan itu berasal dari …………….., dan bayangkan jika yang membuat tulisan itu adalah kita, para inspirator CerdasMulia.”

Cerita ini kemudian menggerakkan trainer yang sebelumnya sulit menulis, menjadi lebih tulus, ikhlas, dan akhirnya menjadikan menulis sebuah kebutuhan. Saya bisa saja memilih untuk, “Ayo menulis, kumpulkan besok, yang terlambat mendapatkan sanksi.”

Seperti itu kira-kira fungsi storytelling untuk pemimpin.

8 Narrative Patterns

Ada 8 pola yang bisa Anda temukan untuk menerapkan storytelling sesuai dengan konteks dan funsginya. Di sini seorang pemimpin dituntut untuk bisa telling the right story dan telling the story right. Untuk lebih tahu bagaimana menceritakan cerita yang dan dengan benar, silakan intip slide saya berikut ini:

Saat saya menerapkan ilmu ini, bukan hanya lebih mudah untuk memimpin, tetapi bisa menjadikan hubungan dan ikatan antara pemimpin dan orang yang dipimpin menjadi lebih hangat dan harmonis.

Bagaimana menurut Anda?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar tips bisnis, pemasaran, dan motivasi bisnis di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen tetap di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia. Selain beraktivitas sebagai pengajar dan peneliti, Arry juga senang membagikan tips dan informasi seputar akademik, kewirausahaan, dan pengembangan diri melalui blog nya di arryrahmawan.net.

Arry berpengalaman sebagai narasumber di berbagai macam instansi pemerintah, kementerian, BUMN, dan institusi pendidikan. Apabila berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)gmail.com.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!