Uncategorized

Life is….. Wonderful!

“No Need to cry, no need to run and hide. It’s a wonderful, wonderful life.”

Tentunya banyak sekali hal yang membuat kita jengkel dalam hidup ini. Bukan hanya dari hal-hal yang besar, tetapi juga hal-hal yang sangat kecil. Mau bukti? Yang paling gampang adalah saat kita terjebak macet Jakarta padahal kita sedang terburu-buru dan ingin sampai di tujuan secepatnya. Belum lagi jika kita mengalami ujian-ujian hidup seperti konflik terhadap teman, sahabat, atau rekan. Ditipu oleh rekanan bisnis, depresi karena tugas-tugas kuliah, dan masih banyak lagi hal lainnya yang membuat hidup kita terasa tidak indah.

Belum lagi jika ternyata kita yang mahasiswa ini mendapatkan jurusan yang ternyata tidak sesuai dengan yang kita minati. Semua tugas dan pekerjaan rasanya berat. Jika ketemu hari Senin, yang kita bilang, “yah, Senin lagi, Senin lagi..”. Itulah kebanyakan dari kita. Jarang yang mungkin menyadari bahwa hidup ini adalah suatu anugerah. Hidup ini adalah berkah, hidup ini sebenarnya indah.

Setiap kita merasa marah, jengkel, atau kesal dalam satu menit, sesungguhnya di saat itu pula kita kehilangan waktu kita yang sangat berharga yaitu 60 detik untuk bisa berbahagia. Memang tidak bisa dipungkiri, seperti itulah kebanyakan orang. Bahkan saya pun seperti itu jika sedang lupa.

Tetapi mungkin sedikit tips dari saya bisa sedikit membantu agar kita bisa memaknai bahwa hidup kita sebenarnya indah.

Cobalah berjalan-jalan dan carilah di sekeliling kita, maka kita akan menemukan:

1. Orang buta yang sedang meminta-minta dan mengais rezeki dari orang lain karena tidak bisa melihat yang sedang ada di jembatan penyeberangan.

2. Anak-anak kecil yang sejak masih belia sudah harus merasakan kerasnya dunia dengan menjadi penjual koran atau penjual tisu-tisu keliling

3. Kerabat kita yang hidup pas-pasan dan serba kekurangan, harus berpuasa dalam hidup mereka untuk mengurangi pengeluaran. Mungkin satu hari hanya punya Rp10.000 untuk dibelanjakan

4. Seseorang yang hidup sebatang kara, tanpa sanak saudara, yang sudah ditinggal oleh ibu bapaknya sejak masih balita yang sekarang hidup keras di Jakarta.

Percaya atau tidak, saya sering sekali melihat yang seperti itu di Jakarta.

Pertanyaannya, bagaimana seandainya kita ada di posisi mereka? Bagaimana ketika kita tidak memiliki penglihatan atau pendengaran yang tidak semestinya? Bagaimana jika hidup kita sebatang kara? Bagaimana jika kita sejak masih belia sudah harus mencari uang sendiri? Dan masih banyak lagi contoh yang lainnya.

Ada dua hal yang perlu kita sadari untuk membuat hidup kita lebih indah dan bermakna:

1. Dalam situasi apapun, saat ini, ada seseorang yang cobaannya jauh lebih berat daripada saya.

2. Dalam situasi apapun, saat ini, setiap ujian dan cobaan yang saya alami pasti mampu saya pecahkan.

Dua hal itu yang membuat saya akhirnya selalu memandang bahwa dunia ini adalah indah. Allah menciptakan sesuatu dengan adil. Adanya masalah yang menimpa semata-mata untuk membuat hidup kita semakin kuat. Bukan justru untuk melemahkan. Dan yang paling penting, ternyata selalu ada dari mereka yang jauh lebih berat hidupnya daripada kita, tetapi mereka bisa tersenyum bahagia. Maka dari itulah kebahagiaan adalah pilihan. Tentunya kita lebih memilih agar our life is…. wonderful! Right?

Ingin berkomunikasi lebih lanjut? Follow @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah seorang pembelajar dan juga praktisi pendidikan. Arry merupakan dosen tetap di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Saat ini Arry sedang menjalankan tugas belajar dengan melanjutkan studi doktoral di Faculty of Technology, Policy, and Management, Technishce Universiteit Delft, Belanda.

Di sela-sela kesibukannya, Arry senang berbagi pemikiran seputar pendidikan dan pengembangan diri melalui blognya di arryrahmawan.net, Youtube Channel, dan juga sebagai trainer di CerdasMulia Institute.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!