Uncategorized

Little Inspiration for Writers

Sejak kecil saya senang sekali dengan menulis. Rasanya dengan menulis itu kita meninggalkan karya-karya nyata. Ilmu dan gagasan-gagasan kita di dalam kepala bisa terawat dan “terikat” agar tidak hilang dengan kita menulis. Tetapi banyak orang yang bilang, menulis tidak semudah itu. Menulis itu sulit, menulis itu membutuhkan keterampilan!

Apakah iya seperti itu? Dulu saya pun sempat berpikir seperti itu karena banyak hasil tulisan saya yang diejek-ejek dan bahkan dibilang jelek banget! Sehingga saya pun jadi minder buat menulis. Akhirnya saya berinisiatif untuk mencatat banyak kata-kata menarik yang saya rangkum dari berbagai seminar, narasumber, pelatihan, dan buku untuk penulis, di mana kata-kata ini memiliki daya magis dan power yang cukup mengena dan mendalam. Dan sekarang, saya ingin berbagi kepada pembaca semuanya, tidak hanya untuk penulis, namun juga yang belum, syukur-syukur bisa memotivasi untuk berkarya melalui tulisan pada kesempatan berikutnya.

Word #1 : Tak ada kiat yang lebih baik bagi penulis, kecuali dengan menulis sekarang juga. Banyak sekali orang yang hampir menjadi orang besar, namun tidak terwujud dikarenakan ide, pemikiran, gagasan, dan pengetahuan yang muncul di kepalanya tidak segera diikat dan diwujudkan dalam tulisan. Kebiasaan menunda-nunda dan berkata bahwa masih ada hari esok, membuat orang-orang yang suka menunda seperti ini tidak jadi menulis karena malah tambah malas, kehilangan ide, atau idenya sudah direbut orang lain. Mulailah sekarang juga! Dengan memulai sekarang juga, berarti kita memulai berlatih secepat mungkin, dan itulah yang penting dalam menulis.

Word #2 : Bukan sekedar bakat yang membuat seorang penulis menjadi besar, namun kehausan pada ilmulah yang membuat setiap goresan menjadi penuh makna. Kalau menilai bahwa penulis besar yang ada sekarang lahir karena memang berbakat, maka hal itu tidak sepenuhnya benar. Penulis-penulis besar lahir karena mereka banyak sekali belajar dan tidak jenuh untuk mempublikasikan pemikiran-pemikiran dari hasil pembelajaran mereka. Maka jangan heran bahwa penulis besar justru menjadi orang-orang yang suka membaca dan mengkhatamkan banyak sekali buku dibandingkan orang lain.

Word #3 : Penulis hebat mampu menulis masalah berat dengan bahasa sederhana, namun yang ingin dikatakan hebat menulis masalah sederhana dengan kata-kata yang berat. Penulis sejati adalah orang yang dapat menunjukkan kebenaran atau menyelesaikan permasalahan berat dengan kesederhanaan dan kata yang gampang dicerna. Namun juga banyak penulis yang berputar-putar pada akar permasalahan yang sederhana, dan dibuat rumit sehingga membingungkan pembacanya. Gunakanlah kata-kata efektif yang bisa menginspirasi dan menggugah dalam setiap karya tulis yang kita buat.

Word #4 : Tulisan yang baik, sekali dibaca mencerdaskan dan ketika dibaca lagi mencerahkan. Menurut saya, ini bisa dijadikan sebuah standar dalam menghasilkan sebuah karya tulis. Karena sesuatu yang mencerdaskan itu menunjukkan bahwa karya kita sarat akan ilmu yang bermanfaat. Bahkan ketika dibaca kembali, justru malah semakin mencerahkan pembacanya.

Word #5 : Peradaban Islam tercipta dari goresan tinta para ulama, dan tetesan darah para syuhada. Peradaban Islam yang maju dapat kita ukur dari seberapa banyak umatnya yang haus akan ilmu, seberapa rakus membaca buku, dan berapa banyak tinta yang digunakan dalam menulis suatu karya. Selain itu, seberapa gigih umatnya mempertahakan pokok ajaran agama Islam ini. Umat Islam yang cerdas akan membawa agama ini menuju peradaban yang lebih baik. Maka, apalagi yang kita tunggu? Selagi masih produktif, selagi masih mampu membaca dengan baik, selagi mampu menggoreskan pena di atas kertas, tak ada alasan bagi kita untuk tidak belajar, membaca, dan mengikat ilmu dengan menuliskannya.

“Katakanlah : Sekiranya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Tuhanku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis (ditulis) kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula).” (QS . 18 : 109).

Wallahu a’lam.

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!