Uncategorized

Makna Sebuah Kesuksesan

Beberapa hari lalu saya mendapatkan sms dari adik kelas saya sewaktu SMA, bunyinya kira-kira seperti ini, “A’ Arry (panggilan untuk kakak laki-laki dalam bahasa Sunda – aa’) alhamdulillah sekarang sudah sukses ya. Sudah banyak memberi pelatihan dimana-mana dan punya lembaga pelatihan sendiri sekarang. Saya mau belajar sama a Arry.”

Saya terpaku pada kalimat pertamanya. Saya cukup lama mengamati kenapa saya bisa dibilang sebagai seorang yang sukses? Apakah memang saya sudah sukses? Apa sebenarnya yang dinamakan sukses itu? Sukses, sebuah kata di mana setiap orang di dunia ini mengejarnya, namun belum tentu semua orang bisa menjelaskannya. Berikut ini adalah makna sebuah kesuksesan menurut saya, yang mungkin berbeda dengan makna sebuah kesuksesan yang biasanya ada.

Sukses identik dengan apa yang namanya (kalau mengutip Pak Jamil Azzaini), 4TA, harTA, tahTA, kaTA, dan cinTA. Memiliki salah satu dari keempatnya secara berlimpah, maka sudah boleh Anda dikatakan sukses.

Adalagi pendapat yang mengatakan bahwa sukses itu adalah ketika kita mendapatkan apa yang kita inginkan. Ketika segala mimpi dan impian kita terwujud, itulah yang dikatakan sukses. Biasanya, mimpi-mimpi yang kita buat berkaitan erat dengan keberlimpahan di 4TA tersebut. Menjadi kaya, punya jabatan, punya ilmu yang tinggi, dan memiliki keluarga harmonis luar biasa.

Namun kadang pendapat itu bisa jadi akan mengecilkan orang karena dijelaskan sukses adalah ‘hanya pada saat‘ kita mendapatkan apa yang kita inginkan. Sehingga seringkali dalam hidup kita ini, kita merasa sebagai orang yang tidak sukses dan kita menjadi lupa untuk bersyukur atas kehidupan kita.

Sewaktu saya ditanya adik kelas saya itu, saya hanya bilang bahwa buat saya sukses adalah perjalanan hidup. Ya, sukses adalah sebuah proses. Sukses bukan hanya pada saat kita berhasil mendapatkan apa yang kita inginkan, namun juga bagaimana kita memperolehnya. Maka dari itu selain penting untuk memiliki mimpi dan membuat tujuan, yang paling penting selalu berproses setiap hari untuk mencapainya.

Dengan berprinsip sukses adalah proses, maka yang namanya sukses adalah ketika apa yang kita kerjakan hari ini lebih baik daripada hari kemarin. Sukses adalah ketika apa yang kita lakukan hari ini semakin mendekatkan kita kepada tujuan-tujuan kehidupan yang kita ciptakan. Entah yang terjadi sebuah perjalanan manis atau pahit. Inilah yang kadang tidak disadari orang bahwa yang namanya kegagalan sebenarnya bukan kesuksesan yang tertunda, tetapi memang BAGIAN dari kesuksesan itu sendiri.

Berprinsip seperti itu alhamdulillah membuat saya selalu bersyukur setiap hari karena saya adalah orang yang sukses saat saya (walaupun hanya selangkah) lebih baik dan lebih dekat dengan tujuan atau target-target saya dibandingkan hari kemarin. Sehingga setiap harinya penuh dengan sukacita ketika kita bertambah baik. Bersyukur atas hari yang didapatkan, terlebih karena banyak pelajaran yang bisa diambil untuk mendekatkan kita terhadap apa tujuan kita.

Selamat merengkuh kesuksesan Anda. Selamat menjalani hari yang lebih ceria.

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan. Ingin mendapatkan tulisan saya setiap hari langsung ke email Anda? Silakan klik untuk langsung berlangganan tulisan saya.

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author