Uncategorized

Manajemen Kontak dalam Pergaulan

Siapapun Anda, baik seorang yang berkecimpung di dunia bisnis, karir, ataupun dalam kehidupan sehari-hari, tentu setuju bahwa memiliki jaringan yang luas itu penting. Semakin banyak kita mengenal orang, selain diri kita juga semakin dikenal, tentu juga semakin banyak tercipta kesempatan yang bisa disinergikan.

Memiliki jaringan yang luas tentu diawali dari sebuah langkah pertama, yaitu adalah bergaul. Sudahkah kita menjadi seorang pribadi yang gaul? Beberapa orang berdiskusi dengan saya bahwa yang namanya bergaul adalah aktivitas ringan dan santai di mana kita hangout bareng teman-teman. Namun, benarkah pergaulan hanya untuk senang-senang dan haha-hihi saja?

Seorang teman saya sebagai konsultan karir mengatakan bahwa kita perlu untuk memanage kontak kita dengan segala teknologi yang ada. Mulailah merapikan kontak yang kita miliki, simpan nomor-nomor yang penting, buat grup untuk kontak-kontak khusus, selalu perbarui kontak yang kita miliki. Ini penting untuk mengetahui seberapa banyak jaringan yang kita miliki dan kita menjadi tahu mana kontak yang perlu hubungan prioritas untuk kita perhatikan. Dalam bisnis, kontak pelanggan yang loyal, supplier yang jujur, teman dalam komunitas adalah contohnya. Dalam karir, bisa berupa kontak klien, kolega, dan lain sebagainya. Sudahkah kita melakukan manajemen kontak ini dengan baik?

Ada seorang teman saya yang memiliki manajemen kontak yang sangat rapi, bahkan juga memiliki reminder ulang tahun untuk kontaknya. Praktis dia memberikan ucapan spesial di setiap hari ulang tahunnya. Ternyata dari hal-hal kecil seperti itu banyak dia temukan peluang-peluang baru dan bisa bersinergi dengan lebih banyak orang lagi. Begitu pun apabila teman saya ini sedang mencari peluang kerjasama, dengan kontak yang tertata rapi maka dia bisa mengetahui dengan cepat siapa orang yang tepat untuk membentuk sinergi.

Berbeda dengan seorang yang menganggap pergaulan hanyalah sekedar haha hihi saja. Mereka yang seperti ini umumnya hanya bergaul dengan orang yang itu-itu saja, tidak ingin memperluas pergaulan, dan tidak memanage kontak dengan baik. Padahal, fungsi pergaulan lebih banyak dari sekedar untuk senang-senang belaka.

Bagaimana pendapat Anda?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar tips pengembangan bisnis, karier dan pencapaian hidup di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!