Uncategorized

Membangun Mindset Entrepreneur

Guest Post: Tulisan ini ditulis oleh Muhammad Setiawan. Mahasiswa CCIT Fakultas Teknik UI Angkatan 2011. Iwan merupakan Asisten Trainer di CerdasMulia Leadership and Training Center.

Sebagaimana kita ketahui bersama, pertumbuhan ekonomi indonesia tahun 2011 sebesar 6,1%. Tahun 2012 6,5 % dan terget pada tahun 2014 adalah sekitar 7,0-7,74%. Dari aspek kewirausahaan memiliki 1,56% wirausaha atau sekitar 3.744.000 orang dari polulasi penduduk indonesia.

Banyak paradigma seseorang bahwa setelah lulus perguruan tinggi lalu kerja diperusahaan ternama itu suatu kewajiban? Kita harus merubah mindset dan paradigma tersebut bahwa setelah kita lulus perguruan tinggi kita mau buka usaha atau bisnis apa? Sudahkah kita mencoba membangun mindset entrepreneur dalam pikiran kita?

Itulah yang seharusnya mindset yang harus ditanamkan kepada mahasiswa, berusaha atau entrepreneurs bukan berarti tidak bisa membagi waktu antara usaha dan kuliah. Hanya perlu pernyesuaian dan terbiasa untuk menjalankan keduanya. Jadi, kuliah dengan usaha yang kita jalankan sesungguhnya bisa saling bersinergi antara keduanya.

Nah sekarang apakah anda tertarik untuk berwirausaha sambil berkuliah?? Berikut tips-tips yang diperlukan seorang wirausaha atau entrepreneur :

1.      Mampu memanfaatkan peluang.

2.      Kreatif.

3.      Berani mengambil resiko.

4.      Komunikasi efektif.

Kita bahas terlebih dahulu ketiganya, Yang pertama adalah pemburu peluang, seorang entrepreneur selalu ingin berhasil,awas, waspada dan sengaja mencari peluang. Kemudian yang kedua kreatif seorang entrepreneur mempunyai ide yang berbeda, ide lebih baik dan diterima masyarakat.  yang ketiga berani mengambil resiko seorang entrepreneur tidak takut gagal, kalau gagal bangkit lagi dan jika gagal 2 kali maka bangkit 3 kali dan seterusnya.

Dan yang terakhir adalah komunikasi efektif, seorang entrepreneurs harus mempunyai negosiasi yang baik diantaranya dengan gesture yang mempengaruhi komunikasi sebesar 55%, intonasi 35% dan terakhir kata-kata 10%.

Dan adapula nilai dan budaya agar seorang entrepreneur semakin melesat wirausahanya antara lain:

1.      Silaturahim

2.      Integritas

3.      Berpikiran terbuka

4.      Berorientasi tindakan

5.      Fun

Silaturahmi diantarnya adalah saling mendukung, sinergi,komunikasi,kerja sama, berbaik sangka, team work, sukses bersama. Kemudian integritas diantaranya kejujuran, transparansi, amanah, komitmen, tanggungjawab, adil. Lalu berpikiran terbuka diantaranya adalah terus belajar, terus bergerak maju, kreatif dan inovatif.

Kemudian beorientasi tindakan diantaranya adalah semangat solutif, konsisten, persisten, berfikir dan bertindak positif, give and take,  mindset keberlimpahan. Danyang terakhir adalah fun yaitu menjaga keseimbangan dalam hidup.

Dan yang tak kalah pentingnya ada beberapa rumus sukses dan pelengkap entrepreneurs diantaranya adalah:

1.      Reason  (alasan)

2.      Belief (keyakinan)

3.      Dreams (impian)

4.      Strategy

5.      Actions

6.      Persistence ( ulet, pantang menyerah)

7.      Pray (doa, ikhlas, dan tawakal)

Sekian apa yang disampaikan penulis, saran dan kritikan sangat diperlukan dan yang salah  datangnya dari saya dan yang benar datangnya dari ALLAH SWT.

Bagaimana menurut Anda?

Ingin berkomunikasi lebih lanjut dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Add Comment

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!