Uncategorized

Membangun Rasa Syukur

Salah satu kunci sederhana untuk hidup sehat dan bahagia bisa dimulai dengan meningkatkan rasa syukur yang kita miliki. Bersyukur bukan hanya kondisi di mana kita berterima kasih tentang apa yang saat ini sudah kita miliki, tetapi juga kita menyambut kehidupan ini dengan antusias, positif, dan sukacita karena kita sudah diberikan kehidupan yang istimewa, apapun posisi dan kondisi Anda saat ini.

“Penelitian menunjukkan bahwa orang yang bersyukur dalam kehidupan sehari-hari, memiliki kondisi kesehatan yang lebih baik, hanya sedikit mengalami gejala stres, sakit kepala, masalah pencernaan, nyeri dada, nyeri otot, dan masalah nafsu makan.” Ujar Sheela Raja, PhD, asisten profesor dan psikolog klinis di Sekolah Tinggi Kedokteran dan Kedokteran Gigi, Universitas Illinois, Chicago. Ini menunjukkan betapa pentingnya untuk setiap orang memiliki rasa bersyukur. Tulisan kali ini akan membahas bagaimana meningkatkan rasa syukur kita setiap hari sehingga hidup kita menjadi lebih bahagia dan menyenangkan.

Lihat ke Dalam Diri

Cara bersykur paling mudah sebenarnya adalah melihat pada kondisi diri sendiri. Bayangkan, banyak sekali orang yang merasa hidupnya serba kekurangan. Iri dan dengki melihat keberhasilan orang lain. Bahkan ada yang merasa Tuhan memberi hidup yang tidak adil karena nasib yang diterima menjadi lebih buruk dari yang lain. Namun, sedikit sekali dari mereka yang mencoba untuk menilai betapa setiap manusia adalah hasil karya cipta yang sempurna.

Untuk itu, silakan jawab beberapa pertanyaan ini,

“Berapa harga kesehatan yang telah Anda terima setiap hari?”

“Apa keunggulan dalam diri Anda yang patut Anda syukuri? – sekalipun itu hal kecil, seperti kejujuran.”

Pertanyaan-pertanyaan ini akan memantik semangat kita bahwa apa yang sudah Tuhan berikan kepada kita hari ini, tidak boleh kita sia-siakan.

Melihat ke Sekitar

Cobalah lihat dengan siapa Anda bergaul saat ini. Siapa orang-orang terbaik di sekitar Anda. Siapa sahabat-sahabat Anda. Silakan pikirkan 3 orang yang membuat Anda bersyukur memiliki mereka. Kita hidup di dunia ini tidak bisa sendirian. Pasti akan ada orang-orang luar biasa yang selalu membantu dan mendukung kita. Siapakah 3 orang itu? Jika sudah, berikan kepada mereka hadiah yang mengejutkan dan Anda akan semakin bersyukur dalam kehidupan ini.

Mengingat Misteri Kehidupan

Banyak sekali hikmah yang bisa kita ambil mengapa tidak ada seorang pun yang tahu kapan ajal akan menjemputnya. Ya, salah satunya dengan kita tidak mengetahui kapan kita akan mati maka sesungguhnya setiap hari dari diri kita diharapkan bisa dimanfaatkan dengan baik.

“Sudahkah Anda bersyukur atas waktu yang Anda miliki saat ini? Sadarkah waktu yang sudah lewat tidak bisa kembali lagi? Dengan apa Anda mensyukuri waktu yang telah Anda gunakan?”

Itulah beberapa cara sederhana meningkatkan rasa syukur dalam hidup kita. Rasa syukur bukan berarti puas dengan capaian yang kita dapatkan, namun rasa syukur yang dimaksud adalah menerima semua yang dimiliki, berterima kasih, dan menggunakannya dengan antusiasi untuk terus menciptakan pribadi yang lebih baik.

Semoga tulisan ini bermanfaat. Apa komentar Anda?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar tips bisnis, pemasaran, dan motivasi bisnis di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!