Uncategorized

Membedakan Interest dengan Passion

Written by Arry Rahmawan

Setiap weekend, saya biasa menyempatkan diri untuk pulang ke rumah di Bogor bersilaturahim dengan keluarga. Maklum, karena kantor kerja saya di Depok jadi saya memutuskan untuk kost. Sesaat setelah sampai di rumah, tiba – tiba ada sebuah pesan masuk dari Mas Andra Donatta, “Mas Arry, Senin bisa ketemu? Saya ingin diajari install Windows di Macbook Air saya.”

Saya dengan senang hati menjawab, “Siap!”. Perlu diketahui bahwa Mas Andra merupakan salah satu Master Trainer dalam Program Young Trainer Academy yang saya inisiasi. Beliau merupakan seorang trainer expert yang sudah malang melintang dalam dunia training

Senin kita bertemu dan kemudian saya bawa perlengkapan tools dan software yang saya miliki untuk melakukan instalasi Windows di Macbook Air Mas Andra yang baru. Sambil menunggu instalasi, banyak hal yang saya pelajari dari beliau. Salah satunya adalah membedakan interest dan passion.

Wah, apa itu ya bedanya?

Membedakan Interest dengan Passion

Ketika saya asyik mengutak – atik macbook Mas Andra, beliau cerita bahwa sebenarnya dia sangat suka dengan dunia IT dan gadget. Hal ini dia tunjukkan saat saya melakukan beberapa tahap instalasi di mana beliau benar – benar memperhatikan apa yang saya lakukan. Biasanya, untuk orang sekelas beliau apabila ada instalasi – instalasi rumit semacam ini tinggal menunggu dan terima jadi saja.

“Gue itu suka banget sama yang namanya IT dan gadget – gadget ini, kenapa ya ga gue jadiin profesi aja? Dulu, gue sempet kepikiran begitu, kayaknya ini passion gue.”

Wah, perbincangan menjadi menarik nih.

“Tapi ternyata saya tahu ada perbedaan signifikan atas apa yang namanya hanya sekedar interest dengan passion

Beliau juga menanyakan hal yang sama kepada saya. Saya yang menurut dia sangat mahir dalam dunia IT dan teknologi, mengapa justru tidak berprofesi di bidang tersebut? Bahkan malah masuk ke jurusan yang tidak berbau dengan IT?

Ternyata jawabannya ada di interest dan passion

Kita perlu membedakan mana yang merupakan interest dan mana yang merupakan passion, walaupun sebenarnya keduanya merupakan dua hal yang kita sukai.

Interest adalah sebuah hal atau bidang di mana kita sangat tertarik, namun itu hanya sebatas kesukaan saja. Interest tidak menjadikan kita tergila – gila hingga mempelajari semua hal tentang hal tersebut, dan seringkali tidak memberikan makna apapun ketika kita melakukannya.

Sementara passion memiliki makna yang lebih dalam. Orang yang memiliki passion bukan hanya tertarik di bidang tersebut, namun dia merasa bermakna apabila melakukannya. Dia merasa berdaya apabila melakukan hal tersebut, yang membuatnya rela menghabiskan waktu berjam – jam di bidang itu.

Mana yang kemudian layak dijadikan profesi? Tentu saja adalah passion. Walaupun saya dan mas Andra sama – sama suka di IT, namun passion kita berdua adalah di bidang people empowerment. Makanya saya memutuskan untuk belajar menjadi entrepreneur di Teknik Industri agar bisa membangun sebuah lembaga yang mampu mengeluarkan potensi terbaik dalam diri setiap orang. Profesi yang saya pilih pun kemudian menjadi seorang learning innovator yang mendesain berbagai macam pelatihan serta infrastruktur pembelajaran inovatif, trainer,sekaligus juga seorang penulis.

Maka, hati – hati apabila kita ingin menjadikan sebuah interest menjadi profesi. Pastikan hal tersebut bisa menggerakkan diri kita dengan lebih dalam. Tidak hanya karena kita menyukai suatu hal, maka kemudian hal tersebut cocok dijadikan profesi.

Bagaimana menurut Anda? Ingin berkomunikasi dengan saya?

Arry Rahmawan, ST, MT
Learning Innovator | Trainer | Writer
Twitter: @ArryRahmawan | Email: contact@arryrahmawan.net | IG: arryrahmawan | PIN: 25A97FAF
Mengundang sebagai pembicara: Hubungi Hotline CerdasMulia Training Center (0878-8935-5022)

—————-

Jika menurut Anda tulisan ini bermanfaat, maka SAYA JAMIN Anda akan mendapatkan manfaat lebih lewat Twitter dan BBM saya . Silakan Follow @ArryRahmawan atau Invite PIN BB saya di 25A97FAF.

—————-

Ribuan orang telah saya latih untuk mendapatkan hidup yang lebih baik. Kontak  CerdasMulia Training and Coaching (0878-8935-5022) sekarang juga untuk mengundang saya memberikan pelatihan di tempat Anda.

** Anda bisa mendapatkan buku Best Seller saya, STUDENTPRENEUR GUIDEBOOK dengan harga Jauh lebih Murah dan Jauh lebih Mudah. Caranya beli langsung di Google Play, atau di Toko Buku Online. Anda juga bisa mendapatkannya langsung di Toko Buku Besar terdekat di kota Anda.

—————-

Tidak ingin ketinggalan tulisan menarik d blog ini? Masukkan alamat Email Anda sekarang, GRATIS!
[yks-mailchimp-list id=”39312964e3″ submit_text=”Berlangganan”]

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah seorang pembelajar dan juga praktisi pendidikan. Arry merupakan dosen tetap di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Saat ini Arry sedang menjalankan tugas belajar dengan melanjutkan studi doktoral di Faculty of Technology, Policy, and Management, Technishce Universiteit Delft, Belanda. Bidang yang ditekuninya saat ini adalah metode pemodelan dan simulasi sistem untuk pengambilan keputusan di bidang transportasi, khususnya transportasi laut.

Di sela-sela kesibukannya, Arry senang berbagi pemikiran seputar pendidikan dan pengembangan diri melalui blognya di arryrahmwan.net, Youtube Channel, dan juga sebagai trainer di CerdasMulia Institute.

Arry berpengalaman sebagai narasumber di berbagai macam instansi pemerintah, kementerian, BUMN, dan institusi pendidikan. Apabila berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)gmail.com.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!