Uncategorized

Membuat Tulisan Berkualitas untuk Blog dalam Waktu 20 Menit

MENULIS artikel atau posting berkualitas di blog dalam waktu 20 menit? Kenapa tidak? Menjadi seorang blogger salah satu tantangan terbesar adalah bagaimana dapat menulis dengan konsisten. Banyak sekali blogger (termasuk saya dulu) sangat bersemangat di awal pembuatan blog, namun lama kelamaan merasa malas untuk update.

Malas untuk update ini salah satunya dipengaruhi dari tersitanya waktu untuk menulis tulisan yang ‘asli’. Maka dari itu banyak yang memilih untuk melakukan copy-paste terhadap isi suatu blog agar setidaknya blog itu tidak kosong.

Padahal, untuk menulis artikel yang menarik itu bisa dilakukan hanya dalam waktu 20 menit. Saya menyebutnya Quick Post. Penasaran bagaimana cara membuatnya?

1. Ambil Topik Sederhana Namun Banyak Dicari Orang

Panjang pendek tulisan ditentukan dari seberapa kompleks isu atau topik yang ingin dibahas. Cukuplah ambil topik sederhana, atau bisa juga membuat tulisan tutorial sederhana namun itu banyak dicari orang. Sebagai contoh adalah tulisan ini. Topiknya sederhana, bukan? Atau bisa juga seperti ini, “5 makanan yang dapat membuat Anda panjang umur.” Its simple, tapi banyak orang yang ingin tahu. Ga setiap yang sederhana itu buruk, begitu pula ga setiap topik yang kompleks itu baik, hehe.

2. Mengembangkan Kerangka

Sebelum menulis di blog, kembangkan dulu kerangka di selembar kertas. Ambil kertas, kembangkan 2 – 5 kerangka untuk dikembangkan, Tidak perlu banyak-banyak. Kalau kebanyakan bagaimana? Di split saja, dibuat jadi tulisan bersambung. Ada bagian pertama dan ada bagian kedua.

3. Batasi Kata!

Saking enaknya menulis di blog kadang kita ‘lupa daratan’, hehe. Untuk bisa menulis 20 menit atau kurang, cukup batasi kata yang digunakan. Di WordPress, sudah tercantum word counter sehingga tidak perlu dihitung manual. Saya biasanya membatasi kata maksimal dalam satu posting sebanyak 500 kata yang sifatnya Quick Post.

4. Manfaatkan Video, Gambar, PodCast, dan Lainnya

Isi dari sebuah blog tidak melulu mengenai tulisan. Bisa juga kita menambahkan video, gambar, dan lainnya. Berikanlah sedikit kata pembuka, ulasan umum, kemudian biarlah selanjutnya video atau gambar yang berbicara. Ini dapat membuat menulis di blog menjadi lebih cepat dan efektif.

5. Berlatih, Berlatih, dan Berlatih

Saya sengaja menyisihkan waktu berlatih secara khusus untuk bisa menguasai Quick Post ini. Saya jadi teringat dulu setiap menulis di blog minimal saya membutuhkan waktu 2 jam! Saya memprogramkan ada 2 macam artikel: artikel yang harus saya tulis komprehensif dan ada juga yang bersifat QuickPost. Saya kemudian berlatih, berlatih, dan berlatih. Awalnya 40 menit (saya hitung pakai timer), kemudian 30 menit, sekarang bisa sampai 10-15 menit untuk QuickPost. Saya perlu waktu sekitar 3 bulan. Artikel komprehensif bisa lebih lama dari itu, contohnya Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia

6. Kurang Sempurna? Update Saja!

Kadang ada yang bertanya, semakin cepat kita melaksanakan sesuatu semakin besar kemungkinan kita mengorbankan kualitas. Itu benar, tetapi tidak selalu. Toh jika memang terjadi ada suatu kesalahan dalam tulisan kita dan memang itu salah, kita tinggal melakukan update terhadap tulisan tersebut. Artikel yang ditulis dengan memakan banyak waktu pun tidak bisa dijamin sempurna, bukan?

Itulah 6 tips dari saya bagaimana kita bisa menuliskan artikel atau posting berkualitas di blog kita. Menulis itu tidak perlu banyak waktu kok. Jadi daripada memenuhi blog kita dengan artikel copas dari blog lain, mendingan kita bikin sendiri, bukan? hehe..

Bagaimana pendapat sahabat semuanya? Ada cara lain untuk bisa menulis berkualitas dalam waktu kurang dari 20 menit? Saya tunggu sharing nya.. 🙂

Ingin ngobrol lebih banyak dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen pengantar kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia. Selain itu, Arry juga merupakan staf ahli di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia sejak 2015 - 2019. Per akhir tahun 2019, Arry melanjutkan studi doktoral di Delft University of Technology (TU Delft), Belanda. Disela-sela kesibukannya sebagai peneliti, Arry juga memanfaatkan waktunya untuk menimba ilmu kewirausahaan dari Delft Centre for Entrepeneurship, inkubator kewirausahaan TU Delft.

Arry berpengalaman sebagai narasumber di berbagai macam instansi pemerintah, kementerian, BUMN, dan institusi pendidikan. Apabila berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)gmail.com.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!