Uncategorized

Memecahkan Masalah dengan Silaturahim

Suatu kali saya pernah mengalami kesulitan dalam bisnis. Usaha dan rencana yang sudah saya susun berantakan. Sebagai salah satu jasa penyedia layanan konsultasi dan bimbingan karakter, CerdasMulia pernah mendapatkan job untuk membuat training akbar dan kita dipercaya sebagai full event organizer nya. Namun apa daya, setelah semua tenaga dan modal keuangan dikeluarkan, ternyata acara dibatalkan sepihak karena suatu hal. Kerugian tidak terelakkan, hingga nyaris menguras habis kas usaha pada waktu itu.

Saya kemudian meminta nasihat dari banyak teman dan mentor-mentor saya di TDA. Kemudian beberapa dari mereka menyarankan saya untuk memperlebar jaringan silaturahim. Waktu itu saya ditanya seberapa besar jaringan yang saya miliki dalam bisnis, dan di saat itu juga saya sadar bahwa jaringan silaturahim saya masih sangat kecil. Lantas apakah memang memecahkan masalah dengan silaturahim ini manjur? Berikut kisahnya.

Awalnya saya berpikir bahwa saya hanya dilempar untuk bertanya kepada orang lain saja. Awalnya saya berpikir apakah saya harus mencari sendiri jawabannya. Sampai kemudian memang saya buktikan untuk mengikuti saran tersebut.

Saya mulai memperbanyak ikut seminar, berbicara dengan banyak kenalan-kenalan baru, lebih rajin untuk ikut-ikut acara di berbagai komunitas, sehingga kenalan pun semakin lama semakin banyak. Jangan lupa untuk membuat kartu nama karena hal itu sangat penting untuk mempermudah interaksi dan memperluas jaringan.

Ternyata memang benar, bahwa saya bertemu dengan banyak orang yang jauh lebih apes nasibnya dari saya. Intinya, ujian yang saya alami masih sangat kecil dibandingkan dengan ujian yang mereka hadapi. Tetapi percaya atau tidak, mereka sudah berhasil melewatinya dan kemudian saya pun dibagi tips dan trik bagaimana cara agar hal seperti yang saya ceritakan di awal tidak terulang. Mulai dari membuat kontrak, membuat pasal-pasal, hingga mengatur keuangan dengan lebih efisien.

Memperluas silaturahim adalah sebuah metode untuk memecahkan masalah-masalah bisnis pada umumnya. Salah satu cara yang paling cepat untuk memperbesar jaringan adalah dengan bergabung di komunitas kewirausahaan. Jika Anda masih mahasiswa, sama seperti saya maka saat ini sudah banyak berjamur komunitas-komunitas kewirausahaan khusus untuk mahasiswa. Salah satunya adalah Komunitas TDA Kampus. Bagi Anda yang ada di Semarang dapat bergabung di Komunitas TDA Kampus Semarang, dan bagi Anda yang ada di Jogja, silakan gabung ke Komunitas TDA Kampus Jogjakarta.

Jangan pernah remehkan kekuatan silaturahim, karena berawal dari banyak bersilaturahim inilah banyak pelajaran, peluang, serta solusi masalah yang didapat. Tidak hanya itu, kenalan kita pun akan semakin banyak. Nah, saran saya jangan hanya mencoba untuk memperluas, tetapi coba juga untuk memperdalam hubungan silaturahim ke setiap orang yang kita kenal. Agar kekuatan emosionalnya lebih terasa.

Bagaimana menurut Anda? Perlukah silaturahim itu?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

 

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!