Uncategorized

Memilih Diam Bukanlah Sebuah Pilihan

Guest Post: Tulisan ini ditulis oleh Wina Asterina. Mahasiswa Fakultas Teknik UI 2011. Wina merupakan Asisten Trainer di CerdasMulia Leadership and Training Center.

Setiap hari kita selalu menjalani kehidupan yang penuh dengan realitas, mungkin bagi saya dan teman-teman menjalani hidup sebagai pelajar yang sebagian besar kegiatannya seputar bangun, berangkat kuliah/sekolah, pulang ke rumah, mengerjakan tugas, selesai. Tanpa sadar ada banyak hal yang sebenarnya hilang dari kita setiap harinya. Teman-teman tau apa yang hilang? Sebenarnya jawabannya relatif tergantung bagaimana masing masing kita memandangnya. Kerutinan. Kerutinan yang bisa menjadi akar masalah. Satu hal yang (masih)membuat tanda tanya besar, dari pandangan saya sendiri sebenarnya ada dua sisi yang bisa kita ambil dari kegiatan yang bernama rutin ini, pengecualian untuk hal tertentu yang memang rutin(ex:makan,minum, mandi, dll), lain halnya dengan kegiatan yang bisa kita sebut melakukan itu-itu saja, berbeda bukan?

Berarti kegiatan rutin itu salah?

Tidak, sama sekali tidak, saya tidak mengatakan bahwa yang rutin itu tidak baik. Namun, disatu sisi saat kegiatan  yang kita lakukan Cuma sekitar melakukan hal yang biasa orang lain lakukan, nah itulah poin yang ingin saya tekankan. Contoh kecil, kita sebagai pelajar pasti dong punya tugas-tugas pelajaran yang jumlahnya pasti sama dengan yang teman kita miliki, nah jika kamu tidak mau disebut melakukan hal yang rutin, cobalah selingi menambah kegiatan tugas dengan melakukan kegiatan lain, ikut lomba lah, menulis di blog lah, atau apaun itu, intinya tdiak hanya mengerjakan tugas saja. Lakukan kegiatan yang lebih dari sekedar mengerjakan tugas.

Mengerjakan tugas saja sudah berat, apalagi menambah kegiatan lain???

Nah, distulah tantangannya. Bagaimana kita bisa menjadi lebih dari yang lain. Berat memang, apalagi menjalani untuk pertama kali, namun saat kita sudah belajat memulai, meskipun sedikit demi sedikit, saya angakt dua jempol deh yang mau melakukan kegiatan lain tersebut.;)

Dengan melakukan kegiatan lain, berarti kita sudah berhasil menerobos jaring yang bernama “rutin”, gak percaya, silahkan coba sendiri. Rasanya akan sangat berbeda, ketika tugas kita selesai bersama dengan teman-teman lain, namun pekerjaan kita selesai dengan ditambah menyelesaikan hasil karya lain.

Intinya out from your comfort zoneSaya sangat yakin, kita semua punya kemampuan ini. Kita semua bisa move on, karena kita dinamis. Pernah saya mendengar pernyataan yang mengatakan “Air saja jika dibiarkan tergenang akan menjadi keruh, berbau dan bisa menjadi sumber penyakit. Bagaimana manusia? Jika kita diam, hanya bergeming pada satu hal saja atau bahkan diam sama sekali, bagaimana jadinya? Dan teman-teman semua tau dong manusia apa yang kegiatannya hanya diam? Silahkan menjawab dengan jawaban masing-masing J

Selamat menjalani perubahan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!