Uncategorized

Mempersiapkan Blog untuk Pemasaran Bisnis

Membuat sebuah blog, saat ini bukan hanya sebagai sarana curhat dan penghilang kegalauan pribadi. Tetapi ternyata bisa jauh lebih dahsyat dari itu lho. Blog ternyata bisa juga menjadi sarana perkembangan bisnis yang efektif, efisien, dan juga murah meriah! Studi kasus mungkin dari yang dekat saja, yaitu blog ini. Tahukah Anda, di blog ini sebenarnya saya sedang memasarkan apa? Bukan sulap, bukan sihir tapi berawal dari blog inilah Training CerdasMulia banyak diminati dan mendapatkan order, dan menariknya follower di Twitter bahkan sudah mencapai 6000 orang lebih!

Lantas, apa saja ya hal-hal yang harus diperhatikan agar blog kita dapat menjadi sarana efektif dalam pengembangan dan pemasaran bisnis? Check it out!

1. Memilih Topik yang Spesifik (Niche)
Topik yang spesifik berarti ketika orang berkunjung ke blog Anda, maka mereka dapat menyimpulkan dengan satu kalimat apa yang sebenarnya dibahas dalam blog Anda. Itulah ciri bahwa blog Anda niche. Nah, jika memang ingin dibuat untuk memasarkan bisnis, maka buatlah topik blog yang sesuai. Sebagai contoh, jika Anda memiliki bisnis creative design, maka buatlah blog yang kreatif dan berisikan banyak hal tentang cara menumbuhkan kreativitas dalam desain. Jika Anda berbisnis madu, maka sesuaikanlah tema blog Anda dengan membuat blog yang benar-benar all about madu.

2. Memberi dulu Baru Menerima
Salah satu blogger dan panutan saya adalah Pak Jamil Azzaini. Beliau yang saya kenal adalah orang yang sangat murah hati, senang memberi, dan berbagi. Bahkan ketika berkunjung ke blog beliau di www.jamilazzaini.com, di sana kita akan tercengang karena orang sesibuk beliau mampu melakukan update artikel di blog setiap hari! Pelajarannya, jadi ketika Anda memutuskan sebuah blog Anda sebagai media pemasaran produk, selanjutnya Adalah bagaimana Anda memberikan dan menebar manfaat melalui blog itu. Dengan memberikan banyak manfaat, maka para pelanggan akan dengan senang hati membeli produk tanpa harus susah payah melakukan hard selling, karena sudah terbentuk kepercayaan terhadap brand Anda.

3. Sabar, Konsisten, Berbagi
Kebanyakan dari pengusaha dan blogger pemula adalah terlalu fokus pada hasil sampai lupa bahwa mereka harus melalui dahsyatnya proses yang harus mereka tempuh. Kesabaran adalah hal utama yang harus diperhatikan dalam blogging. Bukan untuk membuatnya, tetapi untuk merawatnya. Merawatnya berarti Anda harus siap untuk konsisten menulis dan berbaginya kepada pembaca Anda. Karena lupa akan pentingnya proses ini, banyak sekali blog-blog bisnis yang mati. Tidak terurus, dan akhirnya tidak bisa digunakan untuk pemasaran bisnis. Hanya karena tidak mau sedikit usaha lebih keras dan konsisten.

4. Pelajari Blog-Blog dengan Tema Sejenis
Yakinlah blog niche apapun yang Anda pilih saat ini pasti sudah ada pendahulunya. Tugas kita selanjutnya adalah mempelajari blog-blog dengan tema sejenis yang memasarkan produk yang mungkin (hampir) sama dengan produk kita. Dari situ kita bisa belajar dari gaya artikelnya, gaya tulisannya, menu apa yang seharusnya dibuat dan dikurangi, hingga strategi-strategi pemasaran blog itu sendiri.

5. Follow Blog-Blog Terbaik di Bidang Anda
Salah satu kemajuan pesat informasi saat ini adalah kita dapat dengan mudah melakukan following terhadap blog-blog terbaik di bidang yang sesuai dengan bidang Anda. Apakah gunanya following blog-blog terbaik ini? Manfaatnya sangat besar, terutama kita akan langsung mendapatkan notification alert di setiap postingan baru yang ada. Sehingga kita dapat dengan mudah mengikuti perkembangan bisnis dan membuat tulisan yang selalu up-to-date.


Itulah 5 hal fundamental yang bisa Anda coba untuk membuat blog yang khusus untuk pemasaran bisnis. Ingat, pemasaran bisnis bukan hanya masalah hard selling, yang semuanya serba menjual. Tetapi bagaimana Anda memberikan dan menawarkan manfaat terlebih dahulu di blog Anda baru setelah itu Anda mendapatkan manfaat dari customer atau pelanggan yang setia membaca artikel di blog Anda. Dampaknya? Anda tidak perlu capek menjual, karena pelanggan datang sendiri ke tempat Anda. Itu diawali hanya dari sebuah blog.

Arry Rahmawan, adalah Inspirator CerdasMulia,  Direktur Penerbit Granada, wakil ketua Center for Entrepreneurship Development and Studies Universitas Indonesia, sekaligus praktisi pengembangan SDM. Telah mengantongi ribuan jam terbang sebagai pembicara, motivator, dan konsultan khususnya untuk pelajar dan mahasiswa. Direktur Pengembangan Bisnis Permata CerdasMulia Indonesia ini dapat dihubungi via email di arry.rahmawan@gmail.com atau follow twitternya di @ArryRahmawan

Dipersilahkan untuk menyebarkan tulisan ini dalam bentuk apa pun, asalkan tetap menjaga kode etik dengan mencantumkan Arry Rahmawan sebagai penulisnya dan Blog Kak Arry sebagai sumbernya  

About the author

Arry Rahmawan Destyanto

Arry Rahmawan adalah seorang yang memiliki cita - cita sebagai guru bagi pemimpin masa depan Indonesia. Saat ini berkarya sebagai dosen di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia yang sedang melaksanakan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda.

Selain beraktivitas sebagai pengajar tetap di UI dan peneliti di TU Delft, Arry juga mengisi hari-harinya dengan menjadi narasumber di berbagai instansi pemerintah, BUMN, swasta, lembaga pendidikan, serta lembaga non-profit terkait seputar pengembangan diri dan tulisan - tulisan yang ada di blog ini.

Untuk menghubunginya, silakan kontak melalui direct message LinkedIn atau Instagram

Leave a Comment