Uncategorized

Memulai Berlatih Menulis

Written by Arry Rahmawan

Penulis itu ibarat seorang atlit olahraga. Kita mungkin sangat kagum dengan seorang Michael Jordan yang sangat jago bermain basket, Christiano Ronaldo yang sangat piawai memainkan bola, atau Tiger Woods yang tidak tertandingi bermain golfnya, hingga Taufik Hidayat yang mampu mengangkat derajat Indonesia dalam persilatan bulutangkis. Jika kita memiliki ketertarikan dalam olahraga tersebut, tentu kita ingin sekali menjadi mereka dan seperti mereka.

Namun coba dilihat bagaimana proses yang mereka lalui untuk bisa menjadi seperti itu. Coba cek berapa waktu latihan yang telah mereka habiskan. Anggaplah misalnya mereka menghabiskan waktu berlatih secara konsisten 2 jam per harinya. Dalam 2 tahun, otomatis mereka telah menghabiskan kurang lebih 680 – 700 jam lamanya. Namun saya yakin, mereka menghabiskan waktu jauh lebih banyak dari ini. Dalam buku outliers, untuk menjadi seperti mereka minimal telah menjalani latihan terstruktur minimal 10.000 jam.

Persis sama dengan menulis, latihan yang konsisten akan membentuk kita sedikit demi sedikit menjadi penulis yang lebih baik. Banyak sekali pembaca blog ini yang meminta saran, bagaimana agar seseorang bisa menulis dengan baik? Atau minimal bisa menghasilkan tulisan-tulisan seperti yang saya lakukan. Justru saya bertanya kembali, berapa jam yang telah Anda habiskan per pekan untuk berlatih menulis?

Berlatihlah menulis jika memang Anda ingin atau terinspirasi untuk menjadi seorang penulis. Luangkan waktu sekitar 2 jam per harinya untuk membuat catatan atau menuliskan sesuatu yang bermanfaat dan ingin Anda bagi. Seorang atlit yang hebat menghabiskan puluhan ribu jam untuk berlatih. Sama juga dengan penulis-penulis hebat, mereka menghabiskan puluhan ribu jam untuk menulis.

Salah dan tulisan yang jelek bukan alasan. Toh sangat banyak penulis besar yang naskahnya ditolak dan ditertawakan. Paling penting adalah tuliskan dulu! Setelah tulisan jadi, minta saran kerabat yang lebih berpengalaman terhadap tulisan kita, baru kemudian setelah habit menulis itu terbentuk, silakan mempelajari berbagai seluk-beluk teori dan ilmu pengetahuan tentang menulis.

Bagaimana menurut Anda? Siapkah menghabiskan waktu secara rutin untuk menulis?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar bisnis dan pengembangan diri di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!