Selamat Datang di Blog ArryRahmawan.net

Apakah Anda menemukan blog ini saat mencari kata kunci tertentu di Google?

Apakah ini pertama kalinya Anda ke blog ini?

Apakah Anda merasa bahwa blog ini sangat random dan bingung ingin mulai eksplorasi darimana?

Panduan berikut ini akan memandu Anda secara singkat bagaimana cara mengoptimalkan konten yang ada di Blog ini. Saya akan menceritakan sedikit sejarah dari blog ini, lalu apa saja konten yang dibahas untuk bisa Anda ambil pelajaran di dalamnya.

Sejarah Blog ArryRahmawan.net

Blog arryrahmawan.net adalah blog personal dari Arry Rahmawan yang dimulai pada tahun 2011. Untuk mengenal lebih dekat siapa Arry Rahmawan, silakan kunjungi halaman berikut ini. Awalnya, blog ini beralamat di http://coretan-rahmawan.blogspot.com, lalu pada tahun 2012 berubah menjadi http://arryrahmawan.net. Blog tersebut merupakan media menyalurkan hobi menulis saya sejak saya mahasiswa tahun kedua di Universitas Indonesia. Pada awal mula berdirinya, saya banyak menulis artikel pengembangan diri di blog tersebut. Beberapa topik yang paling populer pada masa itu yang saya tuliskan adalah tentang bagaimana mencari passion, menemukan arah hidup, merencanakan hidup, dan bagaimana memanfaatkan waktu yang kita miliki dengan baik (produktivitas).

Seiring berjalannya waktu dan pengalaman hidup saya yang cukup ‘berwarna’, saya menjadikan blog ini sebagai ‘diary’ untuk berbagi pelajaran dari pengalaman hidup yang saya miliki. Mulai dari fase saya masih menjadi mahasiswa S1, S2, menjadi entrepreneur, menjadi dosen, menjadi trainer, hingga saat ini beraktivitas sebagai mahasiswa S3, saya menggunakan blog ini sebagai sarana berbagi sedikit inspirasi yang saya dapatkan di kehidupan saya. Jadi, harap maklum ya kalau topik di dalam blog ini kesannya random banget. Ya, karena juga fase hidup saya yang unik dan cukup berwarna. Dari yang awalnya blog ini membahas tentang pengembangan diri saja, akhirnya semakin banyak tulisan dengan topik – topik lainnya.

Motivasi saya menulis pun berangsur berubah. Dari yang tadinya menulis untuk menyalurkan hobi, sekarang saya menulis untuk beribadah. Menurut saya, dalam setiap pengalaman hidup seseorang, terdapat sebuah tulisan atau cerita yang bisa dipetik pelajaran oleh orang lain. Inilah yang memotivasi saya untuk terus menulis hingga sekarang. Setidaknya walaupun apa yang saya bagikan ini ‘kecil’ bentuknya, namun saya ingin bisa memberikan kontribusi yang konkrit kepada masyarakat. Paling tidak sebelum saya wafat.

Alhamdulillah, hingga saat ini blog arryrahmawan.net masih aktif dan terus berkembang. Dari yang awalnya pengunjung blog ‘hanya’ 10 orang setiap bulan, hingga saat ini  sudah dikunjungi oleh hampir 30.000 orang per harinya.

Lalu, apa saja topik yang bahasan yang bisa Anda temukan di blog ini? Karena artikel yang saya tulis begitu beragam, maka saya akan membuat sebuah panduan sederhana agar Anda mudah mengeksplorasi apa saja yang ada di blog ini.

Topik – Topik yang Saya Publikasikan di ArryRahmawan.Net

Topik konten di blog ini secara garis besar berisikan tips, trik, tutorial, atau panduan yang terdiri dari 3 kategori utama:

  • AKADEMIK

Topik “Akademik” membahas segala macam tips, trik, pengalaman, atau pelajaran yang sekiranya bermanfaat untuk diterapkan dalam dunia akademik. Sebagai contoh, salah satu topik yang dibahas adalah bagaimana cara menumbuhkan minat baca. Dalam dunia akademik, seringkali kita diminta untuk banyak membaca buku, catatan, jurnal, dan lain sebagainya. Namun, kita tidak pernah diajarkan bagaimana cara membaca efektif. Nah, bagian “Akademik” salah satunya membahas tentang hal tersebut.

Topik ini kebanyakan saya tulis dalam kapasitas saya sebagai praktisi dalam dunia akademik, seperti saat menjadi mahasiswa, dosen, dan peneliti. Audience yang paling cocok mendapatkan manfaat dari topik AKADEMIK tentu saja yang berkecimpung di bidang akademik. Ada 6 sub-topik yang bisa Anda temukan dalam cakupan “AKADEMIK”, yaitu:

  1. My Journey – Berisikan cerita tentang perjalanan hidup saya di bidang akademik. Baik itu pada saat menjadi mahasiswa, dosen, dan peneliti
  2. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) – Berisikan tips dan trik untuk mengoptimalkan proses belajar dan juga mengajar
  3. Menulis Ilmiah – Berisikan tips dan trik untuk meningkatkan kapasitas menulis ilmiah dan juga mempublikasikannya di jurnal nasional/internasional
  4. Tugas Akhir – Berisikan tips dan trik untuk mahasiswa tingkat akhir agar dapat menyelesaikan tugas akhir dan lulus dengan baik
  5. Pasca Kampus – Berisikan tips dan trik untuk mahasiswa yang baru lulus agar lebih siap menghadapi dunia pasca kampus
  6. Beasiswa – Berisikan tips dan trik untuk mendapatkan beasiswa kuliah di Luar Negeri.
  • KEWIRAUSAHAAN DAN BISNIS

Topik “Kewirausahaan dan Bisnis” membahas berbagai pengalaman, tips, dan trik ketika saya menjadi pelaku bisnis di tahun 2012 – 2015. Tips kewirausahaan dan bisnis yang saya bagikan juga berasal dari materi mentoring bisnis yang saya dapatkan di Komunitas Bisnis Tangan di Atas (Saya adalah ketua TDA Kampus nasional tahun 2013 – 2015). Selain itu, topik ini juga membahas beberapa hal ilmiah seputar pengembangan bisnis sebagai materi pelengkap dari mata kuliah “Pengantar Kewirausahaan Teknologi” yang saya ampu di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia. Pembaca yang cocok untuk topik ini adalah Anda yang tertarik untuk mengenal dunia kewirausahaan, atau praktisi kewirausahaan yang saat ini ingin menumbuhkan performa bisnisnya.

Ada 7 sub-topik yang bisa Anda temukan di bagian ini, yaitu:

  1. Perencanaan Bisnis (Planning) – Berisikan tips dan trik perencanaan bisnis bagi Anda yang baru ingin memulai berwirausaha
  2. Memulai Bisnis (Starting) – Berisikan tips dan trik mengeksekusi ide bisnis yang sudah Anda buat
  3. Menumbuhkan Bisnis (Growing) – Berisikan tips dan trik untuk menumbuhkan omzet atau profit bisnis yang sudah Anda jalankan
  4.  Mengelola Bisnis (Management) – Berisikan tips dan trik untuk mengelola bisnis secara teratur, terstruktur, dan legal secara hukum
  5. Ekspansi Bisnis (Expansion) – Berisikan tips dan trik untuk menggandakan atau mengekspansi bisnis agar memiliki jangkauan yang lebih luas
  6. Resiliensi Bisnis (Resilience) – Berisikan tips dan trik untuk pelaku bisnis bagaimana cara bounce-back saat bisnis dihantam krisis
  7. Business Toolbox – Berisikan tutorial penggunaan model atau alat bantu dalam merumuskan strategi bisnis
  • PENGEMBANGAN DIRI

Topik “Pengembangan Diri” membahas tentang pengalaman, tips, dan trik yang berasal dari pengalaman hidup atau buku – buku menarik yang saya baca. Selain itu, topik pengembangan diri ini juga saya intisarikan dari berbagai macam hasil riset yang saya lakukan saat masih aktif sebagai trainer pengembangan diri pada tahun 2013 – 2018. Materi pengembangan diri ini diharapkan bisa bermanfaat untuk para mahasiswa atau pembaca umum yang sedang mencari pencerahan untuk mengembangkan kapasitas diri. Bagian pengembangan diri ini juga banyak membicarakan tentang soft-skill.

Ada beberapa sub-topik yang bisa Anda pelajari di bagian ini, yaitu:

  1. Mengenal Diri – Berisikan tips dan trik untuk mengenal potensi diri, termasuk apa kekuatan, kelemahan, atau passion yang dimiliki.
  2. Merencanakan Hidup – Berisikan tips dan trik untuk merencanakan hidup secara jelas dan terstruktur
  3. Keterampilan Komunikasi – Berisikan tips dan trik untuk melatih keterampilan komunikasi, baik secara lisan maupun tulisan
  4. Produktivitas Hidup – Berisikan tips dan trik untuk mengatur waktu dengan lebih bijaksana dan meningkatkan produktivitas hidup

Jangan Lupa Untuk Mendownload Ebook Gratis dari Saya

Di blog ini, saya sudah menyiapkan ebook gratis yang bisa Anda download tentang mengatur waktu, yang berjudul SimplyProductive! Silakan Anda download ebook tersebut melalui tautan berikut ini. Saya juga memiliki Klub Pengembangan Diri di Facebook yang saat ini sudah memiliki 5,000 member. Saya banyak membagikan tips pengembangan diri di grup tersebut. Untuk join silakan kunjungi tautan berikut ini.

Disclaimer

Semua tips yang ada di blog ini berisikan gagasan yang jika terapkan, hasilnya kemungkinan akan berbeda untuk setiap orang karena memiliki konteks waktu, tempat, dan kondisi yang berbeda dengan diri saya. Namun saya percaya bahwa kerja keras tidak akan mengkhianati hasil yang kita dapatkan. Saya terbuka jika ada hal yang ingin didiskusikan, silakan bisa sampaikan melalui kotak komentar yang ada di bawah artikel yang saya tuliskan.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Salam,
Arry Rahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

1 Comment

  • Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Maaf Pak izin bertanya sebagaiamana yang ada di E-book bapak terkait perintah untuk bisa selalu mengikuti blog bapak apabila ada update Tan terbaru agar saya dapat mengetahuinya. Untuk memasukkan email di kolom newlatter itu dimana ya Pak. Maaf karena saya blm terlalu faham dengan penggunaan blog Pak.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!