Uncategorized

Mengenal Kaidah 10.000 Jam

BAGAIMANA cara mudah untuk meraih kesuksesan? Sering sekali banyak pertanyaan tentang bagaimana meraih kesuksesan dengan cara yang mudah di saat saya membawakan seminar dan training. Ada juga yang bertanya, sebenarnya untuk meraih kesuksesan itu mana yang lebih penting, bakat atau latihan?

Seringkali karena kita iri terhadap kesuksesan orang lain kita sering menganggap bahwa kesuksesan seseorang itu ditentukan dari lahir dan memang sudah bakatnya. Saya ingin berbagi tentang dua paragraf yang saya temukan di buku outliers, yang ditulis oleh Malcolm Gladwell. Buku ini sudah masuk dalam daftar international best seller.

“Kesuksesan adalah bakat ditambah latihan. Masalahnya dalam penelitian psikolog saat ini terhadap peran bakat terhadap pengembangan karier, justru semakin kecil peranan bakat bawaan dan semakin besar peran dari sebuah latihan.”

“Gambaran yang muncul dari penelitian ini adalah perlunya latihan selama 10.000 jam untuk memperoleh keahlian yang dibutuhkan demi menjadi ahli kelas dunia – dalam hal apapun.” – Tulis ahli saraf Daniel Levitin. “Dalam berbagai penelitian terhadap komponis, pemain basket, ski, musikus, pianis konser, pemain catur, dan apapun pekerjaan Anda, angka inilah yang selalu muncul berulang kali. Belum ada yang menemukan seseorang menjadi kelas dunia dengan waktu latihan yang sedikit. Sepertinya otak memerlukan waktu selama itu untuk menyerap seluruh informasi yang dibutuhkan untuk menjadi seorang ahli dalam bidang tersebut.”

Menarik mengetahui bahwa memang sebenarnya setiap manusia memiliki kecerdasan genetik yang unik sendiri-sendiri. Jika ditambah dengan latihan 10.000 jam dan sesuai dengan kecerdasan genetik yang kita miliki, bisa jadi 10.000 jam ini lebih cepat kita tempuh. Nah, jika ingin sukses, menjadi seorang expert, terlihat di sana bahwa tidak ada jalan pintas.

Jika kita menentukan ingin menjadi penulis atau pebisnis, misalnya dan belajar satu jam per hari maka memerlukan waktu 10.000 hari dan akan menghabiskan waktu 27 tahun. Jika mengalokasikan 3 jam per hari, maka akan menjadi seorang ahli selama 10 tahun. Ingat di sini bahwa kita harus fokus terhadap apa yang ingin kita tingkatkan.

Latihan pun bukan sembarang latihan, tetapi deliberate practice, sebuah latihan yang disusun dengan peningkatan demi peningkatan, sehingga 10 tahun yang ditempuh bukanlah pengalaman satu tahun yang diulang 9 tahun berikutnya.

Jadi, jika memang kita ingin benar-benar menjadi seorang ahli untuk menjadi sukses pasti ada yang harus ditempuh. Tidak ada sukses yang diambil melewati jalan pintas. Seandainya pun ada, tidak tahan lama.

Saya jadi merenung jika kemudian saya mencoba untuk menulis artikel di blog setiap hari selama 1 jam, berapa waktu yang saya perlukan untuk menjadi seorang expert?

Bagaimana menurut sahabat semuanya?

Ingin berkomunikasi lebih lanjut dengan saya? Silakan follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!