Uncategorized

Mencari dan Mengikat Inspirasi

“HUH! Susah banget nih, ide lagi ga ngalir. Ga ada inspirasi!” Sering sekali biasanya kita mengalami hal tersebut. Ada sebuah momen di mana kita sedang butuh banget yang namanya inspirasi, tetapi entah kenapa sepertinya inspirasi itu tidak mau keluar. Entah mungkin kita sedang dapat tugas untuk menulis, menggambar, atau melakukan kegiatan kreatif lainnya. Mencari dan mengikat inspirasi menjadi sesuatu yang sangat sulit.

Bagaimana sih agar kita bisa selalu mendapatkan inspirasi yang mengalir tanpa henti? Bisakah kita mendapatkan inspirasi yang sedang kita cari?

Cari Tempat yang Tepat Untuk Mencari Inspirasi

Di manakah tempat kita biasanya menemukan inspirasi tanpa disengaja? Coba cari tahu. Mungkin suatu saat kita pernah jalan-jalan ke suatu tempat dan tanpa terasa kita jadi mendapatkan inspirasi akan banyak hal? Saya sendiri seringkali mendapatkan inspirasi untuk menulis saat sedang relax di sebuah kafe dekat kosan saya sambil makan kentang goreng, hehe.. Tempat yang nyaman dan rileks itu kadang memang benar-benar membuat kreativitas menjadi mengalir. Setuju?

Jadi, di mana tempat yang tepat bagi Anda untuk mencari inspirasi?

Cari Waktu yang Tepat untuk Mencari Inspirasi

Sekarang kita membahas tentang kapan waktu yang tepat. Kapan waktunya? Pagi hari setelah bangun tidur? Siang hari pada saat istirahat kerja, atau menjelang malam sambil menikmati musik kesukaan Anda? Siapkan waktu khusus untuk melakukan brainstorming agar dapat menghasilkan ide-ide brilian dari kepala Anda. Mau pagi, siang, sore, atau malam, itu tidak masalah!

Belajar dan Amati Sekitar untuk Menambah Inspirasi Anda

Masih kurang mendapatkan inspirasi yang diinginkan? Anda bisa melihat-lihat lingkungan sekitar, membaca buku, menonton film, berdiskusi dengan teman, jalan-jalan ke suatu tempat yang belum pernah Anda kunjungi. Buanyaaaak sekali hal yang bisa dilakukan jika Anda memang niat untuk mencari inspirasi-inspirasi baru. Cobalah amati sekitar dengan lebih mendalam. Rasakan feel nya.

Ikatlah Inspirasi Anda dengan Menuliskannya

Saya benar-benar merasakan manfaat mencatat dan menulis dalam ‘mengikat’ inspirasi atau gagasan-gagasan baru yang melintas di kepala. Banyak sekali orang yang kehilangan gagasan brilian karena lupa dan tidak mencatatanya. Parahnya kemudian gagasan itu ditemukan orang lain dan Anda bisa memperkirakan sendiri apa yang terjadi. So, siapkan buku notes kecil atau smartphone Anda. Perkuat dengan aplikasi pencatat ide-ide kreatif yang terlintas, dengan begitu inspirasi dan gagasan yang Anda temukan tidak hilang begitu saja dengan mudahnya.

Anda bisa juga membaca bagaimana cara menumbuhkan kreativitas Anda.

Bagaimana Anda menemukan inspirasi Anda? Perlukah mengikatnya?

Ingin berkomunikasi lebih lanjut dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author