Uncategorized

Mengikat Makna

Dalam menjalani kehidupan umumnya orang mendambakan weekend yang lebih sedikit lebih lama dan sedikit mengeluh saat ternyata jatah libur terasa cepat sekali habisnya.

“Senin lagi, senin lagi…”

“Yah, libur udah sebentar lagi, besok udah masuk lagi deh…”

Hidup ini rasanya seperti terprogram untuk menjalankan rutinitas saja. Kita harus masuk kantor pagi-pagi, jam 6 sudah berangkat dari rumah, jam 9 malam baru sampai rumah lagi (maklum, macet Jakarta). Bagi yang kuliah, masuk kelas, mengerjakan tugas, mengerjakan ujian, pulang. Bagi yang sedikit aktif, ada rutinitas menghadiri rapat-rapat organisasi. Setelah kuliah tidak langsung pulang, tetapi ada rapat dulu atau aktivitas organisasi yang perlu dihadiri.

Kita berusaha untuk berbuat yang terbaik di setiap aktivitas kita, namun apakah hidup hanya sekedar rutinitas? Tanpa terasa kemudian waktu semakin lama semakin menipis dan saat kita sadar waktu sudah habis, tidak ubahnya kita seperti robot yang benar-benar terprogram untuk melakukan rutinitas itu hingga mesinnya pun menjadi rusak.

Beruntunglah kita manusia, yang bisa MENGIKAT MAKNA terhadap sesuatu yang sedang kita kerjakan. Berbagai rutinitas yang sedemikian banyak dan kadang membuat kita menjadi tertekan pun bisa menjadi sangat cair apabila kita bisa mengikat makna, terkait apa yang sedang kita lakukan sekarang ini.

Makna dalam kehidupan akan sangat tergantung dari apa tujuan hidup Anda. Bagi saya, makna kehidupan adalah sebuah pengabdian dan pemberian manfaat bagi orang banyak. Oleh karena itu, saya selalu mencoba untuk bisa memberikan manfaat sebanyak-banyaknya dalam kehidupan saya.

Saat kita tahu bahwa dalam setiap aktivitas kita perlu mengikat makna, maka dalam beraktivitas pun kita akan berusaha meninggalkan pesan-pesan yang bermakna untuk alam semesta. Jika kita saat ini sedang berkarir atau bekerja, setiap langkah kaki yang kita jalani bisa menjadi sangat menyenangkan saat kita tahu bahwa inilah langkah-langkah untuk bisa memberi manfaat kepada klien dan juga menghidupi keluarga kita, sebuah makna hidup yang sangat luar biasa.

Saat kita sekarang ini menjadi mahasiswa atau pelajar, mengikat makna yang tepat dapat menyadarkan kita bahwa saat ini kita sedang terpilih menjadi pemuda yang  bisa menjadi pemimpin-pemimpin terbaik bangsa ini di masa yang akan datang. Sekolah, bukan hanya kegiatan datang, duduk di kelas, lalu pulang lagi. Namun dengan sekolah, kita bisa belajar bagaimana bersikap dan berperilaku, memimpin, mengatur waktu, berdisiplin dan tentu bagaimana belajar caranya belajar, untuk membuat Indonesia nantinya menjadi lebih baik.

Seorang tukang bangunan yang mampu mengikat makna, tidak hanya melihat aktivitasnya saat ini hanya kegiatan menumpuk batu bata. Namun dia paham bahwa apa yang dilakukannya saat ini adalah sedang membangun sebuah peradaban. Pabrik yang sedang dibangun nantinya adalah tempat bagi banyak orang untuk mencari nafkah yang halal untuk menghidupi keluarga mereka. Sekolah yang sedang dibangun nantinya merupakan tempat lahirnya para pemimpin masa depan yang akan mengembalikan Indonesia menjadi bangsa yang berdaya, dan berbagai macam ikatan makna lainnya yang membuat hidup kita menjadi penuh syukur dan bahagia.

Tahukah Anda, sebelum menulis satu artikel ini, saya berdoa semoga setiap untaian katanya bermanfaat untuk orang-orang yang membacanya. Semoga, bagi yang merasa tulisan ini bermanfaat maka bisa menyebarkan ke yang lainnya. Semoga, dari tulisan-tulisan kecil inilah nanti yang akan bersaksi kelak bahwa selama saya hidup saya mencoba untuk bisa bermanfaat bagi sesama manusia.

Mengikat makna ternyata menjadikan kita hidup lebih bersyukur dan berdaya. Walaupun kegiatan itu berupa rutinitas yang terkesan membosankan, selama kita dapat mengikat makna maka kita dapat terus melakukannya dengan senang hati dan perasaan ceria. Mengikat makna juga dapat menghindarkan kita dari melakukan hal-hal yang bodoh, tiada manfaat, dan juga tidak ada gunanya.

Buatlah hidup kita menjadi penuh makna.

Bagaimana menurut Anda?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar tips pengembangan bisnis, karier dan pencapaian hidup di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah seorang pembelajar dan juga praktisi pendidikan. Arry merupakan dosen tetap di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Saat ini Arry sedang menjalankan tugas belajar dengan melanjutkan studi doktoral di Faculty of Technology, Policy, and Management, Technishce Universiteit Delft, Belanda.

Di sela-sela kesibukannya, Arry senang berbagi pemikiran seputar pendidikan dan pengembangan diri melalui blognya di arryrahmawan.net, Youtube Channel, dan juga sebagai trainer di CerdasMulia Institute.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!