Tips Akademik

Sudahkah Kita Mengoptimalkan Waktu Pagi yang Kita Miliki?

Written by Arry Rahmawan

Apabila ada yang bertanya kepada saya, “Gimana caranya agar hari – hari kita penuh semangat dan rasa antusias?”. Maka jawaban dari saya sederhana, “Tidur yang cukup dan bangunlah di pagi hari.”

Jawaban tersebut bukanlah tanpa alasan. Namun, telah banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa orang – orang yang bangun di pagi hari memiliki potensi sukses dan bahagia lebih besar.

Sebuah penelitian yang dilakukan Dr. Lynn Hasher and Renee Biss dari Universitas Toronto, mengungkapkan bahwa dari 700 responden yang mereka teliti, orang yang bangun pagi jauh lebih merasa bahagia dibandingkan dengan mereka yang bangun kesiangan. Hal ini juga diperkuat dengan temuan lainnya yang mengungkapkan bahwa bangun di pagi hari menyebabkan seseorang lebih fresh, proaktif, dan mampu menyelesaikan pekerjaan lebih banyak daripada orang lain.

Bagi muslim, bangun pagi juga merupakan sebuah keutamaan tersendiri.

Diriwayatkan pada suatu pagi, Fathimah az-Zahra r.a. (putri Rasulullah Saw) sedang berbaring ketika hari masih pagi. Barangkali ia ingin menikmati pagi dengan tidur-tiduran. Selengkapnya, marilah kita simak apa yang diceritakan oleh Fathimah az-Zahra r.a. dalam sebuah hadits sebagai berikut:

“Pada suatu pagi Rasulullah Saw. lewat di depanku dalam keadaan aku sedang berbaring. Sambil membangunkan aku dengan kaki, Baginda berkata, ‘Hai Anakku, bangun, saksikanlah rezeki Tuhanmu dan janganlah engkau menjadi orang yang lalai, sebab Allah membagikan rezeki kepada manusia di waktu fajar mulai menyinsing hingga matahri terbit.” (HR. Baihaqi)

Karena keutamaan bangun pagi yang begitu besarnya, saya dengan istri sejak menikah dulu sering mengadakan ‘lomba’ untuk bangun lebih pagi. yang bangun lebih pagi dan setelah itu tidak tidur lagi mendapatkan skor di hari tersebut. Ternyata dari pengalaman saya dan istri, memang benar bahwa bangun lebih pagi membuat diri kita jauh lebih semangat. Rasanya waktu menjadi lebih panjang dan badanpun menjadi lebih sehat.

Pernah beberapa kali kami berdua gantian bangun siang (setelah subuh ketiduran). Jika kami bangun tidur setelah shalat subuh itu, yang kami rasakan badan menjadi lemas dan tidak bersemangat. Bahkan, ada rasa bersalah yang menyelimuti diri bahwa kami sudah membuang waktu cukup banyak untuk tidur.

Untuk menjaga agar terus semangat, saya dengan istri membuat program yang bernama “Morning Glory”. “Morning Glory” adalah sebuah program di mana kita melakukan ‘pagi yang ideal’ menurut kami masing – masing. Namun, antara saya dengan istri memiliki Morning Glory yang tidak jauh berbeda.

Berikut ini yang biasa kami lakukan,

  • Bangun 15 menit sebelum Adzan subuh (jika ingin tahajud, setengah jam sebelumnya)
  • Membaca doa dan bersyukur telah diberikan kesempatan hidup hari itu
  • Minum Air Putih 250 – 400 ml, lalu pergi berwudhu
  • Shalat subuh berjamaah di masjid (untuk laki – laki)
  • Membaca Al Quran 1 Juz (Istri : setengah Juz)
  • Membaca Al Ma’tsurat Pagi
  • Melakukan Stretching atau Mengolah Napas di balkon rumah
  • Menulis 1 artikel blog
  • Mandi dan Sarapan

Waktu untuk melaksanakan itu semua dimulai dari pukul 04.30 dan berakhir pukul 07.00. Saya dan istri, apabila berhasil melakukan itu, maka kami menyebut pagi kami di hari itu sebagai “Morning Glory” dan mendapat skor. Namun, jika setelah subuh kami tidur lagi, maka dia tidak mendapatkan skor. Hehehe…

Setelah kami melakukan “Morning Glory” ini, rasanya sangat berbeda saat saya mau berangkat ke kantor atau melanjutkan aktivitas di hari itu. Rasanya jauh lebih bersemangat, antusias, dan hari – hari yang dilalui dirasakan menjadi lebih nikmat. Beda waktu dulu saya ketika bangun siang, baru bangun saja rasanya sudah menyesal karena banyak tidur. Lalu banyak pekerjaan yang tertunda untuk diselesaikan. Hasilnya hidup pun menjadi lesu, lelah, dan tidak bersemangat.

Pertanyaan saya untuk Anda, sudahkah Anda menjalani pagi yang ideal versi Anda? Sudahkah Anda memiliki “Morning Glory” dan melakukannya setiap pagi?

Berikut ini adalah pertanyaan untuk membantu Anda mewujudkan Morning Glory,

Pertanyaan Pertama,

Antara pukul 04.00 – 07.30, apa sajakah hal ideal yang bisa menjadi “Morning Glory” untuk diri Anda?

Pertanyan Kedua,

Hal – hal apa sajakah yang TIDAK BOLEH dilakukan di pagi hari Anda? (Misal : tidur lagi setelah subuh)

Dua pertanyaan tersebut semoga dapat membantu Anda merumuskan seperti apa Morning Glory yang ingin Anda ciptakan. Jangan lupa untuk melaksanakannya serta menjadikan kebiasaan setiap hari.

Rasakan perbedaannya dan bandingkan apa yang terjadi dalam hidup Anda sebelum dan sesudah menggapai Morning Glory ini.

Semoga bermanfaat untuk membantu hidup Anda agar lebih bahagia, bertumbuh, dan berdampak.

Salam,
Arry Rahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen Kewirausahaan dan Manajemen Teknologi (Technology Entrepreneurship & Management) di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Selain menjadi dosen, Arry juga merupakan trainer Business Model Canvas dan Business Model Innovation di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis, Universitas Indonesia. Arry juga aktif membagikan ilmu dan inspirasi di berbagai kampus, perusahaan, dan juga beberapa kementerian di Indonesia tentang inovasi dan kewirausahaan teknologi.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)eng.ui.ac.id

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!