Uncategorized

Mengubah 100.000 menjadi 1.000.000

PERNAHKAH dengan menggunakan uang sebesar 100.000 kita bisa mengubahnya menjadi 1.000.000 dalam sebulan? Loh, memangnya bisa? Justru sekarang saya bertanya balik, kenapa tidak bisa?

Bagaimana caranya? Konsep sederhana itulah yang sepertinya memancing orang-orang untuk menjadi seorang pengusaha. Mengubah sebuah modal dasar menjadi pemasukan yang lebih besar kemudian dikonversi menjadi keuntungan, di mana dengan keuntungan tersebut akhirnya dapat memberikan manfaat bagi orang banyak. Bukan begitu? 🙂

Tulisan ini akan menceritakan kepada kita bahwa hal itu mungkin dilakukan, bahkan bagi seorang pengemis sekalipun.

Menanggapi tulisan saya tentang Sedekah yang Bikin Galau yang saya tulis beberapa hari lalu, ada seorang pembaca yang kemudian mengirimkan email dan menantang saya.

“Daripada hanya bersedekah dan membuat galau, bagaimana jika kita memikirkan suatu cara agar mereka bisa menjadi mandiri dan berpenghasilan sendiri?”

Maka terpikirkanlah oleh saya program 1 : 10, yaitu setiap sedekah yang kita berikan harus kembali dan menjadi 10 kali lipatnya di bulan depan buat pengemis tersebut.

Contoh sederhananya adalah saat kita bertemu orang yang meminta-minta, kita akan memberikan uang 100.000 misalnya namun dengan satu catatan, bulan depan dia harus kembali lagi dengan membawa uang 1.000.000 dan dia berhenti mengemis untuk seterusnya.

Ini pernah dicoba dan pertanyaan klasik yang terlontar adalah, “bagaimana caranya mas? Bagaimana bisa uang ini menjadi 10 kali lipatnya? Saya tidak sekolah, butuh makan, bla, bla, bla….”

Jika sahabat semua ada di posisi saya, apa yang sahabat lakukan?

Seorang teman kemudian merespon dengan pemikiran kreatifnya, “Mudah, Pak. Bapak beli beberapa batang bambu, sebuah pisau atau golok, kemudian Bapak jadikan batang bambu itu tusuk gigi. Setelah itu tusuk gigi itu dipaket dalam plastik-plastik kecil untuk kemudian dijual di restoran atau rumah makan.”

Sederhana bukan? Terakhir saya bertanya kepada teman saya itu, pengemis binaannya sudah mendapatkan keuntungan 800.000 sebulan bersih dan terus memikirkan bagaimana caranya agar menjadi 1.000.000.

Saya terpikir jika program 1:10 ini diketahui dan diterapkan oleh banyak orang di Indonesia yang memang ingin memberantas pengemis dan kemiskinan bangsa ini, maka Indonesia akan lebih cepat maju dan menjadi kaya.

Bagaimana menurut sahabat semua? Saya yakin pasti masih banyak cara lain yang lebih unik dan menarik untuk melaksanakan program 1:10 ini. Ditunggu gagasan briliannya di kotak komentar di bawah.

Ingin berkomunikasi dengan saya? Silakan follow saja @ArryRahmawan

 

 

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan Destyanto

Arry Rahmawan adalah seorang yang memiliki cita - cita sebagai guru bagi pemimpin masa depan Indonesia. Saat ini berkarya sebagai dosen di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia yang sedang melaksanakan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda.

Selain beraktivitas sebagai pengajar tetap di UI dan peneliti di TU Delft, Arry juga mengisi hari-harinya dengan menjadi narasumber di berbagai instansi pemerintah, BUMN, swasta, lembaga pendidikan, serta lembaga non-profit terkait seputar pengembangan diri dan tulisan - tulisan yang ada di blog ini.

Untuk menghubunginya, silakan kontak melalui direct message LinkedIn atau Instagram

Tinggalkan Komentar