Uncategorized

Mengubah Dunia dengan Creative Giving

Banyak cara untuk mengubah dunia menjadi lebih baik. Apalagi jika kita menyangkutkan dengan konteks Indonesia, yang masih memiliki banyak PR untuk dibenahi di sana-sini. Tetapi di sisi lain banyak orang yang tidak menyadari bahwa untuk mengubah dunia itu bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana. Mengubah dunia bisa dilakukan dengan cara-cara yang simple. Dengan apa? Berbagi!

Tidak perlu Anda berpikir rumit bahwa berbagi itu harus dengan uang. Tulisan-tulisan di blog ini contohnya, sudah banyak menolong orang untuk membuat hidup mereka menjadi lebih baik. Walaupun tulisan-tulisan di blog ini sederhana dan bukan merupakan tulisan terbaik, namun seringkali ada orang yang terinspirasi dan merasa bahwa artikel ini adalah “pas” dengan artikel yang mereka cari.

Terbukti, bahwa yang namanya berbagi tidak melulu hanya menyangkut uang. Berbagi bisa dengan cara memberi wawasan, pengetahuan, ilmu, waktu, nasihat, saran, hingga cerita-cerita pengalaman. Apalagi sekarang kita bisa melihat peluang untuk berbagi berserakan di mana-mana. Mulai dengan adanya blog, social media, Wikipedia, dan lain sebagainya. Berbagi pun semakin mudah dan kreatif. Inilah saatnya kita mengubah dunia dengan creative giving.

Syarat utama seseorang untuk bisa memberi tentu harus memiliki mental keberlimpahan dalam dirinya. Mental keberlimpahan ini ibarat uang muka, sebelum kita mendapatkan keberlimpahan yang benar-benar kita inginkan. Betapa banyak orang yang masih berpikir bahwa berbagi akan membuat diri menjadi miskin. Berbagi akan membuat diri serba kekurangan. Betapa banyak orang yang mempunyai pengetahuan takut untuk berbagi dengan alasan yang diajari akan lebih pintar dari dirinya, bahkan menjadi kompetitor utamanya.

Mereka yang berlimpah adalah mereka yang mengerti bahwa dengan berbagi dan semakin banyak berbagi, justru akan semakin banyak hal yang kita terima. Semakin banyak kita bersedekah uang, misalnya, maka di saat itu juga semesta mencatat bahwa kita akan menerima uang yang lebih besar. Sama dengan orang yang berilmu. Walaupun ilmu mereka sedikit, tetapi mereka yakin dengan berbagi ilmu yang mereka miliki, hal tersebut malah semakin meningkatkan dan memperbanyak ilmu yang mereka punya. Semakin banyak mengajar, semakin banyak belajar, semakin banyak ilmu yang didapat.

Terlebih saat ini kita sudah masuk ke era teknologi informasi yang sangat pesat. Arus informasi sudah tidak bisa dibendung lagi. Begitu mudah seseorang untuk saling mendapat, bertukar, dan berbagi informasi. Pertanyaannya, apakah kita ingin menjadi seorang penonton atau pemain? Apakah kita hanya ingin melihat, atau kita juga ingin berkontribusi bagi dunia untuk berbagi hal-hal yang bermanfaat?

Tulisan ini, misalkan dapat dengan mudah Anda share melalui tombol tweet, like, dan stumble. Dalam sekejap, tulisan ini sudah bisa Anda bagi ke teman-teman Anda. Berbagi manfaat itu mudah. Tidak perlu harus menunggu diri Anda benar-benar berlimpah, karena keberlimpahan yang sebenarnya berawal dari aksi Anda untuk berbagi. Creative giving, sebuah cara memberi dan berbagi untuk dunia yang lebih baik. Apapun yang bermanfaat, bagilah. Banyak sekali kanal untuk berbagi hal tersebut. Semakin banyak Anda memberi, semakin banyak Anda menerima. Buktikan itu!

Bagaimana menurut Anda?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!