Uncategorized

Menjadi Diri yang Autentik

Beberapa bulan setelah peluncuran buku terbaru saya, Studentpreneur Guidebook menjadi salah satu buku best seller di Indonesia. Banyak pembaca yang silih berganti mengirimkan pesan kepada saya baik sekedar mengucap terima kasih atau menyampaikan bahwa mereka benar-benar terinspirasi dan tergerak menjadi studentpreneur. Ada juga yang bertanya, bagaimana caranya saya bisa menulis buku tersebut? Terlebih sewaktu saya menulis itu saya juga mengerjakan sebuah tugas akhir (skripsi). Pembaca banyak yang menganggap bahwa tulisan saya tersebut memang ‘mereka banget’ dan ngena dengan apa yang dialami oleh mereka. Kata mereka, tulisan di buku itu ‘menggerakkan’.

Masukan serupa tidak hanya datang untuk buku, tetapi juga tulisan-tulisan di blog ini. Banyak sekali untaian kalimat berupa artikel yang ternyata tanpa saya duga-duga justru malah mampu mengubah hidup orang lain. Bayangkan, hanya berawal dari membaca satu artikel saja di blog ini! Salah satunya adalah pembaca saya di Jogjakarta, sebut saja mas S yang karena membaca tulisan Karya Apa yang Saya Hasilkan Hari Ini?, dia akhirnya semakin rajin untuk berbagi ilmu dengan membuat artikel dan video tutorial terkait dengan website development dan search engine optimization (SEO).

Pertanyaan dari teman-teman pun bergulir lagi, “bagaimana sih membuat sebuah tulisan yang bisa menggerakkan orang lain itu?”

Sebenarnya tidak ada rumusan rumit apapun untuk membuat buku dan tulisan yang menggerakkan. Rumusnya sederhana, yaitu be authentic. Menulislah dengan bebas, bersuaralah dengan lepas, sampaikan gagasan-gagasan kebaikan kita, sebarkan inspirasi yang kita ingin orang-orang merasakan manfaatnya.

Banyak teman-teman saya yang memulai menulis karena ‘melihat’ orang lain sukses dengan menulis. Bahkan, tidak jarang mengikuti ‘gaya tulisan’ dari orang-orang yang mereka kagumi (kita mengenalnya dengan istilah Amati – Tiru – Modifikasi). Dalam tahap awal, untuk belajar dan membiasakan menulis hal tersebut tidak masalah. Namun semakin lama, kita perlu mengeluarkan suara dan tulisan-tulisan yang memang ‘gue banget’ dan autentik dari diri kita sendiri tanpa harus terbayang-bayang dengan orang lain.

Kita seringkali merasa tidak percaya diri karena berpikir apa yang akan kita tuliskan nanti akan jadi suatu hal yang tidak enak dibaca, bahkan akan ditertawakan. Rahasia menulis yang menggugah itu sederhana: menulislah dari hati. Selama kita menulis dengan menggunakan hati kita, topik apapun yang kita tuliskan tentu dapat menyentuh dan menggerakkan orang-orang yang membacanya.

Hal di atas bisa jadi berlaku dalam kehidupan sehari-hari. Baik saat kita belajar, bekerja, dan berkarya, seringkali kita merasa minder atau tertekan jika melihat karya-karya orang lain yang ada di atas kita. Just be yourself. Spark your inner creativity. Diri ini terlalu sayang untuk kita bandingkan dengan orang lain. Lebih baik bandingkan diri kita saat ini dengan diri kita yang kemarin, apakah lebih baik atau lebih buruk? Biarpun progresnya mungkin perlahan, namun pastikan bahwa setiap harinya kualitas hidup kita lebih baik dibandingkan kehidupan kita yang kemarin-kemarin.

So, bekerjalah dengan hati and be authentic.

Bagaimana menurut Anda?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow @ArryRahmawan.

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen pengantar kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia. Selain itu, Arry juga merupakan staf ahli di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia sejak 2015 - 2019. Per akhir tahun 2019, Arry melanjutkan studi doktoral di Delft University of Technology (TU Delft), Belanda. Disela-sela kesibukannya sebagai peneliti, Arry juga memanfaatkan waktunya untuk menimba ilmu kewirausahaan dari Delft Centre for Entrepeneurship, inkubator kewirausahaan TU Delft.

Arry berpengalaman sebagai narasumber di berbagai macam instansi pemerintah, kementerian, BUMN, dan institusi pendidikan. Apabila berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)gmail.com.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!