Uncategorized

Menjadi No. 1 Ala Seabiscuit

Sekitar tahun 1997 (kalau saya ga salah), pernah ada sebuah lomba pacuan kuda yang menarik di Amerika. Pacuan kuda ini berbeda daripada pacuan kuda yang lain karena ternyata pacuan kuda ini menimbulkan bekas dan kesan mendalam bagi yang menontonnya. Tahu kenapa? Karena ada Seabiscuit, seekor kuda yang inspiratif. Saking inspiratifnya bahkan pernah dibuat film tentang Seabiscuit yang di tahun 2003 masuk jajaran Box Office. Oke, pasti pada penasaran kan apaan dan siapa itu Seabiscuit dan apa yang dia lakukan? Yuk kita baca lebih lanjut!

Jadi apa yang dilakukan Seabiscuit?  Ketegangan sudah dimulai dari awal ketika lomba pacuan kuda dimulai. Saat pistol ditembakkan ke udara, semua kuda berpacu dengan sangat semangat dan cepat. Kecuali Seabiscuit. Seabiscuit mengawali dengan lari tidak beraturan ke sana kemari dan langkah yang tidak teratur. Penonton pun bingung dibuatnya.

Sampai akhirnya si Jockey berinisiatif membawa Seabiscuit untuk berada tepat di belakang kuda depannya.  Awalnya memang sulit, tetapi lama kelamaan Seabiscuit menyamakan langkahnya dengan kuda yang ada di depannya. Sekarang menjadi lebih baik, dan kemudian langkahnya berirama sama persis dengan kuda di depannya.

Tidak hanya sampai di situ, kemudian Seabiscuit juga melakukan hal yang sama terus menerus dan berulang-ulang terhadap kuda di depannya. Awalnya berlari di belakang, kemudian merapikan dan memperindah langkahnya, setelah itu menyalipnya!

Kejadian ini ternyata membuat banyak sekali orang yang sadar akan sebuah pelajaran penting, bahwa memiliki kompetitor itu sangat diperlukan dalam kehidupan kita. Kadang memang kita membutuhkan orang-orang yang saat ini posisinya ada di depan kita, agar:

  1. Menyadarkan kita bahwa kita masih perlu banyak belajar.
  2. Selalu termotivasi untuk belajar dan menjadi lebih baik
  3. Melakukan inovasi, meningkatkan kreativitas, dan menjadi lebih baik dari kompetitor kita.

Jadi tidak perlu takut jika memiliki kompetitor. Memiliki saingan atau orang yang ada di depan kita memaksa kita untuk selalu push the limit tentang diri kita sendiri.

Menjadi orang nomor satu dan selalu menjadi lebih baik memang banyak caranya. Salah satu caranya adalah ala Seabiscuit. Selalu mengejar orang yang ada di depannya, memperbaiki usaha, kemudian menjadi lebih baik daripada orang yang dikejar. Ini menarik sekali, bukan? Bagaimana menurut kamu? 🙂

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!