Uncategorized

Menjadi Seorang yang Lebih Profesional (Writing Challenge #20)

Written by Arry Rahmawan

Hari ini saya menghadiri Grand Final Kelas Inkubasi Trainer Muda CerdasMulia Institute. Selama 2 hari (saat ini dan besok), para trainer muda CerdasMulia yang sudah mengikuti pembekalan materi selama 1 bulan lamanya dan mengerjakan banyak tugas – tugas untuk menunjukkan kedisiplinan. Pada grand final ini peserta diuji untuk membawakan sebuah materi dengan cara serta gaya yang menarik.

Sebagai seorang master trainer di CerdasMulia Institute, salah satu guru saya yang memberikan banyak sekali pelajaran justru adalah para trainer muda ini. Dari 16 trainer muda yang ada, akan diseleksi menjadi 10 trainer saja yang akan mengikuti program berikutnya untuk diberikan pembekalan menjadi senior trainer. Mereka hanya memiliki waktu selama 15 menit untuk bisa memberikan pesan terbaik mereka.

16 Trainer muda ini sangat banyak memberikan inspirasi. Mungkin selama beberapa hari ke depan, saya akan menuliskan tentang pengalaman saya belajar dari para trainer muda ini. Kali ini, saya akan menceritakan pelajaran yang saya dapat tentang ‘bagaimana agar kita bisa menjadi lebih profesional, dalam pekerjaan apapun di hidup kita’. Pelajaran ini saya dapatkan dari Diah Ayuningtias.

Pernahkah kita merasa bosan, lemas, atau tidak bersemangat dalam mengerjakan pekerjaan kita?

Mungkin, apa yang kita lakukan adalah mencoba untuk mencari semangat instan, di mana salah satunya melalui pelatihan – pelatihan motivasi. Sering juga kita mencoba mencari materi atau membaca buku – buku yang menyemangati hidup kita.

Untuk beberapa hari, mungkin kita bisa sangat bersemangat dalam hidup. Namun, beberapa hari berikutnya, down dan perasaan bosan itu kembali menghinggapi hidup kita.

Lah, terus harus bagaimana dong?

Di sinilah saya kemudian diingatkan oleh materi Diah tentang pentingnya sikap Ihsan.

Apa itu sikap Ihsan? Inilah dia penjelasannya. Apa yang dimaksud dengan Ihsan adalah…..

“Engkau mengabdi kepada Allah seperti engkau melihat-Nya.
Jika engkau tidak melihat-Nya, maka sesungguhnya Dia melihatmu.” (HR. Bukhari).

Ketika kita memaknai Ihsan dengan lebih dalam, kita bisa mengetahui bahwa saat kita bersikap Ihsan, kita memutuskan bahwa pengawas segala perbuatan kita secara langsung adalah Allah.

Ketika kita menyadari secara penuh bahwa hidup kita diawasi, bisakah kita bersantai – santai dan melakukan hal yang sia – sia? Jika bos atau supervisor kita yang memantau diri kita selama 24 jam, mungkin kita akan mulai berhati – hati saat melakukan pekerjaan yang kita lakukan. Sekarang, bagaimana jika sadar bahwa yang mengawasi secara langsung adalah Allah SWT?

Tentu, kita akan berupaya untuk bisa memberikan kemampuan yang terbaik dari diri kita.

Bila diawasi oleh bos aja kita berupaya untuk memberikan yang terbaik, bagaimana bila yang mengawasi langsung adalah Allah SWT?

Semoga, ini bisa menjadi renungan untuk kita untuk menjadi pribadi yang lebih profesional.

Salam,
Arry Rahmawan
Youth Development Trainer
Founder CerdasMulia Institute

 

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!