Uncategorized

Menjadi Trainer Berarti Memutuskan Menjadi Role Model

Written by Arry Rahmawan

Pada tanggal 1 – 2 Maret lalu, CerdasMulia untuk pertama kalinya membuka kelas akademi trainer muda, yang dinamakan Young Trainer Academy (@YTAcademy_ID). Menurut saya pribadi, sebagai direktur eksekutif program ini, saya mendapat pembelajaran yang sangat luar biasa. Hal ini karena saya juga seorang trainer, dan pengalaman di YTA kemarin benar-benar sangat luar biasa untuk saya pribadi.

Salah satu pelatih trainer yang dahsyat dan menggugah selama sesi YTA berlangsung adalah mas Andra Donatta. Sudah lama saya mengagumi cara beliau membawakan pelatihan, dan baru pada saat YTA saya mendapat kesempatan langsung belajar dari mas Andra. Mas Andra membawakan topik tentang bagaimana menjadi seorang trainer profesional.

Pada tulisan kali ini saya akan membahas sebuah prinsip yang dibagi oleh mas Andra Donatta yang paling dasar dan penting terkait bagi mereka yang ingin berkarir di bidang pelatihan sebagai trainer, coach, ataupun public speaker : Setiap pembicara, trainer, dan pelatih adalah seorang role model. Memutuskan menjadi trainer, berarti kita siap menjadikan diri kita role model dari yang lainnya.

Saya jadi teringat tentang diri saya 6 tahun yang lalu pada saat saya menjadi trainer di awal-awal. Pada waktu itu, saya terinspirasi oleh banyak trainer dan motivator sehingga saya pun ingin menjadi seperti mereka. Satu hal yang pada waktu itu saya pikirkan, menjadi seorang motivator itu sederhana. Hanya bermodalkan kata-kata, berbicara di depan umum, berteriak-teriak semangat, kemudian bisa menginspirasi orang.

Sungguh sebuah mindset yang sangat salah. Kenapa? Karena ternyata pada waktu itu saya benar-benar hanya bisa bicara, namun ya hanya sekedar bicara. Motivasi saya sering turun, saya sering galau, dan bahkan saya sering merasa malas dalam hidup.

Mirisnya, ternyata orang-orang yang menginspirasi saya menjadi seorang motivator juga terkena sindrom yang sama. Saat tampil di depan publik, mereka semua semangat, ceria, positif. Namun saat berada di belakang panggung, mereka seperti layaknya seorang manusia biasa. Benar-benar biasa.

Satu per satu pun trainer dan motivator yang seperti itu pun kemudian bertumbangan. Sampai akhirnya untunglah saya diingatkan oleh teman-teman trainer yang ‘sesungguhnya’. Mereka inilah trainer-trainer yang memang bisa menjadi contoh dan role model. Salah satunya ya Mas Andra ini.

Trainer yang menjadi role model memiliki prinsip yang selalu diingat dan dimasukkan ke dalam hati,

“Katakan apa yang Engkau lakukan, dan lakukanlah apa yang Engkau katakan.”

Oleh karena itu, pastikan kita sudah melakukan semua yang kita katakan kepada audience kita, atau setidaknya memilih materi yang memang sudah kita lakukan untuk disampaikan.

Trainer yang memang dari hati, trainer yang memang bisa menjadi role model, tidak akan pernah bisa tergantikan. Mereka inilah yang kelak akan menginspirasi Indonesia secara nyata, karena bukan hanya pandai berkata-kata, tetapi juga bisa membuktikannya dengan keteladanan yang nyata.

Are you Ready for Becoming a Real Trainer?

Ikuti informasi tentang Young Trainer Academy dengan follow @YTAcademy_ID.

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan.

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah seorang pembelajar dan juga praktisi pendidikan. Arry merupakan dosen tetap di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Saat ini Arry sedang menjalankan tugas belajar dengan melanjutkan studi doktoral di Faculty of Technology, Policy, and Management, Technishce Universiteit Delft, Belanda. Bidang yang ditekuninya saat ini adalah metode pemodelan dan simulasi sistem untuk pengambilan keputusan di bidang transportasi, khususnya transportasi laut.

Di sela-sela kesibukannya, Arry senang berbagi pemikiran seputar pendidikan dan pengembangan diri melalui blognya di arryrahmwan.net, Youtube Channel, dan juga sebagai trainer di CerdasMulia Institute.

Arry berpengalaman sebagai narasumber di berbagai macam instansi pemerintah, kementerian, BUMN, dan institusi pendidikan. Apabila berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)gmail.com.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!