Uncategorized

Menulis dengan Memaknai Keseharian Kita

Rahasia untuk menulis sebuah blog setiap hari bisa jadi merupakan sebuah pertanyaan yang dicari-cari oleh semua blogger atau penulis yang ingin menjadi lebih produktif. Tidak terkecuali mereka para penulis kreatif. Menulis setiap hari, rasanya hampir tidak mungkin jika memang profesi kita bukanlah seorang penulis.

Sebagai contoh misalnya saya sendiri saat ini masih sangat sibuk untuk menuntaskan kuliah saya di T. Industri UI. Banyak referensi dan riset yang harus saya baca. Profesi profesional saya pun sebenarnya adalah seorang trainer dan pembicara seminar, sekaligus dirut dari CerdasMulia Leadership and Training Center. Bagaimana mungkin saya bisa menulis setiap hari? Mana sempat? Ternyata menulis produktif setiap hari bisa dimulai dengan cara sederhana, yaitu menulis dengan memaknai keseharian kita.

Sering sekali dalam hidup kita ini waktu berlalu begitu saja tanpa memberikan pelajaran yang berarti. Rasa-rasanya setiap hari dalam hidup itu biasa saja. Tidak ada yang istimewa. Bahkan terkadang malah cenderung mengesalkan dan membuat emosi yang malah membuat kita menjadi tidak mood.

Cerita akan berbeda apabila dalam mengawali pagi hari, kita memang sudah meniatkan untuk ‘berburu hikmah’ agar bisa diceritakan. Kenapa? Karena sebenarnya dalam kehidupan ini begitu banyak hal yang bisa dipetik dan diceritakan. Entah itu berupa kesuksesan atau cerita kegagalan paling pedih sekalipun, hidup akan senantiasa memberikan pelajaran kepada kita.

Kita bisa melihat bagaimana seorang siswa SMP yang setiap sore, dengan pakaian seragam yang belum diganti, mangkal di lampu merah untuk berjualan koran sore demi membantu orang tua memenuhi kebutuhan hidup. Dari sini tentu kita bisa mengambil pelajaran yang luar biasa betapa kita perlu untuk bersyukur untuk hidup kita yang jauh lebih baik dan penuh keberlimpahan.

Kalau saya, memang sejak awal mempersiapkan diary yang saya gunakan untuk mencatat hikmah-hikmah apa saja yang bisa saya tuliskan di blog saya ini. Selain tips-tips yang mungkin sedikit serius, pembaca sekalian dapat membaca tulisan hikmah kehidupan sehari-hari saya yang seringkali memiliki makna luar biasa.

Maka jika saya ditanya, “Kak Arry banyak banget sih tulisannya. Inspirasinya darimana?”

Saya menjawab dengan sederhana saja, salah satunya dengan memaknai kehidupan dan keseharian kita. Begitu banyak hal unik dan menarik untuk kita tuliskan dan kita bagi. Syukur-syukur jika itu bisa menginspirasi orang untuk menjadi lebih baik setelah membaca tulisan kita. Karena sebenarnya salah satu amalan yang tidak terputus pahalanya adalah ilmu yang bermanfaat untuk diaplikasikan menjadi kebaikan.

Bagaimana menurut Anda? adakah makna keseharian hidup yang ingin Anda bagi bersama saya?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen pengantar kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia. Selain itu, Arry juga merupakan staf ahli di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia sejak 2015 - 2019. Per akhir tahun 2019, Arry melanjutkan studi doktoral di Delft University of Technology (TU Delft), Belanda. Disela-sela kesibukannya sebagai peneliti, Arry juga memanfaatkan waktunya untuk menimba ilmu kewirausahaan dari Delft Centre for Entrepeneurship, inkubator kewirausahaan TU Delft.

Arry berpengalaman sebagai narasumber di berbagai macam instansi pemerintah, kementerian, BUMN, dan institusi pendidikan. Apabila berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)gmail.com.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!