High Performance Me

Menulis itu Perlu "Mission Statement"

Kemarin saya mendapatkan 2 tweet yang memompa kembali semangat saya dalam menulis. Pertama adalah tweet dari @phelangi yang sedang mencari-cari artikel tentang kewirausahaan yang pas untuk pelajar/mahasiswa. Akhirnya @phelangi menemukan sebuah artikel berjudul Bagaiamana Menjadi Studentpreneur yang Terus Tumbuh dan Berkembang, dan mengatakan bahwa artikel itu menarik untuk diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

Kedua adalah tweet dari @RidhoAlatas: “Baca postingan nya kak @ArryRahmawan di blog nya.. Kena bgt. Akhirnya tergerak lagi untuk lebih produktif malem ini. Thx a lot bro.”

Mendapat tweet tersebut (dan sebenarnya masih banyak tweet yang lain), membuat saya tersenyum puas. Saya sempat pesimis dengan menulis di blog ini setiap hari dan… Siapa sih yang membaca? Tapi akhirnya feedback itu datang dan terus datang. Apa yang membuat saya puas karena saya merasa tulisan di blog ini alhamdulillah sesuai dengan “mission statement” nya.

Menulis itu Perlu “Mission Statement”

Banyak orang yang ingin memulai menulis bertanya kepada saya, dari mana harus memulai? Saya hanya bisa berkata singkat, “tetapkan tujuan untuk apa kita menulis.” What’s your mission statement to write about something? Banyak penulis yang akhirnya ‘terengah-engah’ di tengah jalan karena tidak mampu menjelaskan misi apa dan mengapa mereka menulis.

Seperti saya misalkan menulis untuk blog ini. What’s my mission? Sederhananya, saya menulis untuk menginspirasi orang. Saya menulis untuk membuat hidup seseorang menjadi lebih bermakna. Saya menulis untuk meyakinkan pada orang bahwa menjadi produktif dan menginspirasi orang lain untuk sekitar itu sangat penting.¬†Saya menulis untuk Anda agar menjadi orang yang lebih positif. Saya juga menulis untuk menyampaikan ayat-ayatNya. Ya, misi untuk berdakwah juga. ūüôā

Dan… Alhamdulillahnya feedback itu terus masuk. Masukan-masukan positif alhamdulillah terus mengalir. Ada yang mengatakan bahwa hidupnya lebih produktif, ada yang bilang bahwa bisnisnya lebih lancar, ada yang mengatakan bahwa harinya menjadi lebih positif.

Senang? Ya, sangat! Apalagi jika kita mendapat tanggapan sesuai dengan yang kita harapkan. Memiliki mission statement yang jelas membuat kita selalu semangat untuk menulis karena memiliki nilai terselubung yang mulia di dalamnya.

Boost Your Writing Productivity

Setelah memiliki mission statement, hal yang paling sulit dilakukan penulis biasanya adalah konsistensi. Anda bisa membaca tulisan saya mengenai betapa penting dan bagaimana membangun kebiasaan yang baik itu.

Maka, rencanakan sekarang juga dengan apa yang akan kita tulis dan segera menulis sekarang juga. Bayangkan, seandainya dari tulisan-tulisan yang kita buat kemudian mampu mengubah hidup orang banyak. Mulailah dari sekarang. Semakin banyak menunda, semakin sulit kita untuk memulai.

Banyak orang yang bilang bahwa mereka dilahirkan tanpa bakat menulis. Banyak orang yang merasa sulit sekali untuk menulis. Namun di sisi lain mereka menghabiskan waktu 4-6 jam sehari di social media. Untuk apa? Ya, menulis! Mengapa kita tidak mencoba untuk menjadikan diri kita penulis dengan mission statement yang lebih baik? Rencanakan dan publish tulisan Anda sekarang juga!

Panduang untuk membuat Anda menjadi lebih produktif dapat Anda temukan di ebook terbaru saya, SimplyProductive

Menginspirasi Lewat Tulisan Lebih Panjang Dari Usia Anda

Apa beda antara mereka yang menghasilkan tulisan dan yang tidak? Usia mereka lebih panjang daripada umur aslinya! Walaupun mereka semua sudah tiada di dunia ini, namun karya, manfaat, dan pemikiran mereka dapat kita rasakan hingga saat ini.

Untuk menghasilkan tulisan yang baik, sekali lagi tergantung dari apa mission statement Anda. Setelah menemukan yang pas, segeralah menulis. Menulislah karena Anda senang dan ingin berbagi manfaat kepada banyak orang. Dengan tulisanlah Anda sebenarnya sedang memperpanjang usia Anda dengan sendirinya. Banyak karya-karya besar yang hingga sekarang dapat kita nikmati karena ternyata mereka sangat banyak menghasilkan karya-karya tulis.

Jadi, bagaimana menurut Anda? Jika selama ini Anda menulis, apa yang menjadi mission statement Anda?

Ingin berkomunikasi lebih lanjut dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen Kewirausahaan dan Manajemen Teknologi (Technology Entrepreneurship & Management) di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Selain menjadi dosen, Arry juga merupakan trainer Business Model Canvas dan Business Model Innovation di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis, Universitas Indonesia. Arry juga aktif membagikan ilmu dan inspirasi di berbagai kampus, perusahaan, dan juga beberapa kementerian di Indonesia tentang inovasi dan kewirausahaan teknologi.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)eng.ui.ac.id

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!