Uncategorized

Menunjukkan Kepakaran Melalui Public Speaking

Ini bukan tentang kepakaran berbicara. Ini tentang kepakaran d bidang Anda, dan bagaimana menunjukkannya dengan berbicara.

Anda mungkin baru pertama kali bertemu dengan audience. Mereka belum mengenal Anda. Mungkin mereka pernah mendengar nama Anda. Apa yang mereka tahu, hanyalah “katanya” Anda adalah pakar. Mereka belum membuktikannya.

Anda tidak perlu menunda-nunda lagi. Pada kesempatan pertama Anda bisa berbicara kepada mereka, titipkanlah kepakaran Anda pada bicara Anda. Anda berbicara, dan pada saat yang sama Anda mendemonstrasikan kepakaran Anda. Berikut adalah cara melakukannya.

GUNAKAN KALIMAT AKTIF

Gerakkan audience Anda dengan kata-kata kerja. Fokuslah pada “lakukan” dan
bukan “menjadi”. Gunakan kata-kata yang asli kata kerja, atau gunakan akhiran
“lah” atau “kan” untuk mengubah suatu kata menjadi kata kerja. Pergilah,
berangkatlah, berilah, jadilah, bangkitlah. Akan lebih baik lagi jika Anda
memilih kata-kata yang lebih spesifik atau menambahnya ungkapan yang
kuantitatif.

ARAHKAN AUDIENCE

Jika Anda yakin, hindari penggunaan kata-kata yang berimplikasi sebagai “saran”. Semestinya, seharusnya, mungkin, sebenarnya… Anda pilih mana?

“Sebenarnya, Anda bisa memulai bisnis Anda sendiri.”
“Anda dapat memulai bisnis Anda sendiri sekarang juga.”
“Tahukah Anda, bahwa saat ini juga anda bisa memulai bisnis anda sendiri?”
“Anda bisa mengejar mimpi-mimpi Anda.”

atau,

“Mulailah bisnis Anda sendiri, sekarang juga!”
“Kejarlah mimpi Anda!”

Audience ingin Anda mengatakan apa yang mereka harus lakukan. Bukan yang seharusnya, sebaiknya, mungkin, dapat, semestinya, nanti dan sebagainya.

Berdirilah. Dan berilah mereka arah.

BERI MEREKA YANG SPESIFIK

Jangan biasakan merekomendasi berbagai hal yang terlalu umum. Apalagi jika tidak melanjutkannya dengan berbagai detil. Kuncinya, kembangkan topik dengan 5W dan 1H, What, Who, When, Where, Why dan How.

UJI BERBAGAI FAKTA

Jika Anda bisa menunjukkan fakta, maka opini dan argumen Anda akan bermanfaat bagi mereka. Jika Anda bisa memprodusir fakta yang otentik, maka anda menjadi sumber bagi mereka. Mereka akan mengutipnya, mereka akan menjadikannya sarana bagi mereka.

MASUKKAN CONTOH

Masukkan success stories dalam bicara Anda. Masukkan referensi dan kesaksian dari mereka yang telah sukses bersama Anda. Ini bisa membangun reputasi Anda sebagai pakar — apapun bidang Anda.

JANGAN TERLALU BANYAK – JANGAN TERLALU SEDIKIT

Ukurlah informasi yang hendak Anda sampaikan. Berikan secukupnya. Tidak terlalu panjang, tidak terlalu pendek. Pertengahan adalah yang terbaik. Jika Anda merasa ada banyak poin yang ingin Anda sampaikan. Pilah dan pilihlah. Sisakan sebagian untuk sesi bicara berikutnya.

RAPI DAN TERORGANISIR

Buatlah informasi Anda rapi dan terorganisir dengan baik. Pahami tentang struktur, sampaikan dengan teratur. Latihlah jika perlu. Lakukan tanpa terburu-buru. Pilihlah kata yang tepat, dan kalimat yang akurat.

Lakukan! Dan mereka akan membuktikan, bahwa Anda memang pakar — hanya
dengan mendengar Anda berbicara.

Jika Anda memiliki tips yang lain bagaimana cara mengemukakan expertise, silakan mention Twitter saya @ArryRahmawan dengan tagar #ExpertiseEmbrace

Tulisan ini adalah Terjemahan bebas dari artikel oleh: Dina Giolitto

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan Destyanto

Arry Rahmawan adalah seorang yang memiliki cita - cita sebagai guru bagi pemimpin masa depan Indonesia. Saat ini berkarya sebagai dosen di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia yang sedang melaksanakan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda.

Selain beraktivitas sebagai pengajar tetap di UI dan peneliti di TU Delft, Arry juga mengisi hari-harinya dengan menjadi narasumber di berbagai instansi pemerintah, BUMN, swasta, lembaga pendidikan, serta lembaga non-profit terkait seputar pengembangan diri dan tulisan - tulisan yang ada di blog ini.

Untuk menghubunginya, silakan kontak melalui direct message LinkedIn atau Instagram

Tinggalkan Komentar