Uncategorized

Modal Dasar Menjadi Pengusaha

Akhir-akhir ini Blackberry saya seringkali berdering. Banyak pesan masuk ke BBM saya dan rata-rata pada umumnya bertanya inti hal yang sama: bagaimana memulai berbisnis. Tidak sedikit dari mereka yang ingin memulai bisnis dan usaha beralasan tidak memiliki modal. Banyak dari mereka yang bertanya, bagaimana cara mendapatkan modal untuk membuka usaha, dan lain sebagainya. Tidak sedikit juga yang sekedar curhat terkait bisnisnya yang tidak kunjung dimulai karena kendala permodalan.

Tulisan ini sekaligus saya persembahkan bagi rekan-rekan yang memang ingin sekali menjadi seorang pengusaha namun bingung ingin memulai darimana. Tulisan ini akan memberitahukan tentang modal dasar menjadi pengusaha yang dimiliki semua orang. Nah, menarik kan? Jadi karena setiap orang memiliki modal dasar ini, maka seharusnya setiap orang bisa menjadi pengusaha. Apakah modal dasar itu?

Modal dasar ini saya alami sendiri saat 4 tahun lalu merintis usaha pelatihan. Bayangkan saja, seorang bocah SMA yang tidak memiliki pengalaman apapun, uang jajan pas-pasan, bermimpi untuk memiliki lembaga pelatihan sendiri. Mimpi yang benar-benar terkesan mustahil untuk diwujudkan. Namun saya sadar, karena dua modal inilah kemudian saya bisa menjadi seperti saat ini, termasuk juga memiliki lembaga pelatihan sendiri, yaitu CerdasMulia Leadership and Training Center.

Modal dasar pertama yang dimiliki setiap orang adalah doa. Sewaktu saya menyebutkan modal ini, tidak jarang orang yang tertawa. Silakan tertawa. Mungkin Anda juga tertawa mendengarnya. Hah? Doa?

Ya. Benar. Modal saya waktu mulai menjalankan usaha hanyalah doa. Seringkali saya takjub kepada orang-orang yang memiliki keinginan dalam hidupnya, minta didoakan oleh orang agar bisa diberikan kelancaran dan kesuksesan dalam meraihnya. Namun saat ditanya, “Tadi pagi shalat dhuha ga? Doa ga dalam shalat dhuha? Tadi malam tahajud ga? Doa ga dalam shalat tahajud? Hari ini shalat di masjid ga? Doa ga waktu shalat di masjid?” Eh, ternyata jawabannya tidak. Termasuk saya, hehe..

Padahal, kita begitu yakinnya bahwa Allah Maha Kaya, Allah Maha Besar. Masa iya sih kalau kita minta kepada Allah, “Ya Allah, aku ingin sekali menjadi seorang pengusaha yang beromzet seratus juta sebulan.” Mungkinkah bagi Allah untuk mengabulkannya? Bukan mungkin lagi, tapi mungkin banget banget cing! Kekuasaan Allah bukannya tidak terbatas? Masa kita tidak yakin kalau omzet seratus juta sebulan bisa kita dapatkan?

Ini persis terjadi pada saat saya menjadi trainer 5 tahun yang lalu. Pada waktu itu saya menyambangi sekolah demi sekolah satu per satu. Bahkan, dalam beberapa training yang saya bawakan, saya tidak dibayar. Bahkan, saya nombok saat memberikan pelatihan itu. Ya, bukan saya yang mendapatkan uang, namun malah justru saya yang membayar. Kalau saya mengingat masa-masa itu sepertinya indah sekali.

Barulah kemudian saya meminta kepada Allah, “Ya Allah jadikan aku seorang pembicara, trainer yang memiliki bayaran 500 ribu per jamnya.” Waktu itu saya masih kelas 2 SMA. Dalam selang beberapa bulan kemudian, terkabul. Memang mudah bagi Allah mengabulkannya. Bahkan sekarang ini saya sering hanya diminta menjadi pembicara untuk sebuah institusi atau perusahaan untuk waktu dua jam. Ternyata saya diberikan fee senilai 3-5 juta. Padahal, waktu itu saya tidak mematok tarif. Itu dari Allah kan? Allah yang menunjukkan jalannya.

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang mendoa apabila ia berdoa kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu dalam kebenaran.” (QS. Al-Baqarah : 186)

Ga punya apa-apa untuk memulai bisnis? Berdoalah kepada Allah, perbaiki amalan ibadah kita, dhuha kita, tahajud kita, bacaan quran kita, sedekah kita, kemudian minta apa yang kita mau. Terlalu lucu kalau kita meragukan bahwa Allah yang Maha Kaya tidak memberikan apa yang kita minta.

Modal yang kedua adalah keberanian dan kegigihan. Kalau ini tentu saja adalah modal yang sebenarnya ada di dalam diri setiap orang namun sayangnya terkubur dalam-dalam. Keberanian ini mencakup keberanian untuk memulai, keberanian untuk percaya diri dalam menjual, keberanian untuk gagal, dan lain sebagainya. Tentu saja kita bisa berdoa agar kita dihindarkan dari berbagai macam hal yang merugikan. Namun selama dia tidak berani untuk segera memulai, maka tidak akan bisa menjadi pengusaha.

Makanya kalau saya diminta menjadi konselor, saya akan tanya, apakah dia sudah pernah memulai berbisnis? Jika jawabannya belum, maka akan saya bilang untuk terjun terlebih dahulu, setidaknya untuk ‘berjualan’. Inti dari menjadi pengusaha adalah kemampuan untuk menjual. Berilah apresiasi terhadap hasil dari kemampuan kita menjual, walaupun itu adalah hal yang kecil. Namun, dari situlah kemudian kita memiliki semangat untuk terus tumbuh dan berkembang menjadi pengusaha.

Jadi, selama Anda bisa berdoa dan berani untuk mengambil tindakan, di situ pula Anda bisa menjadi pengusaha, karena itu adalah modal dasar menjadi pengusaha.

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

 

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah seorang pembelajar dan juga praktisi pendidikan. Arry merupakan dosen tetap di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Saat ini Arry sedang menjalankan tugas belajar dengan melanjutkan studi doktoral di Faculty of Technology, Policy, and Management, Technishce Universiteit Delft, Belanda.

Di sela-sela kesibukannya, Arry senang berbagi pemikiran seputar pendidikan dan pengembangan diri melalui blognya di arryrahmawan.net, Youtube Channel, dan juga sebagai trainer di CerdasMulia Institute.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!