Uncategorized

Motivation Between Fear and Desire

MOTIVASI yang selama ini dicari dan ditanya oleh setiap orang sebenarnya bisa dijelaskan dengan sangat sederhana. Saya banyak belajar dari sebuah kegiatan penerimaan mahasiswa baru di fakultas teknik UI, Masa Adaptasi Dunia Kampus (MADK) 2012. Di mana pada kegiatan MADK ini saya bertindak sebagai evaluator yang tugasnya mirip-mirip dengan komisi disiplin (maklum udah mahasiswa tingkat akhir, hehe).

Berbagai macam tugas diberikan kepada mahasiswa baru. Sebagai evaluator, tugas saya untuk mengecek, mengevaluasi, mengoreksi, dan memberikan arahan. Seperti biasa, arahan itu bukanlah arahan biasa tetapi dilakukan dengan nada tinggi. Mengapa demikian?

Seperti layaknya sebuah pembinaan lainnya, output paling penting dalam MADK 2012 adalah munculnya solidaritas dan mampu mengerjakan semua tugas esensial yang diberikan kepada mahasiswa baru angkatan 2012 dengan baik. Mengapa harus dilakukan dengan nada tinggi dan bukan nada biasa? Ini terkait untuk memotivasi mereka agar bisa mencapai banyak hal dalam jangka waktu yang singkat. Agar motivasi mereka tidak hanya ingin mencapai output, tapi juga merasa takut dan tertekan seolah jika tugas tersebut tidak dikerjakan mereka akan dicap gagal sebagai angkatan baru.

Apa perbedaan mendasar yang terletak pada mereka yang mencapai banyak hal dengan mereka yang pemimpi? Benar, MOTIVASI. Motivasi ibarat bahan bakar untuk menggerakkan diri kita mencapai tujuan. Ketika ditanya darimanakah motivasi itu berasal? Jawabannya cuma dua, dari kemauan mencapai keinginan (desire) dan kemauan karena takut menghadapi masalah yang lebih besar (fear).

Antara desire dengan fear, ternyata motivasi lebih efektif menggerakkan ketika dalam kondisi fear. Gampangnya, saat kita berada di dateline tugas. Saat tugas dari bos besar atau dosen kita sudah harus dikumpulkan. Kita pasti tahu bahwa tugas itu bermanfaat, tapi seringkali kita tergerak untuk mengerjakan karena memang itu harus dikumpulkan dan menjadi takut (fear) mendapat nilai buruk jika tidak mengumpulkan tugas itu.

Maka saya menyarankan bagi sahabat yang sering bertanya kepada saya, bagaimana mempertahankan motivasi dan membuat kita melakukan aksi? Selain kita perlu tahu desire, kita juga perlu membuat unsur motivasi fear, yaitu takut jika kita tidak mengerjakan hal itu maka akan menjadi masalah yang lebih besar.

Maka itu juga sekaligus menjawab keadilan Allah kenapa diciptakan surga dan neraka. Seringkali manusia cenderung berbuat baik secara konsisten bukan karena ingin surga, tetapi agar terhindar dari neraka. Rasulullah juga pernah bersabda, bahwa orang yang cerdas adalah orang yang selalu ingat mati. Kenapa? Karena orang yang ingat mati akan selalu memberikan apa yang terbaik, mengingat dia tidak tahu kapan harus mempertanggungjawabkan perbuatannya (fear).

Jadi, buat yang selama ini kesulitan mengubah plan jadi action, cari motivasimy sendiri. Jika desire tidak cukup kuat, ciptakan unsur kepepet (fear) agar bisa action secepatnya.

Bagaimana menurut sahabat semuanya? Adakah cara menarik lain untuk membuat kita termotivasi untuk beraksi?

Ingin ngobrol dengan saya? Follow aja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah seorang pembelajar dan juga praktisi pendidikan. Arry merupakan dosen tetap di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Saat ini Arry sedang menjalankan tugas belajar dengan melanjutkan studi doktoral di Faculty of Technology, Policy, and Management, Technishce Universiteit Delft, Belanda.

Di sela-sela kesibukannya, Arry senang berbagi pemikiran seputar pendidikan dan pengembangan diri melalui blognya di arryrahmawan.net, Youtube Channel, dan juga sebagai trainer di CerdasMulia Institute.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!