Uncategorized

Mulai Kuliah? Lihat Dulu #Tips4Maba

Pada hari kemarin, Sabtu 26 Mei 2012 tepat diumumkannya hasil UN untuk SMA dan sederajat. Berita di TV-TV banyak sekali yang menampilkan aksi-aksi unik yang dilakukan oleh mereka yang baru dinyatakan lulus. Mulai dari mengumpulkan baju SMA mereka untuk disumbangkan, hingga kemudian mencorat-coret baju dan pawai keliling kota sehingga bikin macet di mana-mana. Ga habis pikir dengan orang-orang seperti ini. Hidup setelah SMA itu jauh lebih berat dan penuh tantangan dibandingkan dengan hanya sekedar mengerjakan dan lulus UN!

Nah, untuk itu kita nih yang udah mahasiswa-mahasiswa UI kemarin bareng-bareng pada bikin tweet tentang tips-tips untuk maba atau ‘mahasiswa baru’ yaitu buat adik-adik kita yang baru lulus dan kalian bisa lihat di twitter dengan hashtag #Tips4Maba. Ini adalah tips-tips pilihan yang disaring dari berbagai maca tweet teman-teman dan saya sendiri. Sebenernya ini lebih untuk maba UI sih, tapi buat yang lain yang kebetulan baca, disesuaikan aja ya dengan kondisi kalian.

@ArryRahmawan: “Rajinlah berorganisasi dan aktif. Kuliah tidak hanya sekedar belajar tetapi juga mencari pengalaman dan teman-teman terbaik.”

@ns_septi: “Kalau ada yang mengajak diskusi tentang Islam, percayakan pada lembagai dakwah resmi di universitasmu. di UI ada @salamui. Hati-hati NII.”

@ArryRahmawan: “Berhubung masih mahasiswa baru, sering-sering buka website atau informasi resmi tentang universitasmu.”

@ArryRahmawan: “Ga perlu takut sama ospek. Ospek itu untuk menanamkan nilai-nilai kebersamaan dalam diri kamu. Kecuali kalau senior kamu minta sesuatu tanpa esensi, lawan!”

@Tikadwiar: “Perhatikan berkas yang harus dibawa untuk daftar ulang. Hubungi Adkesma BEM yang bersangkutan atau bagian administrasi universitas.”

@Rifki_ab: “Kesulitan uang untuk beli buku atau diktat? Pinjam perpustakaan atau senior. Siapa cepat dia yang dapat. Makanya proaktif sangat penting.”

@ArryRahmawan: “Jika kamu ingin mendapat hasil terbaik, pelajari bagaimana cara dosen mengajar dan menilai mahasiswanya.”

@Rifki_ab: “Slide dosen & diktat buatan dosen/senior emg bs utk jawab soal ujian, tp buku tentu lebih dari itu!”

Oke sepertinya cukup segitu dulu ya #Tips4Maba nya toh kan nanti kamu bisa lihat sendiri di timeline Twitter kamu. Kalau misal di universitasmu belum ada ya coba buat aja siapa tahu nanti tanggapannya ramai. Hehe.. Inilah salah satu contoh penggunaan social media yang mungkin bisa mengubah hidup banyak orang ke depannya.. ^^

Ada yang mau memberikan tips yang lainnya? 🙂

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!