Uncategorized

Notes about Idea

Ketika kita membicarakan sebuah ide, maka di saat itu pula kita membicarakan kreativitas. Saya kagum sekali dengan teman-teman yang ada di sekitar saya. Saat ini kita diberikan banyak sekali kemudahan untuk mengekspresikan ide-ide dan bagaimana menciptakannya. Seperti teman saya yang memiliki ide membuat kebab buah yang biasanya kebab itu isinya daging. Ada juga yang membuat binder custom dari yang biasanya bentuknya plain. Ada juga teman saya yang membuat sebuah sandal dan di bawahnya bisa difungsikan sebagai sapu. Macem-macem dan unik-unik deh. Pertanyaan-pertanyaan tentang ide dan bagaimana cara memunculkannya sering mampir ke inbox saya. Berikut ini adalah beberapa notes about idea yang mungkin bermanfaat untuk Anda.

Ide Adalah Kombinasi

Saat kita membicarakan sebuah ide, tidak perlu khawatir bahwa yang kita hasilkan haruslah yang orisinil dan benar-benar belum pernah ada sebelumnya. Menurut dosen saya, segala bentuk penemuan baru (invention) itu memang sudah ditemukan (seperti listrik, misalnya). Sehingga apa yang ada sekarang lebih berbentuk kepada innovation. Kalau dalam inovasi, maka yang dimaksud ide adalah kombinasi baru dari unsur-unsur lama. Bahasa populer yang sering digunakan adalah prinsip ATM (amati, tiru, modifikasi). Namun jangan sampai salah ya, berbeda dengan ATP (amati tiru persis). ATM biasanya memiliki perbedaan hingga 70% dari hal yang ditirunya.

Resep untuk Memunculkan Ide

Berbicara ide bisa diibaratkan seperti sebuah masakan yang sudah siap dihidangkan. Setiap masakan pasti memerlukan bahan-bahan baku serta resep untuk membuatnya. Sama dengan ide. Bahan baku ide adalah informasi yang sudah kita miliki dan kuasai, sementara resepnya adalah bagaimana kita membuat kombinasi yang pas dan sesuai antar bahan-bahannya. Cara untuk memperoleh bahan mentah ide adalah memperbanyak baca buku, melakukan hal di luar kebiasaan, banyak berdiskusi, sering jalan-jalan, banyak browsing, dan masih banyak lagi. Sementara resepnya bisa dengan melakukan brainstorming, NGT, mind mapping, atau berpikir terbalik.

Teknologi Mudah Mendeteksi Plagiarisme

Yakinlah bahwa saat ini kecanggihan teknologi dapat dengan mudah mengetahui apakah sesuatu itu merupakan tiruan atau tidak. Sesuatu dikatakan plagiarisme apabila karya orang lain itu kita tiru sama persis dan mengatasnamakan diri kita sebagai penciptanya. Memilih untuk melakukan plagiarisme atau copas (copy-paste) ide mungkin pilihan menggiurkan untuk menghasilkan karya dengan cepat, namun copy-paste justru akan mematikan inovasi dan membuat kita bergantung kepada orang lain. Saran saya, coba untuk mengambil banyak sumber (tidak hanya copy dari sumber tunggal), minimal 10 sumber yang akan kita inovasi dan kreasikan. Semakin banyak sumber bahan bakunya, semakin keci kita melakukan plagiarisme.

Yap, itulah beberapa catatan kecil saya mengenai ide. Dari ketiga catatan itulah saya meyakini bahwa sebenarnya semua orang itu kreatif. Jika ada yang merasa tidak kreatif, sebenarnya bukan karena mereka tidak kreatif namun cenderung belum dilatih.

Jika Anda memiliki catatan-catatan lainnya tentang ide, silakan mention Twitter saya @ArryRahmawan dengan hashtag #LittleIdea atau bisa juga melalui kotak komentar di bawah. 🙂

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!