Uncategorized

Panduan Praktis Menulis Esai

Tulisan ini khusus saya persembahkan bagi peserta Indonesia Student Leadership Camp UI 2012. Sebuah acara yang mengumpulkan ketua-ketua OSIS SMA terbaik dari seluruh penjuru Indonesia. Pada kesempatan kali ini, saya diamanahkan sebagai satu dari 5 anggota dewan juri. Merupakan sebuah kehormatan dapat bergabung bersama penulis-penulis jagoan senior, dan merupakan kebanggaan tersendiri bahwa saya anggota dewan juri termuda.

Saya bertugas mengecek essay yang masuk dari seleksi peserta ISLC ini. Selain essay juga ada seleksi CV. Pada hari ini saya menghadiri acara Gala Dinner dan akhirnya setelah sekian lama berada di ‘belakang layar’, saya bisa berjumpa dengan pemimpin-pemimpin masa depan terbaik di negeri ini.

Baik, berikut ini akan saya beberkan beberapa panduan praktis dalam menulis sebuah essay yang baik versi penilaian ISLC 2012.

Pastikan Sesuai Dengan Format

Ini adalah salah satu aturan baku di mana essay harus memperhatikan format yang ada sesuai dengan permintaan panitia, juri, atau tim penilai. Ya, tidak jarang sebuah essay yang bagus harus tereliminasi secara otomatis karena kesalahan tata letak, halaman, paragraf yang tidak rapi, ukuran font yang salah, spasi yang tidak sesuai, ejaan yang tidak benar, bahasa-bahasa yang aneh, tidak baku, dan lain sebagainya. Seandainya pun essay tersebut lolos dalam kategori penilaian, memperhatikan format penulisan dapat menjadi nilai tambah tersendiri yang bisa membuat essay itu menjadi unggul.

Pastikan Sesuai dengan Topik yang Ada. Usahakan Spesifik

Apa topik yang diberikan dalam menulis essay itu? Pastikan saat menulisnya kita benar-benar memperhatikan topik yang ada. Usahakan agar tulisan kita tidak terlalu melebar. Caranya adalah dengan menembak topik-topik spesifik turunan dari topik besar yang diberikan. Menembak topik yang spesifik membuat essay menjadi lebih terarah dan fokus sehingga memiliki ‘daya ledak’ yang lebih daripada essay dengan topik terlalu umum dan luas.

Memilih Judul yang Menarik

Judul, walaupun biasanya tidak masuk dalam penilaian essay umum tetapi bisa menjadi pertimbangan dalam hal lain, misalnya untuk dibukukan. Inilah yang terjadi dalam ISLC 2012. Essay terbaik dari 100 pemimpin muda kemudian disaring kembali menjadi 20 essay yang akhirnya terpilih untuk dibukukan. Apa kriterianya? Salah satunya adalah pemilihan judul yang menarik. Bagaimana tips memilih judul yang menarik? Pertama, cari judul yang membuat orang penasaran ingin membaca lebih lanjut atau jika ingin mendeskripsikan apa tulisan kita maka sebaiknya tidak lebih dari 12 kata. Terlalu panjang juga akan tidak efisien. Kedua,  pastikan bahwa antara judul dengan isi adalah relevan. Ketiga, buatlah judul yang menarik dengan mengurangi kata-kata yang terlalu berat atau ilmiah, jika memang esai itu ditujukan untuk dibaca oleh khalayak umum atau orang awam.

Sistematika Penulisan

Ini merupakan hal wajib dan paling penting dalam menulis sebuah essay. Sistematika berarti adalah alur penalaran dari penulisan yang dilakukan. Pastikan bahwa tulisan essay disusun secara sistematis. Diawali dari pendahuluan, yang biasanya berisi pengantar serta analisis masalah. Kemudian isi, yang menawarkan gagasan serta cara pemecahannya. Serta penutup, yang kemudian menyimpulkan isi dari suatu essay. Jangan lupa juga sertakan referensi jika mengutip agar tidak terkena plagiarism. Sistematika penulisan sebenarnya tidak mutlak, namun umumnya alur sistematika yang digunakan seperti itu.

Kesesuaian Perumusan Masalah dengan Solusi yang Diajukan

Ini lebih menilai ke arah isi essay nya. Untuk pendahuluan biasanya akan dicek apakah perumusan masalahnya sudah benar atau masih sebatas gejala masalahnya saja. Sebagai contoh, kemacetan Jakarta adalah gejala masalah. Masalah utamanya adalah (misal), pertumbuhan laju kendaraan tidak diiringi dengan pertumbuhan lebar jalan. Maka dari itu perumusan masalah dianggap penting dan jika memungkinkan didukung data-data valid yang menunjukkan bahwa masalah itu perlu ditangani segera.

Selanjutnya adalah melihat kelayakan solusi yang diajukan. Apakah solusi itu original atau tidak, sudah dilakukan orang lain atau belum, memungkinkan untuk dilakukan atau tidak, disertai data-data yang valid atau tidak. Selanjutnya akan dicek kesesuaian apakah solusi itu benar-benar bisa memecahkan masalah yang ada?

Bagian isi ini memegang peranan besar dalam penilaian esai. Jadi, harap berhati-hati ya.

Secara umum, itulah beberapa panduan praktis. Jika masih ada yang dirasa kurang atau mengganjal, silakan tinggalkan pesan di kotak komentar di bawah ya. Saya ucapkan selamat buat peserta ISLC 2012 yang lolos esainya ke 100 besar dan juga 20 peserta yang esainya lolos untuk dibukukan. Saya pribadi sangat kagum dengan tulisan-tulisan itu dan merupakan keputusan yang berat untuk memilih mana yang terbaik.

Sekali lagi selamat! Teruslah berkarya untuk Indonesia yang lebih baik dan bermartabat. Global Leaders, Indonesian Colours!

Salah satu contoh esai saya yang terpilih menjadi esai favorit nasional adalah tentang Teknologi Digital untuk Indonesia.

*NB: Tulisan ini saya buat tepat setelah Gala Dinner ISLC 2012. Bagi peserta ISLC 2012 yang membaca tulisan ini, harap meninggalkan pesan ya agar bisa saling berkomunikasi. 🙂

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen pengantar kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia. Selain itu, Arry juga merupakan staf ahli di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia sejak 2015 - 2019. Per akhir tahun 2019, Arry melanjutkan studi doktoral di Delft University of Technology (TU Delft), Belanda. Disela-sela kesibukannya sebagai peneliti, Arry juga memanfaatkan waktunya untuk menimba ilmu kewirausahaan dari Delft Centre for Entrepeneurship, inkubator kewirausahaan TU Delft.

Arry berpengalaman sebagai narasumber di berbagai macam instansi pemerintah, kementerian, BUMN, dan institusi pendidikan. Apabila berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)gmail.com.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

1 Comment

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!