Experience

Pelatihan dan Workshop Business Model Canvas PT. ANTAM Tbk UPBE Pongkor

Written by Arry Rahmawan

Pada tanggal 26-27 April 2021 yang lalu, alhamdulillah telah terselenggara dengan lancar pelatihan dan Workshop Business Model Canvas untuk PT. ANTAM Tbk UPBE Pongkor. Pelatihan dan workshop BMC kali ini berbeda dengan beberapa pelatihan BMC sebelumnya, karena pelatihan ini dibawakan secara hybrid, yaitu gabungan dari teknik pelatihan online maupun offline. Adapun instruktur pelatihan dan workshop BMC kali ini adalah Arry Rahmawan, dosen Universitas Indonesia, yang sudah berpengalaman memberikan pelatihan BMC sejak tahun 2014.

Pelatihan BMC kali ini diberikan kepada para pelaku usaha di sektor pariwisata yang merupakan binaan dari program Corporate Social Responsibility (CSR) nya PT. ANTAM UPBE Pongkor. Pelatihan kali ini dihadiri oleh 20 orang pelaku usaha yang terdiri dari berbagai sektor, seperti taman wisata Kiarasari, Ciguha Creative, Agro Wisata Tani Berkah, dan Hijau Dwipa.

Materi yang diberikan pada pelatihan dan workshop BMC selama 2 hari ini terdiri dari 3 bagian materi. Materi pertama, instruktur membekali peserta tentang konsep dasar BMC dan cara mengisinya. Setelah diberikan materi, peserta kemudian dipersilakan untuk mengisi BMC sesuai dengan jenis bisnis mereka. Materi berikutnya kemudian dilanjutkan dengan sesi Business Model Checkup, yaitu sesi di mana peserta menilai dengan objektif bagaimana kinerja model bisnis mereka saat ini. Ada 7 kriteria dasar yang digunakan untuk mengukur kinerja model bisnis. Beberapa kriteria yang digunakan, antara lain adalah: mahal atau tidaknya biaya peralihan, ada atau tidaknya pendapatan berulang, meningkatkan risiko kesehatan atau tidak, dan aspek lainnya. Sesi ketiga fokus pada proses inovasi, di mana peserta akan dipandu untuk menghasilkan ide – ide kreatif dalam meningkatkan model bisnis yang telah ada. Sesi ini dinamakan business model innovation with BMC, yang akan melatih peserta menghasilkan beberapa model bisnis alternatif baru untuk kemudian diterapkan di bisnis mereka masing – masing.

Secara keseluruhan, pelatihan ini berjalan dengan sangat baik. Para peserta merasa puas dengan pemaparan yang dibuat sederhana dan aplikatif. Selain itu, peserta juga disiapkan untuk menjadi ‘instruktur’ untuk bisa mengajarkan juga BMC di unit bisnis mereka masing – masing.

Bagi pembaca yang ingin membaca beberapa artikel populer yang saya tulis mengenai Business Model Canvas, silakan klik tautan berikut ini:

Bagi Anda yang ingin mengundang Arry Rahmawan sebagai instruktur Business Model Canvas untuk pelatihan di instansi atau perusahaan Anda, silakan hubungi via WhatsApp 0856 4087 9848 (Melinda) atau email langsung ke arry.rahmawan@gmail.com.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di pelatihan BMC berikutnya!

Salam,
Arry Rahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!