Could create table version :No database selected Pelatihan Kewirausahaan Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto | Arry Rahmawan
Experience

Pelatihan Kewirausahaan Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto

Written by Arry Rahmawan

Pada hari Minggu, 4 Oktober 2020 lalu alhamdulillah walaupun saat ini saya masih menjalankan studi di Belanda, namun saya tetap dapat sharing ilmu dan juga pengalaman saya kepada para mahasiswa di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto tentang prinsip – prinsip yang perlu dimiliki sebagai pengusaha pemula. Sebagai dosen kewirausahaan teknologi di Teknik Industri Universitas Indonesia, saya paham betul betapa ilmu – ilmu yang kita pelajari di bangku kuliah terkait dengan ‘manajemen bisnis’ atau ‘manajemen industri’ sangat berbeda dengan ilmu ‘membangun bisnis.’ Hal ini bisa dimaklumi karena memang di Indonesia, pendidikan S1 umumnya disiapkan sebagai tenaga – tenaga ahli yang siap kerja dan bisa membantu perusahaan atau pemerintah agar menjadi lebih baik lagi.

Namun kondisi pandemik saat ini tentu saja banyak memberikan kita pelajaran bahwa pendidikan di kampus semata – mata bukan hanya untuk menyiapkan generasi yang siap kerja, namun juga generasi yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Pandemik COVID-19 ini kembali membuka mata kita betapa banyak sekali industri yang terdampak, omzet menjadi turun, tidak tahu bagaimana harus beradaptasi, hingga akhirnya banyak melakukan pemutusan lapangan kerja kepada karyawan yang mungkin sudah bertahun – tahun berkarya di sana. Tantangannya saat ini adalah tentu peluang pekerjaan tidak sesemarak tahun – tahun sebelumnya. Jika ini terus – menerus terjadi, maka mahasiswa harus memiliki kemampuan untuk menciptakan lapangan usaha mereka sendiri.

Saya sendiri telah ‘membocorkan’ apa saja yang saya berikan dalam kelas kewirausahaan teknologi, yang juga saya tulis lengkap di blog ini. Pada kelas tersebut, saya melatih mereka bukan hanya pengetahuan, tetapi juga keterampilan dan pengalaman untuk membuat mental mereka terlatih sebagai seorang entrepreneur. Silakan simak apa yang saya sampaikan dalam mata kuliah tersebut, dan silakan di adopsi apabila memang bisa memberikan dampak yang lebih baik.

Apa yang saya sampaikan di mata kuliah kewirausahaan teknologi tersebut itulah yang juga saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Ada 3 inti penting dari setiap mahasiswa yang ingin memulai usaha secara mandiri, dan hal tersebut saya gambarkan dalam diagram berikut ini:

 

Secara umum, mahasiswa perlu dilatih atau melatih diri sendiri dalam 3 hal, yaitu: mindset (pola pikir), mental yang tangguh, dan keterampilan teknis bisnis. Pola pikir yang dimaksud adalah bagaimana mahasiswa senantiasa berpikir untuk menemukan peluang di setiap masalah, memecahkan masalah yang ada di sekitar, dan juga memberikan nilai tambah sebagai solusi masalah tersebut. Kunci penting dalam pola pikir ini adalah bagaimana untuk selalu menghasilkan solusi dan inovasi berbasis apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. kedua, mental yang tangguh maksudnya mahasiswa harus benar – benar menyadari dan merasakan secara langsung bahwa memutuskan menjadi pengusaha berarti berkomitmen untuk bekerja secara ‘berbeda’ dari yang mereka lihat di kerja kantoran. Menjadi entrepreneur pemula dapat berarti tidur hanya 2 – 4 jam sehari. Bekerja tiada istirahat, karena harus merasakan kerasnya berkompetisi. Pada titik melatih mental inilah tidak ada teori manapun yang bisa mengajarkan pentingnya memiliki kekuatan mental, selain harus merasakan sendiri kerasnya untuk menjadi seorang entrepreneur di lapangan. Ketiga, keterampilan bisnis yang dimaksud adalah berbagai hal teknis yang setidaknya kita harus menguasai. Buat saya, keterampilan yang penting terletak pada dua: uang dan orang. Bagaimana mahasiswa harus bisa mengelola orang, merekrut yang terbaik, mempertahankan dan mengembangkan tim dengan kepemimpinan yang dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu, mahasiswa juga perlu tahu bagaimana cara mengelola uang, membuat pencatatan keuangan, bagaimana keluar masuknya, bagaimana menyimpan dan mengalokasinnya.

Hal – hal itu alhamdulillah dapat saya sampaikan secara singkat kepada para mahasiswa di Unsoed dalam waktu kurang lebih 1 jam secara online melalui aplikasi Google Meet. Walaupun waktunya singkat, namun saya sangat senang sekali dengan antusiasme peserta.

Oh ya, satu hal lagi: bagi Anda yang ingin mengajar atau menjadi pembicara menggunakan aplikasi Google Meet, perlu diingat bahwa menggunakan aplikasi ini powerpoint yang mengandung video tidak akan terdengar suaranya. Berbeda dengan zoom, untuk mendengarkan suara maka kita bisa memainkan video di Google Chrome melalui Youtube.

Apabila berminat untuk mengundang saya sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)gmail.com

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen milenial di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia. Selain beraktivitas sebagai pengajar dan peneliti, Arry juga senang membagikan tips dan informasi seputar akademik, entrepreneurship, dan pengembangan diri melalui blog nya di arryrahmawan.net.

Arry berpengalaman sebagai narasumber pengembangan diri di berbagai macam instansi pemerintah, kementerian, BUMN, dan institusi pendidikan. Apabila berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)eng.ui.ac.id

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!